Sukses


5 Rekor Memalukan Jose Mourinho di Manchester United

Bola.com, Manchester - Pendukung setia Manchester United berharap manajer Jose Mourinho bisa mengembalikan kejayaan Setan Merah. Namun, The Special One kini justru berada dalam posisi sulit di MU.

Manchester United menunjuk Mourinho sebagai manajer pada 27 Mei 2016. Pria berkebangsaan Portugal itu menandatangani kontrak berdurasi selama tiga musim, dengan opsi perpanjangan selama setahun lagi.

Kiprah Mourinho berjalan mulus dengan membawa Manchester United meraih tiga kemenangan beruntun pada ajang Premier League 2016-2017. Namun, semuanya berubah total saat memasuki bulan Oktober.

MU gagal meraih kemenangan dalam empat pertandingan. Setan Merah menjalani empat laga dengan hasil tiga kali imbang dan sekali imbang.

Setan Merah menunjukkan hasil positif pada awal bulan November dengan meraih kemenangan 3-1 melawan Swansea City (6/11/2016). Namun, MU kemudian hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Arsenal (19/11/2016). Teranyar, Setan Merah diimbangi West Ham United engan skor 1-1 di Old Trafford, Minggu (27/11/2016).

Total, Jose Mourinho sudah memimpin MU dalam 21 pertandingan dengan hasil 11 kali menang, lima kali kalah dan imbang. MU berada di posisi keenam klasemen sementara Premier League dengan mengemas 20 poin, kalah empat angka dari Tottenham Hotspur yang berada satu strip di atasnya.

1

Empat laga imbang di kandang untuk pertama kalinya sejak tahun 1980 (vs West Ham)

Hasil imbang 1-1 melawan West Ham UNited menjadi noda hitam bagi Mourinho. The Special One hanya mampu meraih hasil imbang dari empat pertandingan di Old Trafford.

Ini menjadi pertama kalinya sejak tahun 1990 MU gagal meraih kemenangan pada empat pertandingan secara beruntun di Old Trafford. MU sebelumnya bermain imbang melawan Stoke City, Burnley, dan Arsenal.

Hal tersebut tidak membuat cemas Rui Faria, asisten Mourinho yang mengatur jalannya permainan dari lapangan setelah Mourinho di usir dari lapangan karena menendang botol. Faria menganggap para pemain mampu menampilkan sisi dominan di pertandingan melawan West Ham.

"Kami adalah tim terbaik di lapangan ini. Kami tidak mempunyai maslah taktis di pertandingan ini. Kami mampu menciptakan peluang secara ofensif dan kami seharusnya bisa menang dengan muda," ungkap Faria kepada situs resmi Manchester United.

2

Gol tercepat yang dicetak oleh tim lawan di Old Trafford (vs West Ham)

Hasil imbang dengan West Ham ditandai dengan salah satu gol tercepat yang dicetak oleh tim tamu di Old Trafford. Diafra Sakho, penyerang West Ham United, mencetak satu gol bagi klubnya pada 1 menit 30 detik.

Proses berlangsungnya gol sendiri memanfaatkan kekacauan di kotak penalti Manchester United, paska tendangan bebas Dmitri Payet. Sempat coba dihalangi oleh Zlatan,  upaya tersebut tak bisa hentikan laju bola yang melesat masuk ke dalam gawang MU berkat sundulan Sakho.

Menurut catatan Opta, ini adalah gol kedua tercepat di Old Trafford, setelah gol Edin Dzeko dari Manchester City pada detik 43, Maret 2014.

3

Pertandingan kedua dimana klub Mourinho kebobolan lebih dari empat gol atau lebih (vs Chelsea)

Pertandingan melawan Chelsea (23/10/2016) di Stamford Bridge mungkin akan menjadi pertandingan yang sulit yang dilupakan oleh Mourinho.

Kebobolan 4 gol, bukanlah hal yang sering dialaminya, karena hanya ada satu pertandingan lain dimana klub asuhan Mourinho kebobolan 4 gol atau lebih sepanjang karirnya di Premier League.

Pertandingan yang dimaksud adalah saat Chelsea dikalahkan oleh Tottenham dengan skor 5-3 pada Januari 2015, menurut catatan Opta . Pada pertandingan tersebut, kemenangan Tottenham ditentukan oleh dua gol dari Harry Kane, serta masing-masing satu gol dari Danny Rose, Andros Townsend, dan Nacer Chadli.

4

Pertandingan dengan jumlah tembakan terbanyak selama 6 musim, namun gagal cetak gol (vs Burnley)

Saat melawan Burnley (29/10/2016), Manchester United hanya bisa bermain imbang dengan skor 0-0.

Padahal, menurut catatan Squawka, Setan Merah melakukan 37 tembakan, dan merupakan pertandingan dengan jumlah tembakan yang dilakukan oleh klub tersebut. Namun, kiper Burnley, Tom Heato, berhasil mementahkan beberapa diantaranya.

5

Pertandingan dengan penguasaan bola terendah (vs Liverpool)

Pola permainan pragmatis dan mengandalkan serangan balik seringkali menjadi ciri khas Manchester United, dan sangat terlihat pada saat Setan Merah berhadapan dengan Liverpool di Anfield (17/10/2016) .

Menurut situs resmi Premier League, penguasaan bola United berada di kisaran 35 %, dan menurut data yang dimiliki Opta, itu merupakan pertandingan dengan jumlah penguasaan bola sejak tahun 2003 - sekarang.

Dari pertandingan tersebut, mereka melakukan 7 tembakan, namun hanya 1 diantaranya yang mengarah ke gawang.

Berbagai Sumber 

Bursa Transfer: Mesut Ozil Akan Bertahan di Arsenal Hingga Habis Kontrak Tahun Depan

Video Populer

Foto Populer