Sukses


12 Pemain yang Lolos dari Kejaran Arsene Wenger

Bola.com - Manajer Arsenal, Arsene Wenger, akan mengakhiri kariernya di klub tersebut pada akhir musim 2017-18. Wenger mundur setelah 22 tahun menangani klub tersebut.

Waktu 22 tahun bukanlah waktu yang sebentar bagi seorang manajer menangani sebuah klub. Berbagai pengalaman dan cerita menarik pasti dimiliki Wenger.

Satu hal yang paling menarik adalah mengenai pemain-pemain yang pernah menjadi incaran, namun tak berhasil didapatkan. Hal tersebut menyisakan penyesalan besar bagi seorang Wenger.

Sebagai manajer, Wenger memiliki penilaian yang jeli terhadap bakat yang dimiliki seorang pemain. Namun, ada kalanya Wenger khilaf dan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pemain bertalenta.

Selama menangani Arsenal, Wenger dikenal sebagai manajer yang tidak suka membeli pemain bintang dengan harga yang mahal. Ia lebih memilih mendatangkan pemain muda dengan talenta yang hebat.

Namun, catatan tersebut tercoreng pada musim terakhirnya bersama Arsenal. Wenger tercatat dua kali memecahkan rekor transfer klub dalam tempo separuh musim, yaitu ketika mendatangkan Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Meskipun begitu, ada beberapa pemain bertalenta yang gagal dirayu Wenger untuk gabung ke Arsenal. Berikut ini adalah para pemain tersebut:

2 dari 13 halaman

Kingsley Coman

Kingsley Coman merupakan produk akademi Paris Saint-Germain. Namun, klub asal Prancis tersebut gagal mengamankan kontrak sang pemain pada 2014. Alhasil, Coman menjadi incaran beberapa klub top Eropa, termasuk Arsenal. Namun, Coman memilih untuk bergabung ke Juventus.

“Kami sangat ingin mengamankan jasa Kingsley Coman pada 2014. Proses transfer hampir selesai, namun ia malah bergabung dengan Juventus,” ujar Arsene Wenger.

3 dari 13 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku sudah mencuri perhatian Arsenal ketika ia masih membela Anderlecht. Wenger pun sudah mencium bakat Lukaku.

“Kami terus memantau Lukaku ketika ia masih berusia sangat muda. Tetapi ia lebih memilih untuk bergabung ke Chelsea,” ujar Arsene Wenger.

4 dari 13 halaman

Didier Drogba

Sebelum nama Didier Drogba melejit bersama Olympique Marseille, Arsene Wenger sudah tertarik merekrutnya. Namun, keraguan Wenger kepada Drogba yang masih membela Le Mans, harus dibayar mahal pada akhirnya. Drogba tampil hebat bersama Chelsea.

“Saya melewatkannya ketika ia masih membela Le Mans. Saya tahu ada pemain bagus di klub itu dan saya tidak mengajukan tawaran,” ujar Arsene Wenger.

5 dari 13 halaman

Gerard Pique

Gerard Pique juga menjadi satu di antara nama yang diminati Arsene Wenger. Namun, usahanya untuk mendatangkan Pique tidak menemui hasil.

“Kami ingin merekrut Fabregas, Messi dan Pique. Namun, tawaran tersebut hanya berhasil untuk Fabregas,” ujar Wenger.

6 dari 13 halaman

Yaya Toure

Arsenal mendapatkan kesempatan untuk mengamankan jasa Yaya Toure pada 2003. Wenger mengaku sudah tertarik untuk mengamankan jasanya, tetapi Yaya Toure memilih bergabung dengan klub asal Ukraina, Metalurh Donetsk.

“Yaya Toure adalah satu di antara penyesalan terbesar saya. Yaya Toure sudah sepakat untuk bergabung bersama kami, tetapi dia justru pergi ke Ukraina,” ujar Wenger.

7 dari 13 halaman

Juan Mata

Arsenal pernah mendapat kesempatan untuk mendatangkan Juan Mata. Namun, Arsene Wenger menolaknya karena sudah memiliki Santi Cazorla.

“Mata memiliki kemiripan dengan Cazorla. Saya tidak ingat kapan tepatnya, namun kami sempat memiliki peluang untuk mendatangkan Mata,” ungkap Arsene Wenger.

8 dari 13 halaman

Gareth Bale

Saat masih berperan sebagai bek kiri, Gareth Bale pernah ditawarkan ke Arsenal oleh Southampton. Namun, Wenger menolak tawaran tersebut karena merasa tidak memerlukan tambahan di sektor bek kiri.

“Kami tidak mendatangkan Gareth Bale karena sudah memiliki Ashley Cole dan Gael Clichy. Itulah kesalahan terbesar saya. Saya tidak menyadari kalau ia bisa bermain di lini tengah,” ungkap Arsene Wenger.

9 dari 13 halaman

Eden Hazard

Eden Hazard sudah dipantau Arsene Wenger sejak lama. Bahkan, Arsenal disebut sebagai klub tujuan Hazard jika ia hengkang dari Lille. Tetapi, Arsenal tidak bisa menyamai tawaran Chelsea yang mencapai 30 juta pounds.

“Saya sangat ingin mendatangkan Eden Hazard. Namun, hambatan utama kami adalah faktor finansial dan Chelsea membuat tawaran yang tak bisa kami ikuti,” ungkap Arsene Wenger.

10 dari 13 halaman

Angel Di Maria

Angel Di Maria sudah masuk pantauan Arsene Wenger ketika masih bermain untuk Rosario Central. Namun, Wenger tidak bisa mengamankan jasanya karena masala izin kerja.

“Kami sudah mengincar Di Maria sebelum klub lain menginginkannya. Namun, ia hengkang ke Portugal dan lalu ke Spanyol. Alasannya adalah karena kami tidak bisa mendapatkan izin kerja untuknya,” ujar Arsene Wenger.

11 dari 13 halaman

Lionel Messi

Arsene Wenger pernah mencoba untuk merekrut Lionel Messi ketika masih berada di La Masia. Tetapi, Messi memilih untuk tinggal di Barcelona.

“Kami sudah melakukan pendekatan kepada Messi, tetapi ia lebih senang tinggal di Barcelona. Dia sudah merasa nyaman tinggal di kota tersebut,” ujar Wenger.

12 dari 13 halaman

Cristiano Ronaldo

Nama Cristiano Ronaldo menjadi penyesalan terbesar Arsene Wenger. Ia sudah hampir hijrah ke Arsenal, namun Arsenal gagal mengamankan jasanya. Padahal, Ronaldo sudah melakukan trial bersama Arsenal.

“Cristiano Ronaldo adalah penyesalan terbesar saya. Saya sudah hampir membuatnya bergabung ke Arsenal. Namun, proses tersebut terbengkalai. Saya masih sakit hati dengan kejadian tersebut,” ujar Wenger.

13 dari 13 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic pernah berpeluang bergabung dengan Arsenal ketika akan hengkang dari Malmo. Ia mendapat undangan dari Wenger dan sudah berada di London. Namun, Ibrahimovic segera angkat kaki setelah mengetahui hanya mendapat undangan trial dari Arsenal.

“Ibrahimovic masih berusia 16 tahun ketika datang ke sini. Saya memintanya untuk ikut trial, tetapi dia menolaknya dan lalu pergi,” ujar Wenger.

Video Populer

Foto Populer