Sukses


Klopp Tak Sanggup Tiru Gaya Tiki-taka

Bola.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengaku tak sanggup meniru gaya sepak bola 'bergenre' tiki-taka ala Pep Guardiola. Menurutnya, skema tersebut menjadi ciri khas seseorang, dan butuh waktu lama agar bisa mirip.

Klopp menganggap gaya tiki-taka ala Pep Guardiola menjadi 'virus' tersendiri di dunia sepak bola. Sejak sukses bersama Barcelona, nyaris seluruh klub di muka bumi ingin menampilkan efek permainan yang memiliki ciri khas sentuhan cepat dan terus bergerak tersebut.

Namun, Klopp mengungkapkan tak sanggup melakukan hal itu. Kondisi seperti itulah yang sempat memberinya kenyataan pahit, yakni kehilangan Mario Goetze kala menukangi Borussia Dortmund pada musim dingin 2013.

"Saya tak bisa memperpendek diri sendiri meski hanya 15 cm atau berbicara bahasa Spanyol. Saya tak bisa merealisasikan aliran bola dengan gaya sepak bola transisi cepat dan kemudian memulai gaya tiki-taka," kata Klopp, seperti dirilis Liverpool Echo, Jumat (29/12/2016).

Bagi Klopp, permainan tiki-taka membutuhkan para pemain yang memiliki stamina di atas rata-rata, dan mampu menjaga kondisi secara kontinyu. "Pola tiki-taka brilian, tapi saya yakin tak semua bisa," ucapnya.

Komentar terakhir bernada sindiran. Maklum, sejak menangani Manchester City, Pep Guardiola kesulitan menerapkan strategi yang sama kala menjadi arsitek di Bayern Munchen dan Barcelona. Handycap Pep Guardiola berasal dari para pemain anyar dan belum padu.

Alhasil, Manchester City era Pep Guardiola belum konsisten. Tak heran jika Manchester Biru belum berhasil menjadi penguasa di Premier League. Saat ini, Manchester City berada di peringkat tiga klasemen sementara, berselisih satu poin dari Liverpool dan kalah tujuh angka dari Chelsea.

Pertarungan Liverpool kontra Manchester City di Stadion Anfield, Minggu (1/1/2017) dini hari WIB, menjadi momen bagi kedua tim untuk saling menjauh. Andai Liverpool takluk, mereka harus rela posisi kedua menjadi milik Manchester City.

Sumber: Liverpool Echo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer