Sukses


Selain Cetak Gol, Ini 3 Peran Lain Ibrahimovic di MU

Bola.com, Manchester - Penyerang Zlatan Ibrahimovic membuka lembaran baru dalam kariernya bersama Manchester United. Pemain asal Swedia menjanjikan penampilan yang atraktif setelah mencetak gol indah ke gawang Galatasaray pada laga debutnya menggunakan seragam The Red Devils.

Membuat gol indah memang menjadi hal yang biasa dilakukan oleh Ibrahimovic. Sudah banyak gol spektakuler yang ia cetak sepanjang perjalanan kariernya. Tidak ada yang bisa menyangkal karena Ibra adalah satu di antara pemain terbaik di dunia. 

Saat ini, pemain yang pernah bermain untuk Barcelona tersebut sudah menginjak usia 34 tahun. Usia yang tidak muda lagi untuk ukuran pesepak bola. Bisa dibilang jika Ibracadabra memasuki fase akhir pada kariernya. Namun stastik performanya berkata lain.

Pada musim 2015-16 ketika masih membela Paris Saint-Germain, Ibra mencetak 50 gol dari 51 penampilan. Jumlah gol ini menjadi rekor gol terbanyak yang pernah cetak dalam semusim sejak memulai kariernya pada tahun 1999. Secara total, Ibra mencatatkan 156 gol selama empat musim membela Les Parisiens. Catatan gol ini seakan menepis anggapan kalau dirinya tidak mengalami penurunan performa.

Peribahasa 'tua-tua keladi, makin tua makin menjadi' mungkin pantas disematkan untuk pemain asal Swedia ini. Ibra seperti tidak mempunyai masa kedaluwarsa pada kariernya. Jika banyak pesepak bola mempunyai masa pasang surut terhadap performanya, hal tersebut tidak berlaku untuk seorang Ibrahimovic.

Merekrut Zlatan Ibrahimovic pada usia 34 tahun untuk tampil di Premier League dianggap sebagai perjudian oleh banyak pengamat. Namun Ibra mempunyai peran yang menjanjikan di skuat The Red Devils. Selain golnya di lapangan, Ibra juga mempunyai peran lain untuk klub Manchester Merah.

Berikut 3 Peran lain Ibra di Manchester United:

2 dari 4 halaman

1

1. Mengangkat moral dan mental tim
Ibrahimovic adalah seorang juara. Hal tersebut bisa ia buktikan lewat pencapaian prestasinya. Sejak membela Ajax, Ibra mempunyai tradisi untuk mempersembahkan paling tidak gelar juara di kompetisi domestik.

Seperti yang sudah diketahui, skuat Manchester United kehilangan mental juara seiring lengsernya Sir Alex Ferguson dari kursi manajer klub pada 2013 silam. Mental inilah yang berusaha dibangkitkan oleh manajemen klub, satu di antara rencananya adalah dengan mendatangkan Ibra.

Hal positif dari kedatangan Ibra sudah terlihat dari sikap para penggawa United yang berusaha tampil bagus agar bisa menyeimbangkan diri dengan legenda Swedia tersebut. Para pemain kini merasa optimistis dengan kehadiran Ibra ditambah juga dengan masuknya Jose Mourinho di posisi manajer klub.

3 dari 4 halaman

2

2. Pembimbing untuk Marcus Rashford dan striker belia lainnya
Marcus Rashford menjadi satu di antara prospek masa depan Manchester United. Penampilan mengejutkan yang ia perlihatkan pada musim kemarin membuat klub sadar kalau mereka mempunyai talenta hebat yang bisa diarahkan untuk menjadi pemain besar.

Namun, para bakat muda ini masih mempunyai peluang untuk meredup dan tidak bisa mencapai potensi optimal jika tidak mendapat bimbingan yang tepat. Kedatangan Ibra diharapkan dapat memacu Rashford untuk meningkatkan penampilannya dan mendapat pelajaran dari pengalaman yang sudah ditelan oleh Ibra.

Striker asal Swedia tersebut terlihat takjub ketika melihat aksi Rashford dalam laga uji coba melawan Galatasaray. Hal ini mengindikasikan kalau staf pelatih United meminta Ibra untuk menjadi pembimbing Rashford yang akan berusia 19 tahun pada Oktober nanti.

4 dari 4 halaman

3

3. Bagian dari strategi pemasaran dan komersial
Ibrahimovic membuat citra yang gemilang selama 17 tahun berkarier di tingkat profesional. Ia berhasil mengeksploitasi dirinya sendiri untuk membuat citra yang melekat. Panggilan sudut pandang orang ketiga saat menjelaskan dirinya sendiri menunjukkan egoisme tinggi, namun hal tersebut terbukti efektif dan membuat Ibrahimovic sebagai sosok yang spesial.

Kehadiran Ibra menjanjikan meningkatnya kesuksesan United dari sisi pemasaran dan komersial klub. Hal ini tentu bisa berpengaruh besar terhadap finansial klub. Setelah satu pekan sejak klub merilis jersey Ibrahimovic dengan nomor punggung 9, United berhasil meraup pemasukan sebesar 76 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun). Jumlah ini tentu adalah jumlah yang fantastis. Jumlah tersebut bahkan bisa menutupi bujet transfer klub pada bursa transfer musim panas kali ini.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer