Sukses


Moyes Ungkap Penyebab Klub-klub Inggris Royal Pada Bursa Transfer

Bola.com, Sunderland - Manajer Sunderland, David Moyes, mengakui jika klub-klub di Premier League sangat royal dalam belanja pemain pada bursa transfer. Kondisi itu tak lepas dari melimpahnya dana yang dimiliki pemilik klub serta pemasukan dari berbagai hal.

Berdasarkan data di situs Transfermarkt, klub-klub di Premier League telah menghabiskan dana hingga 606 juta euro atau setara dengan Rp 8,8 triliun untuk menggaet 139 pemain pada bursa transfer awal musim ini.

Manchester United menjadi klub yang paling boros dalam belanja pemain. Manajemen MU telah mengeluarkan dana hingga 80 juta euro (Rp 1,1 triliun) untuk membeli dua pemain baru, yakni Henrikh Mkhitaryan dari Borussia Dortmund dan Eric Bailly dari Villarreal.

Pengeluarkan The Red Devils dipastikan bakal membengkak jika transfer Paul Pogba terealisasi. Manchester United berani mengeluarkan dana hingga 120 juta euro atau setara Rp 1,7 triliun demi menebus Pogba dari Juventus.

Nilai itu akan membuat gelandang timnas Prancis tersebut menjadi pemain termahal di dunia, mengalahkan harga Gareth Bale yang mencapai 101 juta euro (Rp 1,4 triliun) ketika diboyong Real Madrid dari Totteham Hotspur pada 2013. 

Borosnya klub-klub Premier League dalam belanja pemain tak lepas dari tingginya pemasukan yang didapat dari hak siar, penjualan merchandise, serta harga tiket menonton di stadion yang cukup mahal.

Selain itu, dana tanpa batas yang dimiliki para pemilik menjadi salah satu alasan klub di Premier League tak segan membeli pemain dengan harga berapapun. 

"Saya ingat tahun lalu, ketika karier saya bersama Real Sociedad berakhir, saya mengunjungi Prancis untuk menyaksikan beberapa pertandingan," ujar Moyes.

"Saya bertemu dengan banyak direktur olahraga di klub-klub Prancis, dan mereka mengaku sangat antusias dengan klub Premier League karena banyaknya uang yang mereka miliki. Harga seorang pemain bisa saja naik secara drastis, belum lagi biaya-biaya tambahan," paparnya.

Sumber: BT Sports

Video Populer

Foto Populer