Sukses


5 Pemain Ini Beruntung Jadi Pemain MU

Bola.com, Manchester - Manchester United (MU) merupakan salah satu klub paling sukses di Eropa. Klub berjuluk Setan Merah itu telah memenangi 20 gelar Liga, 12 Piala FA, 3 Liga Champions, dan banyak lagi.

Tak aneh, pemain yang bisa membela klub sekelas MU bak mimpi jadi kenyataan. Mereka punya hasrat mengikuti jejak beberapa legenda, semisal David Beckham, Cristiano Ronaldo, Eric Cantona, hingga Paul Scholes.

Akan tetapi, MU tampaknya sering salah dalam menganalisa pemain. Mereka beberapa kali mendatangkan pemain yang tak sesuai dengan harapan.

Si pemain juga dianggap beruntung bisa berbaju MU. Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain yang beruntung perkuat MU dikutip Sportskeeda:

 

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

5. Adnan Januzaj

Adnan Januzaj (AFP/Oli Scarff)

Banyak yang heran saat seorang pemain berusia 18 tahun mendapat kontrak 30.000 pounds per minggu dengan tim Old Trafford. Kariernya dengan MU dimulai dengan apik, setelah mencetak dua gol pada debut penuhnya untuk menyelamatkan Manchester United saat comeback 2-1 kontra Sunderland.

Dia dinilai sebagai salah satu anak muda paling berbakat di Eropa dan tampaknya bakal bicara banyak di masa depan. Namun, kariernya turun drastis setelah musim debutnya yang luar biasa dan empat tahun kemudian, dia dijual ke Real Sociedad dengan harga £ 9,8 juta.

Januzaj membuat 63 penampilan untuk Manchester United, dan cuma mencetak 5 gol. Banyak yang merasa dirinya terlalu dini terkena uang dan ketenaran hingga akhirnya, dia meninggalkan United pada 2017.

3 dari 6 halaman

4. Gabriel Obertan

Gaya winger MU, Gabriel Obertan di laga penyisihan Grup B Liga Champions melawan Wolfbsurg, 8 Desember 2009. MU unggul 3-1. AFP PHOTO DDP / RONNY HARTMANN

Obertan pindah ke Manchester United dalam kesepakatan 3 juta pounds dari Bordeaux pada musim panas 2009. Dia didatangkan untuk menggantikan Cristiano Ronaldo, namun gagal total selama dua tahun tinggal di Old Trafford.

Obertan cuma membuat 28 penampilan untuk Manchester United, dan hanya mencetak satu gol. Dia tidak pernah bisa beradaptasi dengan iklim LIga Inggris dan akhirnya dijual ke Newcastle United pada 2011.

Fakta bahwa ia pindah empat klub setelah keluar dari Old Trafford, menunjukkan betapa beruntungnya ia bermain untuk Manchester United. Pemain berusia 28 tahun tersebut saat ini bermain untuk klub Bulgaria, Levski Sofia.

4 dari 6 halaman

3. Juan Sebastian Veron

Juan Sebastian Veron

Didatangkan dari Lazio pada 2001 dengan biaya sebesar 24,3 juta poundsterling, Veron transfer termahal di sepak bola Inggris saat itu. Namun nyatanya dia hanya bertahan 2 tahun di Old Trafford.

Banyak tekanan diberikan karena harganya tapi dia tidak pernah sesuai dengan harapan. Veron tidak bisa menyesuaikan diri dengan tuntutan permainan Inggris dan berjuang untuk konsistensi. Dia membuat 42 penampilan Premier League untuk Manchester United dan mencetak 6 gol.

Ferguson akhirnya melepas sang pemain dengan harga diskon ke Chelsea. Setelah pindah ke Chelsea, kariernya tidak pernah bangkit dipinjamkan berkali-kali. Dia meninggalkan Chelsea di tahun 2007, membuat hanya 7 penampilan untuk klub London.

5 dari 6 halaman

2. Anderson

Selebrasi gol dari gelandang Manchester United, Anderson di partai semifinal Piala Audi menghadapi Boca Juniors pada 29 Juli 2009 di Munich, Jerman. AFP PHOTO/OLIVER LANG

 Pemain asal Brasil itu pindah ke Old Trafford dengan kontrak 30 juta euro dari FC Porto, musim panas 2007. Dia menghasilkan 38 penampilan untuk The Red Devils selama musim pertamanya dan diberi penghargaan Golden Boy Award tahun 2008.

Dikenal dengan visi dan kekuatannya, Andreson memainkan peran sebagai gelandang box-to-box khas di Old Trafford. Dia bermain 181 laga untuk Manchester United dan mencetak 9 gol.

Naun demikian, Anderson tidak pernah membawa permainannya ke tingkat berikutnya mengecewakan pada akhir-akhir kariernya di sana. Anderson tidak bisa memperkuat posisinya di lini tengah United dan akhirnya pindah ke klub Brasil Internacional pada tahun 2015.

6 dari 6 halaman

1. Bebe

2. Bebe - Bomber asal Portugal ini dianggap salah satu kegagalan transfer terbesar sepanjang karier Sir Alex Ferguson. Didatangkan seharga 7,4 juta poundsterling, dirinya hanya tampil tujuh kali bersama MU. (AFP/Andrew Yates)

Entah dari mana, Setan Merah membayar 7,4 juta pounds untuk seorang striker yang namanya tak pernah terdegar. Pemain asal Portugal berusia 20 tahun itu pindah ke United pada 2010.

Dia sebenarnya memperkuat Manchester United selama 4 tahun, tapi cuma membuat 7 penampilan dan cetak dua gol. Dia dikirim keluar pada serangkaian pinjaman yang tak pernah membantunya mencapai tingkat yang diharapkan di United. Dia berjuang untuk konsistensi di depan gawang dan tidak pernah terlihat seperti pemain Manchester United.

Bebe pindah ke Benfica pada tahun 2014 namun ceritanya tetap sama. Dia dikirim keluar pada serangkaian pinjaman yang tidak berhasil, sebelum akhirnya membuat cabut. Dia saat ini bermain untuk tim Spanyol, Eibar.

Ferguson pernah mengungkapkan, "Bebe adalah penandatanganan pertama yang pernah saya lakukan bahkan tanpa melihat pemain di televisi. Anda harus selalu memercayai staf Anda dan pencari bakat kami di Portugal bersikeras bahwa kami harus melakukan sesuatu dengan cepat".

Eka Setiawan

Video Populer

Foto Populer