Sukses


Menghitung Peluang Juara Leicester City Di Lima Laga Terakhir

Bola.com, Leicester - Cerita dongeng Leicester City musim ini tinggal menyisakan 5 laga pamungkas. Saingannya satu-persatu gugur dan hanya Tottenham Hotspur yang secara matematis masih mungkin menyalip.

 

Dengan selisih 7 poin hingga pekan ke 33, The Foxes butuh setidaknya menang di 3 laga saja untuk mengunci titel EPL, terlepas dari apapun hasil yang di raih Spurs. Seberapa besar peluang Leicester meraih gelar liga Inggris perdananya? distribusi Binomial bisa menjelaskannya.

Peluang Leicester meraih minimal 3 kemenangan dari 5 laga dapat dijabarkan dengan rumus

Menghitung peluang Leicester City menjadi juara di lima laga terakhir Premier League. (Bola.com/Sornong Maulana)

Dimana hasilnya adalah 0,21 atau 21%, peluang tersebut cukup besar melihat lawan-lawan Leicester di sisa laga. Anak asuh Claudio Ranieri secara berurutan akan menghadapi West Ham (Kandang), Swansea (Kandang), Manchester United (Tandang), Everton (Kandang) dan Chelsea (Tandang). Selain laga tandang sulit di Manchester dan Chelsea, Leicester punya peluang mendapat angka saat bermain di King Power Stadium, dimana mereka baru 1 kali kalah sepanjang musim ini (melawan Arsenal).

Menjamu West Ham akan cukup sulit, mengingat Slaven Bilic masih berhasrat untuk meraih posisi di Liga Champion musim depan. Namun, melihat hasil 5 laga terakhir di seluruh kompetisi, West Ham meski bermain menyerang dengan baik (total mencetak 9 gol), namun lemah di lini belakang. The Hammers hanya mencatat 4 kali seri dan 1 kali kalah. Di sisi lain, Leicester saat ini sangat konsisten dengan 5 kemenangan beruntun dan tanpa sekalipun kebobolan.

Menghadapi Swansea dan Everton di kandang juga menjadi laga yang wajib dimenangkan Jamie Vardy dkk. Swansea dan juga Everton saat ini sudah aman dari degradasi dan tidak memiliki kepentingan lain di sisa musim. Kemungkinan besar kedua tim akan merotasi sejumlah pemainnya dengan pemain muda.

Dengan laga tandang yang cukup sulit, maka Leicester City sebenarnya cukup fokus memenangi seluruh laga kandangnya untuk mengunci titel liga Inggris. Jika kita memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan Tottenham akan kehilangan poin, maka persentase Leicester juara akan meningkat hingga 92 % (perhitungan via sportsclubstats.com). Yang artinya saat ini Leicester hanya menunggu waktu saja untuk mendapatkan trofi Liga Inggris pertamanya sepanjang sejarah.

Sumber: Lab Bola

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer