Sukses


Klavan Sebut Liverpool Butuh Pemimpin Seperti Steven Gerrard

Bola.com, Liverpool - Bek Liverpool, Ragnar Klavan, menegaskan minimnya sosok pemimpin yang komunikatif, seperti Steven Gerrard dan Jamie Carrageher, menjadi penyebab di balik performa inkonsisten timnya.

"Ada banyak cara yang berbeda untuk memimpin tim. Semua orang membicarakan Steven Gerrard kepada saya. Dia bukan tipikal pemain yang hanya menjerit di lapangan dan meneriaki semua rekannya. Dia memiliki kualitas lain yang dapat memotivasi tim. Dia berbicara dengan tepat ketika dibutuhkan," ujar Klavan.

Liverpool sempat memiliki peluang untuk meraih trofi dari ajang Premier League, Piala FA, dan Piala Liga Inggris musim 2016-2017. Akan tetapi, performa The Reds mendadak labil setelah memasuki Januari 2017.

Kini, anak asuh Jurgen Klopp tersebut telah tersingkir dari Piala FA dan Piala Liga. Selain itu, The Reds kini berada di peringkat empat klasemen sementara Premier League, tertinggal 11 angka dari Chelsea yang berada di puncak klasemen. 

"Anda bukan kapten terbaik hanya karena paling sering berbicara. Ada banyak gaya berbeda dan harus diingat, ini bukan bagaimana Anda di lapangan, melainkan di ruang ganti yang bisa membuat Anda pemimpin atau kapten yang baik," katanya.

"Saya bukan pemain yang paling banyak berbicara di ruang ganti dan lapangan. Jika harus mengatakan sesuatu saat dibutuhkan, saya tidak berteriak. Saya lebih memilih untuk mengatakan apa yang saya pikirkan mengenai situasi tertentu," tutur Klavan.

Liverpool harus melakoni partai berat dalam ajang Premier League, yakni melawan Manchester City di Stadion Etihad pada Minggu (19/3/2017). Setelah itu, The Reds bakal menjalani Derby Merseyside kontra Everton di Stadion Anfield pada 1 April mendatang.

Sumber: Liverpool Echo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer