Sukses


David Ospina , Orang Ke-9 dan 22 Kesalahan Pertahanan Arsenal

Bola.com, London - Arsenal merasakan kekalahan ke-9 musim ini di markas West Bromwich Albion (WBA), Stadion The Hawthorns, Sabtu (18/3/2017). Takluk 1-3 membuat Arsenal gagal mendekati Liverpool, Manchester City dan Tottenham Hotspur.

Sebaliknya, posisi Arsenal berada dalam ancaman Manchester United. Setan Merah bisa menggusur Arsenal andai bisa menggulung Middlesbrough. Bagi Arsenal, total tujuh kekalahan musim ini menjadi satu di antara pencapaian terburuk sepanjang karier Sang Manajer, Arsene Wenger.

Pada pertandingan kontra WBA, tiga gol tuan rumah lahir via aksi Craig Dawson pada menit ke-12 dan 75', serta satu gol Hal Robson-Kanu (55'). Gol balasan Arsenal berasal dari aksi individu Alexis Sanchez pada menit ke-15.

Kekalahan Arsenal bukan semata kehilangan tiga angka yang sangat krusial. Tiga gol yang bersarang ke jala The Gunners menunjukkan sisi lain, yakni lemahnya koordinasi lini pertahanan.

Satu yang menjadi sorotan usai laga kontra WBA adalah penampilan David Ospina. Sang kiper masuk setelah Petr Cech mengalami cedera kaki. Ironisnya, penampilan Ospina justru di bawah form terbaiknyaa.

Ia justru menjadi sorotan setelah melakukan blunder yang berakibat gol kedua bagi WBA. Sebelum Robson-Kanu menceploskan bola ke dalam jala Arsenal, Ospina gagal melakukan clearance bola.

Tindakan Ospina untuk maju guna berusaha menghalau si kulit bundar, berubah jadi blunder. Sepakan Ospina tak sempurna, sehingga bola justru mengarah ke kaki Robson-Kanu. Tak ayal, sang bomber tinggal mendorong bola masuk ke gawang Arsenal.

Aksi blunder Ospina sebenarnya tak seratus persen kesalahan sang penjaga gawang. Komunikasi tak lancar para bek memberi ruang bagi para pemain WBA untuk 'menggoyang' area pertahanan Arsenal.

Hasilnya, akibat 'ulah' Ospina, Arsenal tertinggal 2-1. Tak hanya Ospina yang melakukan kesalahan. Petr Cech memiliki peran terjadinya gol pembuka WBA. Ia salah mengantisipasi bola, sehingga sundulan Craig Dawson gagal dibendung.

Bagi Arsenal, kekalahan demi kekalahan dan ragam gol yang terjadi, mengungkapkan fakta kalau terjadi sesuatu dengan bagaimana cara para pemain Arsenal bertahan. Situs Opta merilis, total ada 22 gol lawan yang berasal dari kesalahan para pemain Arsenal dalam melakukan tindakan bertahan.

Ospina menjadi pemain ke-9 yang melakukan blunder dan berbuah gol bagi lawan. Sebelum Ospina, ada nama Granit Xhaka yang sudah melakukan dua kesalahan fatal. Koleksi Xhaka sama dengan yang diciptakan Nacho Monreal dan kiper Petr Cech.

Pemain lain yang berkontribusi terhadap gol ke gawang Arsenal antara lain Alexis Sanchez, Coquelin, Gabriel, Laurent Koscielny dan Skhodran Mustafi.

Jika menghitung secara statistik, blunder sembilan pemain Arsenal tersebut menyumbang lebih dari 60 persen gol yang terjadi ke gawang Arsenal. Saat ini jala Arsenal sudah 34 kali dirobek musuh. Artinya, lawan Arsenal benar-benar bekerja kreas dalam 12 gol saja. Selebihnya, musuh Arsenal berhasil memanfaatkan sederet kesalahan barisan pertahanan.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger enggan berkomentar lebih jauh terhadap apa yang terjadi pada area pertahanan. Ia meminta para pemainnya agar melupakan kekalahan dari WBA, dan bersatu guna bangkit pada laga berikutnya.

Sumber: Opta, Premier League

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer