Sukses


Tottenham Runtuhkan Dominasi 14 Tahun MU di White Hart Lane

Bola.com, London - Manchester United menyerah 0-3 dalam lawatannya ke White Hart Lane, markas Tottenham Hotspur, Minggu (10/4/2016) WIB. Ini menandai kemenangan perdana Spurs melawan MU di White Hart Lane dalam 14 tahun.

Gol Tottenham dicetak oleh Delle Alli pada menit ke-70, Toby Alderweireld pada menit ke-74, dan Erik Lamela pada menit ke-76. Kemenangan ini menjadi yang perdana diraih Spurs melawan Manchester United dalam 14 pertemuan terakhir di kandang. Terakhir, The Lilywhites mengalahkan Setan Merah dengan skor 3-1 pada 19 Mei 2001.

Tambahan tiga poin membuat Tottenham terus menempel Leicester City di posisi kedua dengan raihan 65 poin. Sedangkan MU tertahan di urutan kelima dengan koleksi 53 angka.

Bermain di depan pendukung sendiri, Tottenham Hotspur agresif sejak awal. Namun, justru Manchester United yang mendapatkan peluang perdana. Tembakan kaki kanan Jesse Lingard pada menit kelima mampu diblok barisan pertahanan Spurs.

Memasuki menit ke-19, Tottenham baru meraih peluang perdana melalui Danny Rose. Menerima operan dari Mouse Dembele, Rose lalu melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang masih melebar di sudut kanan gawang Setan Merah.

Tottenham nyaris membuka keunggulan pada menit ke-28 melalui Erik Lamela. Memanfaatkan operan Christian Eriksen, Lamela lalu menanduk bola yang masih melebar dari gawang MU. Hingga berakhirnya babak pertama, skor tak berubah yakni 0-0.

Memasuki paruh kedua laga, Spurs semakin sering melakukan serangan ke lini pertahanan MU. Tiga peluang hadir melalui Eriksen, Eric Dier, dan Harry Kane.

Namun, ketiga peluang tersebut tak ada yang mampu merobek jala De Gea. Sepakan Eriksen masih melebar di sisi kiri, upaya Dier berhasil dimentahkan De Gea, dan tembakan Kane masih bisa ditangkap dengan sempurna.

Publik White Hart Lane akhirnya bergemuruh pada menit ke-70 setelah Dele Alli mencetak gol. Berawal dari kemelut di tengah lapangan, bola yang diterima Kane lalu diteruskan ke Eriksen. Setelah itu, Eriksen mengirim umpan silang yang dikonversi menjadi gol oleh Alli.

Enam menit berselang, Toby Alderweireld membawa Spurs unggul menjadi 2-0. Berawal dari situasi bola mati yang ditendang oleh Lamela lalu ditanduk oleh Alderweireld.

Tottenham Hotspur menang telak 3-0 melawan Manchester United. (Reuters/Carl Recine)

Pada menit ke-76, giliran Lamela yang mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan Rose, pemain asal Argentina itu lolos dari kawalan Daley Blind dan menendang bole ke sudut kiri gawang MU.

Unggul 3-0 semakin membuat Spurs agresif melancarkan serangan ke lini pertahanan MU. Dua peluang membahayakan hadir pada menit ke-78 melalu Kane dan menit ke-79 melalui Rose.

Pada menit ke-90, Mousa Dembele nyaris menambah keunggulan Spurs. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa ditepis oleh De Gea. Hingga laga usai, tak ada gol tambahan.

Menurut statisik Premier League, Manchester United sebenarnya tampil mendominasi laga dengan memiliki 53 persen penguasaan bola. Namun, mereka hanya mampu melepaskan dua peluang yang satu di antaranya tepat sasaran.

Sedangkan Tottenham Hotspur, yang memiliki 47 persen penguasaan bola, mampu melesakkan 15 percobaan yang delapan diantaranya membahayakan gawang De Gea.

Susunan pemain:
Tottenham Hotspur: 1-Hugo Lloris; 2-Kyle Walker, 3-Danny Rose, 4-Toby Alderweireld, 5-Jan Vertonghen; 11-Erik Lamela (22-Nacer Chadli 87'), 15-Eric Dier, 19-Mousa Dembele, 20-Dele Alli (8-Ryan Mason 90'), 23-Christian Eriksen, 10-Harry Kane (7-Son Heung-Min 89').

Manajer: Mauricio Pochettino (Argentina)

Manchester United: 1-David De Gea; 5-Marcos Rojo, 12-Chris Smalling, 17-Daley Blind, 51-Timothy Fosu-Mensah (36-Matteo Darmian 68'); 8-Juan Mata (7-Memphis Depay 76'), 9-Anthony Martial, 16-Michael Carrick, 28-Morgan Schneiderlin, 35-Jesse Lingard; 39-Marcus Rashford (18-Ashley Young 45').

Manajer: Louis van Gaal (Belanda)

Wasit: Michael Dean

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer