Sukses


Antonio Conte: Wajar jika Pep Guardiola Ingin Segera Pensiun

Bola.com, London - Manajer Chelsea, Antonio Conte, memaklumi keputusan Pep Guardiola yang ingin pensiun dari dunia sepak bola. Menurut Conte, melatih sebuah tim besar bisa membuat seseorang mendapat banyak tekanan.

"Saya memiliki rasa hormat yang besar kepada Guardiola. Saya berpikir ketika Anda memiliki metode, filosofi dalam sepak bola, serta ide-ide yang ingin diterapkan dalam setiap tim yang Anda latih, hal-hal itu akan menghabiskan energi," kata Conte.

"Terkadang, itu semua terjadi ketika Anda berada pada periode yang melelahkan. Ketika Anda merupakan seorang pesepak bola dan dengan cepat menjadi seorang pelatih, maka hal itu juga bisa menghabiskan energi Anda. Tidak hanya energi di dalam tubuh, melainkan energi di mental Anda," tutur Conte.

Beberapa waktu lalu, Guardiola sempat diisukan akan pensiun dalam waktu dekat. Alhasil, berbagai spekaluasi bermunculan mengenai masa depan pria Spanyol tersebut.

Mantan pelatih Real Madrid, Fabio Capello, sempat menyebut jika Guardiola akan kembali ke Barcelona untuk menjadi presiden klub. Akan tetapi, Guardiola menepis anggapan itu dan menyatakan masih akan terus melatih hingga usia 60 tahun.

"Pada beberapa situasi, hal-hal tersebut bisa membuat orang berpikir (untuk pensiun). Saya yakin, Guardiola ingin terus melanjutkan melatih sebuah tim dalam waktu yang lama. Saya berpikir jika pekerjaan yang dilakukannya fantastis," ujar Conte.

Guardiola telah meraih total 21 trofi, sepanjang karier kepelatihannya bersama Barcelona dan Bayern Munchen. Beberapa gelar tersebut di antaranya seperti masing-masing tiga trofi La Liga dan Bundesliga, serta dua Liga Champions untuk Barcelona.

Guardiola mulai melatih Manchester City pada awal musim 2016-2017. Guardiola diikat kontrak selama tiga musim ke depan.

Sumber: ESPN FC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer