Sukses


Wenger: Brexit Akan Pengaruhi Masa Depan Premier League

Bola.com, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyayangkan keputusan Pemerintah Inggris yang keluar dari Uni Eropa. Menurut dia, hal itu bakal membawa pengaruh besar bagi masa depan Premier League.

Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa setelah melakukan referendum yang dikenal dengan istilah Britain Exit (Brexit) pada Kamis (23/6/2016). Hasilnya, 52 persen masyarakat di Negara Ratu Elizabeth II itu setuju untuk hengkang dari Uni Eropa.

Wenger memang tak bisa melihat pengaruh Brexit pada Premier League dalam waktu dekat. Namun, Wenger yakin hal itu akan berdampak besar bagi kompetisi sepak bola teratas Inggris tersebut.

Hal sederhana yang khawatirkan Wenger adalah Premier League yang akan menjadi kompetisi tak menarik lagi. Imbasnya, harga hak siar televisi bakal menurun yang berbanding lurus dengan penurunan pendapatan dari klub peserta.

"Keputusan itu membuat saya terkejut dan khawatir. Tak ada yang tahu bagaimana keputusan ini diterjemahkan dalam rencana jangka pendek. Namun, para pemain pastinya akan melihat upah mereka menurun dan persaingan dengan sepak bola Jerman akan semakin ketat," kata Wenger.

"Menurut pendapat saya, dalam jangka panjang pertanyaan akan pengaruh Brexit akan terjawab. Keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa akan menentukan masa depan Premier League," ucap pria asal Prancis itu.

"Jika liga kurang menarik, industri penyiaran akan membayar lebih sedikit uang untuk hak siar yang berdampak pada pendapatan klub yang berkurang. Konsekuensi itu akan membuat Premier League menderita," ujar Wenger.

Premier League 2016-2017 akan dimulai pada 13 Agustus 2016. Total 20 klub akan memainkan 760 pertandingan dalam 38 pekan hingga berakhir pada 21 Mei 2017.

Sumber: Sky Sports

Video Populer

Foto Populer