Sukses


Eks Anak Buah Mourinho: Musim Depan, Strategi MU Dominan Bertahan

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester United, Jose Mourinho meyakinkan fans Setan Merah, musim depan mereka akan bermain lebih atraktif dan menghibur. Sayang, rencana tersebut disangkal Benni McCarthy, mantan anak buah The Special One saat menukangi FC Porto.

Seperti dirilis SkySports, Kamis (14/7/2016) atau Jumat (15/7/2016) dini hari WIB, McCarthy mengungkapkan, permainan Manchester United tak akan berubah drastis. Setidaknya hal itu akan terjadi pada tahun pertama Mourinho berada di Old Trafford.

McCarthy yakin, Mourinho masih berstatus meraba apa yang akan dilakukannya untuk membangun kejayaan Setan Merah. Satu yang pasti, Wayne Rooney dkk akan dominan bermain dengan memperkuat lini pertahanan.

"Ciri khas Mou adalah bertahan, membuat lawan tertekan, baru menggunakan serangan balik. Saya pikir gol-gol MU akan datang dari skema tersebut. Saya tak yakin MU tampil dengan agresivitas tinggi, karena itu justru bisa menjadi bumerang," beber McCarthy.

Ucapan pria asal Afrika Selatan (Afsel) tersebut bukan isapan jempol. Saat McCarthy ikut serta dalam pesta Porto mengangkat trofi Liga Champions 2003-2004, strategi bertahan membuat mereka sukses menaklukkan AS Monaco, pada final di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman (26/5/2004).

Saat itu, tiga gol kemenangan Porto lahir dari aksi Carlos Alberto pada menit ke-39, Deco (71') dan Dmitri Alenichev (75'). Sepanjang musim, kekuatan utama Porto terletak pada lini pertahanan. Kuartet bek diisi Paulo Ferreira, Jorge Costa, Ricardo Carvalho dan Nuno Valente. Mereka memiliki pelapis Jose Bosingwa dan Ricardo Costa.

Suasana defensif semakin kental dengan keberadaan dua pemain berkarakter bertahan, yakni Costina dan Maniche, plus Pedro Mendes yang cenderung bergerak turun. Tak heran, saat itu Porto mengandalkan Carlos Alberto dan Derlei untuk melakukan serangan balik, bersama Edgaras Jankauskas dan Benni McCarthy.

"Pertahanan adalah prioritas Mou," tegas McCarthy. Namun, ia meyakinkan MU akan mendapatkan banyak benefit dari ciri khas pelatihan ala Mourinho. Beberapa pemain diprediksi bakal cemerlang, seperti Wayne Rooney, Anthony Martial dan Marcus Rashford.

"Kuncinya ada pada motivasi. Jika Anda ingin belajar dari Mourinho dengan serius, Anda akan mendapatkan pelajaran berharga. Itu juga yang akan diperoleh pasukan muda MU," sebut McCarthy.

Jose Mourinho sendiri enggan mengumbar strategi apa yang bakal dipakainya musim depan. Secara teknis memang sudah ada gambaran, terutama perekrutan Zlatan Ibrahimovic dan Henrikh Mkhitaryan.

Sumber: MEN, SkySports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer