Sukses


Selama di MU, Van Gaal Habiskan Rp 5 Triliun untuk Beli Pemain

Bola.com, Manchester - Manchester United (MU) dikabarkan telah memecat Louis van Gaal, Senin (23/5/2016). Salah satu alasannya karena manajer asal Belanda itu dianggap gagal mengangkat performa Setan Merah meski telah menghabiskan dana sebesar 258,7 juta pounds (sekitar Rp 5 triliun). 

Pada musim 2014-15, MU telah menggelontorkan dana sebesar 145 juta pounds untuk merekrut lima pemain anyar, sementara kiper Victor Valdes direkrut dengan status bebas transfer. Kelima pemain itu, antara lain Ander Herrera, Luke Shaw, Marcos Rojo, Angel Di Maria, dan Daley Blind. 

Namun, dana besar tersebut berbanding terbalik dengan prestasi yang diraih MU. Meski mampu lolos ke ajang Liga Champions dengan finis di peringkat empat klasemen akhir 2015-16, Wayne Rooney dan kawan-kawan mengakhiri musim dengan tanpa raihan satu trofi pun. 

Pada musim panas 2015, Van Gaal kembali memberikan proposal pemain baru kepada manajemen MU. Namun, di sela bursa transfer, salah satu bintang MU, Angel Di Maria, yang diboyong dengan dana lebih dari 50 juta pounds ke Old Trafford, justru dilego ke Paris Saint-Germain. 

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggal Di Maria, Van Gaal kemudian merekrut pemain bintang, seperti Bastian Schweinsteiger, Memphis Depay, hingga Morgan Schneiderlin. Ia juga rela menggelontorkan dana sebesar 36 juta pounds saat memboyong Anthony Martial. 

Namun, bersama para pemain tersebut, MU lagi-lagi belum dapat meningkatkan performa. Bahkan, pada Desember 2015, mereka sempat menelan kekalahan beruntun di ajang Premier League dan tersingkir dari Liga Champions setelah kalah dari Wolfsburg pada babak penyisihan grup. 

Alhasil, muncul rumor Jose Mourinho bakal menggantikan posisi Van Gaal pada musim depan. Ironisnya, kabar tersebut kembali muncul setelah Van Gaal sukses mempersembahkan trofi pertama di Old Trafford dengan meraih Piala FA usai mengalahkan Crystal Palace, Sabtu (21/5/2016). 

Berikut ini adalah pemain-pemain yang diboyong Van Gaal ke Old Trafford: 

2014-15

Ander Herrera - 29 juta pounds
Luke Shaw - 27 juta pounds
Marcos Rojo - 16 juta pounds
Angel Di Maria - 59,7 juta pounds
Daley Blind - 13,8 juta pounds
Victor Valdes - Bebas Tranfser

2015-16

Memphis Depay - 25 juta pounds
Matteo Darmian - 12,7 juta pounds
Bastian Schweinsteiger - 14,4 juta pounds
Morgan Schneiderlin - 25 juta pounds
Sergio Romero - Bebas Transfer
Anthony Martial - 36 juta pounds
Regan Poole - 100 ribu pounds

Total: 258,7 juta pounds

Sumber: BBC, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer