Sukses


4 Alasan Jose Mourinho Harus Pertahankan Juan Mata

Bola.com, Manchester - Kedatangan Jose Mourinho ke Manchester United memberikan perasaan tidak tenang kepada Juan Mata. Mourinho adalah manajer Chelsea yang menjual Mata ke MU pada Januari 2014. Kepindahan Mou ke Old Trafford membuat Mata terancam kembali mengalami hal serupa.

Gelandang asal Spanyol itu merupakan salah satu pemain idola pendukung The Blues. Pada akhir musim 2012-2013, Mata terpilih sebagai pemain terbaik klub berkat performa impresifnya.

Namun, sejak Mourinho kembali ke Stamford Bridge pada Juni 2013, posisi Juan Mata di skuat inti mulai tergusur. Kalah bersaing dengan Oscar dan Willian membuatnya lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Puncaknya pada bursa transfer musim dingin 2014, manajer asal Portugal itu menjual Mata ke Manchester United. Selama dua setengah musim membela tim London Biru, gelandang 28 tahun tersebut mencetak 33 gol dari 135 penampilan. 

Kembali bersua, Jose Mourinho berjanji untuk memberi kesempatan kepada Juan Mata dan beberapa pemain lain untuk memperjuangkan tempat di tim utama.

Mata setidaknya mempunyai waktu enam bulan untuk membuktikan kualitasnya kepada Mourinho. Pada musim 2015-2016, eks penggawa Valencia itu menjadi satu di antara pemain MU yang tampil konsisten dengan mencatatkan 54 penampilan dan menyumbang 10 gol.

Berikut ini 4 alasan Mourinho harus mempertahankan Juan Mata:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1

1. Konsistensi

Mata merupakan pemain yang mampu tampil konsisten di setiap klub yang diperkuatnya. Pada musim perdana Louis van Gaal menangani MU, Mata mendapat predikat sebagai pemain yang paling kreatif. Pesepak bola yang berposisi sebagai gelandang serang ini tercatat sebagai pemain yang paling banyak membuat peluang bagi Setan Merah pada musim lalu.

Selama membela Valencia, Mata muncul sebagai satu di antara pemain pilar klub. Tampil apik bersama Los Che mendorong Chelsea untuk menebusnya pada awal musim 2011-2012.

Dua musim pertamanya di Stamford Bridge, Mata meraih gelar pemain terbaik pilihan suporter. Usia Mata yang masih berada dalam periode produktif sebagai pesepak bola, menjanjikan kontribusi yang maksimal untuk The Red Devils.

3 dari 5 halaman

2

2. Opsi Alternatif

Keberhasilan Manchester United merekrut Henrikh Mkhitaryan mengancam posisi Juan Mata di skuat utama. Namun pada laga uji coba melawan Wigan, Sabtu (16/7/2016) malam WIB, pemain asal Spanyol ini memperlihatkan kualitasnya dengan memberikan assist untuk gol Will Keane.

Kecepatan dan kepintaran Mata dalam menyusun serangan menjadi nilai plus bagi Mourinho untuk meramu alternatif serangan. Mata juga menjanjikan variasi serangan dalam sistem rotasi yang mungkin diterapkan oleh Mou.

4 dari 5 halaman

3

3. Pemain Serba Bisa

Mata dapat memainkan berbagai peran di sektor tengah MU. Posisi asli Mata adalah seorang gelandang tengah. Namun pada perkembangan kariernya dia juga menunjukkan performa apik di posisi winger. Selain itu, pemain berusia 28 tahun ini juga bisa memainkan peran sebagai playmaker.

Jika menempatkan Juan Mata di posisi terbaiknya yakni gelandang tengah, Jose Mourinho sudah memiliki pemain yang sudah teruji kualitasnya.

5 dari 5 halaman

4

4. Mampu mengubah permainan

Mata adalah seorang pemain yang mampu mengubah permainan ketika memperlihatkan performa terbaik. Gol akrobatiknya ke gawang Liverpool pada 22 Maret 2015 membuktikan jika Mata bisa mengangkat penampilan rekan-rekannya.

Juan Mata berpotensi membentuk kuartet yang mengancam bersama Mkhitaryan, Wayne Rooney, dan Zlatan Ibrahimovic jika dipercaya tampil secara reguler.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer