Sukses


5 Kiper Termahal Sepanjang Sejarah Manchester City

Bola.com, Jakarta - Kiper merupakan poisisi vital dalam sepak bola. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan sebuah klub untuk mendatangkan kiper berkualitas demi memastikan gawang mereka aman. Tak jarang, demi mewujudkan hal tersebut klub rela membayar mahal untuk mendatangkan kiper kelas dunia.

Salah satu klub yang rela membayar mahal kiper adalah Manchester City. Sejak klub itu terbentuk pada 1880, sejumlah kiper silih berganti mengamankan gawang The Citizens.

Kiper AFC Bournemouth, Artur Boruc, pernah mengatakan jika kiper memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah klub. Boruc menilai jika seorang kiper melakukan sebuah kesalahan saja, maka dampaknya adalah kegagalan untuk sebuah tim.

"Menjadi seorang kiper itu seperti seorang pria dalam dunia militer yang bertugas membuat bom. Jika dia melakukan satu saja kesalahan, maka semua orang dalam regunya akan mati meledak," kata Boruc.

Manajer City, Pep Guardiola, tentu sadar akan pentingnya posisi kiper dalam sebuah tim. Oleh sebab itu, Guardiola kini sedang berusaha untuk memboyong Claudio Bravo dari Barcelona demi memperkuat klubnya.

Kabarnya, kiper asal Chile itu akan didaratkan dengan nilai transfer sebesar 17 juta poundsterling. Jika hal itu menjadi kenyataan, maka Bravo akan menjadi kiper termahal yang pernah diboyong The Sky Blues. Tetapi, sebelum itu mari kita simak kiper-kiper mahal yang pernah berseragam City.

Berikut ini 5 kiper dengan nilai transfer termahal Sepanjang Sejarah Manchester City:

2 dari 6 halaman

Shay Given

1. Shay Given

Penampilan apik Shay Given di Newcastle United membuat manajer City ketika itu, Mark Hughes, kepincut. Pada Februari 2009 akhirnya Shay Given resmi bergabung dengan City senilai 7,6 juta poundsterling.

Jumlah tersebut menjadikannya sebagai kiper termahal sepanjang sejarah City. Shay Given menandatangani kontrak berdurasi empat musim.

Bersama City, Shay Given itu berhasil mencatatkan 69 penampilan di berbagai ajang serta meraih 20 clean sheet. Kiper berpaspor Republik Irlandia itu juga membantu City meraih gelar Piala FA 2010-2011.

Kehadiran Joe Hart di Stadion Etihad menjadi awal kemunduran karier Shay Given di City. Pada 18 Juli 2011, kiper berpostur 185 cm itu akhirnya hengkang ke West Ham United dengan biaya transfer senilai 3,5 juta poundsterling.

3 dari 6 halaman

Willy Caballero

2. Willy Cabellero

Penunjukkan Manuel Pellegrini sebagai manajer anyar Manchester City pada Juni 2013 menjadi penyebab Willy Caballero mencicipi atmosfer Premier League. Sebab, Caballero merupakan kiper kepercayaan Pellegrini ketika masih menjadi pelatih Malaga.

Pellegrini sukses meyakinkan direksi klub untuk mengeluarkan dana senilai 6,8 juta poundsterling untuk mengikat jasa Caballero. Pada 8 Juli 2014, kiper berpaspor Argentina itu menandatangani kontrak berdurasi tiga musim.

Cabellero tak mendapatkan banyak kesempatan bermain karena tak mampu bersaing dengan Joe Hart. Namun, kehadiran Pep Guardiola tampaknya akan mengubah nasib Caballero yang sudah dipercaya tampil dalam tiga laga City musim ini.

4 dari 6 halaman

David James

3. David James

David James diboyong ke Manchester City pada 2004. Ketika itu, City harus membayar 2,3 juta poundsterling untuk mengamankan jasa James dari West Ham United.

Bersama City, James sukses mencatatkan 97 penampilan dan meraih 21 clean sheet. Sayang, ketika itu kiper berpaspor Inggris tersebut sama sekali tak mempersembahkan trofi untuk City.

Pada 10 Agustus 2006, James memutuskan untuk hengkang karena ingin lebih dekat dengan anak-anaknya. Sebab, James ketika itu baru saja bercerai dengan istrinya. James akhirnya bergabung dengan Portsmouth dengan nilai transfer senilai 1,2 juta poundsterling dan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun.

5 dari 6 halaman

Kevin Stuhr Ellegaard

4. Kevin Stuhr Ellegaard

Kevin Stuhr Ellegaard bergabung dengan Manchester City pada Juli 2002. City merupakan klub pertama yang dibela Ellegaard setelah menimba ilmu di akademi Farum BK.

Ellegaard ketika itu diboyong dengan biaya 1,2 juta poundsterling. Jumlah tersebut dirasa cukup mahal untuk kiper muda.

Di bawah asuhan manajer Kevin Reagan, Ellegaard tak banyak mendapatkan kesempatan bermain. Kiper berpostur 198 cm itu gagal bersaing dengan David Seaman.

Rentang 2002-2005, Ellegaard tercatat hanya membukukan lima penampilan. Pada musim panas 2005, Ellegaard akhirnya menerima pinangan Hertha Berlin.

6 dari 6 halaman

Tony Coton

5. Tony Coton

Tony Coton bergabung dengan Manchester City pada 1990. Penampilan apiknya bersama Watford membuat City harus membayar mahal untuk mengamankan jasa kiper berpaspor Inggris tersebut.

City akhirnya mendaratkan Coton dengan harga 978 ribu poundsterling. Jumlah tersebut menjadikan Coton kiper termahal yang diboyong City ketika itu.

Bersama City, Coton sukses mencatatkan 104 penampilan dan 29 clean sheets. Pada Januari 1996, Coton akhirnya menyebrang dengan bergabung dengan Manchester United dengan harga 500 ribu poundsterling.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer