Sukses


Ilkay Gundogan Ungkap Perbedaan Pep Guardiola dan Jurgen Klopp

Bola.com, Manchester - Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, mengakui jika Pep Guardiola dan Jurgen Klopp merupakan dua pelatih hebat. Namun, Gundogan menyebut jika Guardiola dan Klopp memiliki ide yang berbeda di sepak bola. 

"Baik Guardiola maupun Klopp punya kualitas yang berbeda. Keduanya pelatih yang memiliki semangat, namun dengan cara yang berbeda," jelas Gundogan.

Pep Guardiola adalah salah satu pelatih terbaik di dunia. Setelah meraih kesuksesan di Barcelona dan Bayern Munchen, pria asal Spanyol itu melanjutkan kariernya bersama Manchester City pada awal musim ini. 

Berkat strategi yang diterapkan Guardiola, City kini bercokol di peringkat tiga klasemen sementara Premier League dengan nilai 36 dan lolos ke-16 besar Liga Champions. 

Sementara itu, Jurgen Klopp mampu mendongkrak performa Liverpool. Mulai duduk di kursi manajer pada 8 Oktober 2016, Klopp berhasil membawa The Reds menembus final Liga Europa 2015-2016. Sayang, Liverpool gagal keluar sebagai juara karena kalah 1-3 dari Sevilla. 

Pada musim ini, pria asal Jerman itu membuat Liverpool kembali disegani. Philippe Coutinho dan kawan-kawan kini menempati peringkat dua klasemen sementara Premier League dengan 37 poin dan menembus semifinal Piala Liga Inggris.

Gundogan pun pernah merasakan berada di bawah asuhan kedua pelatih tersebut. Dia sempat merasakan tangan dingin Jurgen Klopp ketika berseragam Borussia Dortmund dari 2008 hingga 2015, dan kini dilatih Guardiola di Manchester City. 

"Pep Guardiola adalah pelatih yang berkharisma. Dia memiliki gagasan sepak bola yang selalu mendominasi dan dia selalu sukses. Klopp berbeda, dia bisa membuat banyak orang terpukau dan tertawa. Tidak heran, banyak orang yang menyukainya," tambah Gundogan.

Sumber: Manchester Evening News

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer