Sukses


Premier League 2017-2018: Lukaku Tiada, Everton Bahagia

Bola.com - Romelu Lukaku memutuskan hijrah dari Everton ke Manchester United dengan nilai transfer 75 juta poundsterling (Rp 1,31 triliun) per 10 Juli 2017. Namun, kepergian bomber 24 tahun itu disinyalir membuat The Toffes "bahagia".

Everton sejatinya kehilangan juru gedor andalan di lini depan. Namun, kepergian Romelu Lukaku memuluskan langkah sejumlah pemain untuk berlabuh ke Goodison Park.

Manajemen klub memanfaatkan dana hasil transfer Romelu Lukaku untuk menggaet total tujuh pemain, antara lain Wayne Rooney, Cuco Martina, Sandro Ramirez, Henry Onyekuru, Davy Klaassen, Jordan Pickford, dan Michael Keane.

Everton diyakini tidak keliru melepas Romelu Lukaku karena mendapat tujuh amunisi tambahan. Kedalaman skuat Ronald Koeman pun menjadi semakin baik dan siap menjadi tim kuda hitam dalam perburuan gelar juara di Premier League musim 2017-2018.

Sejauh ini, Everton menunjukkan performa positif dalam laga-laga pramusim. The Toffes belum sekalipun kalah karena meraih tiga kemenangan dari empat pertandingan terakhir.

Ronald Koeman pun tidak ragu mengirim pujian kepada para rekrutan anyarnya. Pelatih Belanda itu meyakini skuatnya cukup kompetitif untuk berbicara banyak di Premier League saat ini.

Baca ulasan khusus Bola.com menjelang bergulirnya Premier League 2017-201 dengan mengklik tautan ini

"Saya benar-benar senang dengan cara yang dilakukan para pemain baru untuk menyesuaikan diri. Mereka memiliki masa depan cerah di Everton, dan dapat memberikan kualitas yang perlu kami kembangkan," kata Koeman.

Everton dijadwalkan akan bersua Stoke City pada pertandingan pekan pertama Premier League, di Stadion Goodison Park, Sabtu (12/8/2017). Setelahnya, Wayne Rooney dan kawan-kawan akan melawat ke markas Manchester City, di Stadion Etihad, 22 Agustus mendatang.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Goodison Park

Goodison Park menjadi momok bagi para tim-tim Premier League sepanjang musim 2016-2017. Everton mampu tampil gemilang ketika bermain di hadapan puluhan ribu suporternya.

Everton meraih 13 kemenangan, empat hasil imbang, dan hanya menelan dua kekalahan dari 19 pertandingan kandang musim lalu. The Toffes diprediksi akan mengulang performa baik itu karena mendapat beberapa tambahan amunisi di lini pertahanan.

"Sebagian besar tim lebih kuat ketika bermain dalam laga kandang ketimbang sebaliknya. Hal itu biasa terjadi di sepak bola. Namun, sekarang Everton benar-benar percaya diri ketika bermain di kandang," kata Koeman ketika mengomentari rekor apik Everton ketika melakoni laga kandang.

Meski memiliki catatan apik, Everton masih harus memperbaiki rekor kemenangan kandang jika ingin menjaga asa menjuarai Premier League. The Toffes harus menorehkan setidaknya 17 kemenangan kandang, seperti yang dilakukan sang jawara Chelsea musim lalu.

3 dari 3 halaman

Skuat

Everton cukup banyak melakukan perombakan di skuatnya saat ini. Selain Romelu Lukaku, The Toffes juga kehilangan Gerard Deulofeu, Tom Cleverley, Aiden McGeady, Conor McAleny, dan Arouna Kone.

Untuk itulah manajemen Everton memboyong tujuh pemain anyar pada periode transfer saat ini. Kehadiran mereka diproyeksi akan menambal peran para pemain yang hengkang, dan juga membuat kedalam skuat semakin baik.

"Saya menganggap skuat kami sudah cukup kompetitif. Saya pun bersyukur dan mengucapkan terima kasih karena manajemen memberikan kepercayaan untuk merekrut ketujuh pemain," kata Koeman.

"Akan tetapi, hanya ada 11 pemain terbaik yang akan menjadi starter. Saya akan menilai segalanya dengan objektif. Mereka harus berlatih keras dan tahu bagaimana caranya untuk bersikap. Saya sangat membutuhkan hal itu untuk membentuk skuat yang lebih kompetitif," tutur Koeman.

Pernyataan Ronald Koeman itu disinyalir sebagai tanda Everton sudah menghentikan pergerakan di bursa transfer saat ini. Koeman mengisyaratkan skuatnya bisa bersaing dengan sejumlah tim besar Premier League untuk merebut gelar juara.

Berikut ini adalah daftar pemain Liverpool (hingga 5 Agustus 2017):

Penjaga gawang: Jordan Pickford, Maarten Stekenleburg, Joel Robles.

Bek: Leighton Baines, Seamus Coleman, Ramiro Funes Mori, Michael Keane, Ashley Williams, Mason Holgate, Phil Jagielka, Leighton Baines, Luke Garbutt, Seamus Coleman, Cuco Martina.

Gelandang: Morgan Schneiderlin, Gareth Barry, Ross Barkley, Tom Devis, Kieran Dowell, James McCarthy, Idrissa Gueye, Gareth Barry, Davy Klaassen, Muhamed Besic,

Penyerang: Yanick Bolasie, Sandro Ramirez, Kevin Mirallas, Ademola Lookman, Aaron Lennon, Wayne Rooney, Dominic Clavert Lewin, Shani Tarashaj, Oumar Niasse, Leandro Rodriguez.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer