Sukses


5 Cerita Unik Tentang Caretaker Sukses Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer

Bola.com, Jakarta - Ole Gunnar Solskjaer merupakan mantan pemain Manchester United  di era Sir Alex Ferguson pada periode 1996 hingga 2007. Ia resmi menjadi manajer interim klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut pada 19 Desember 2018, menggantikan posisi yang ditinggalkan Jose Mourinho.

Setan Merah yang sempat terpuruk di putaran pertama, kini jadi kekuatan menakutkan di persaingan big four.

Meskipun ia lebih sering diturunkan dari bangku cadangan, Solskjaer merupakan mesin gol yang bisa diandalkan.

Gol-gol krusial selalu lahir dari kakinya, salah satu yang paling terkenal saat ia mencetak gol kemenangan Manchester United di final Champions League 1998/99 melawan Bayern Munchen.

Namun, masih ada beberapa hal yang mungkin pembaca FTB90 tidak ketahui tentang Ole Gunnar Solskjaer. Berikut adalah rangkumannya.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

Pernah Melatih Manchester United Reserve

Karier kepelatihannya dimulai saat Solskjaer resmi menjadi Manajer Manchester United  Reserves pada musim panas 2008. Laga terakhirnya bersama Manchester United reserve berakhir dengan kemenangan 5-1 dari Newcastle United pada 16 Desember 2015.

Solskjaer sempat menolak tawaran dari Timnas Norwegia karena merasa belum waktunya ia melatih negaranya.

3 dari 6 halaman

Pensiun karena cedera parah

Sepeninggalan David Beckham ke Real Madrid  pada musim panas 2003, Ole Gunnar Solskjaer dipercaya mengisi posisi sayap kanan. Sayangnya, ia mengalami cedera parah di bagian kaki pada periode 16 September 2003 hingga Februari 2004.

Ia masih sempat bermain di semifinal dan final FA Cup 2004, dan mengantar klub menjadi juara. Namun, ia terpaksa harus menjalani operasi pada Agustus 2004 dan harus absen sepanjang musim 2004/05.

Ia bermain kembali pada 23 Agustus 2006 dan berhasil mencetak gol ke gawang Charlton Athletic, gol pertamanya di Premier League sejak April 2003. Namun, sang pemain harus menjalani kembali operasi pada awal 2007.

Solskjaer akhirnya memutuskan untuk pensun pada 27 Agustus 2007 dan menjalani laga testimonial saat United melawan Espanyol di Old Trafford pada 2 Agustus 2008. Kala itu, ia masuk menggantikan Carlos Tevez di menit ke-68.

4 dari 6 halaman

Pernah ikut wajib militer

Solskjaer lahir di Kristiansund, More og Romsdal dan pernah ikut wajib militer bersama tentara Norwegia, sebelum ia bergabung bersama klub divisi 3, Clausenengen, yang merupakan klub profesional pertamanya sebe,um ke Molde. 

Wajib militer di Norwegia merupakan suatu kewajiban untuk warga Norwegia, Solskjaer bergabung di kala ia masih berusia remaja.

5 dari 6 halaman

Produk Akademi Clausenengen

Solskjaer masih berusia 17 tahun saat ia mencetak 17 gol dari enam laga di Otta Cup dan menghabiskan lima tahun di klub tersebut. Ia sukses mencetak 31 gol dari total gol yang dicetak berjumlah 47 gol pada 1994.

Solskjaer kemudian pindah ke Molde dan berhasil mencetak 20 gol pada 1995, dan total 31 gol dari 38 laga bagi Molde. Ia bergabung bersama Manchester United  dengan banderol 1,5 juta pound pada 1996.

6 dari 6 halaman

Anaknya fans Wayne Rooney

Ole Gunnar Solskjaer tinggal di Inggris bersama istri dan tiga anak, Noah, Karna, dan Elijah. Anaknya yang pertama, Noah mengidolakan mantan rekan setimnya di Manchester United, Wayne Rooney.

Solskjaer dan Rooney menghabiskan tiga musim sebelum ia pensiun pada 2007, keduanya merupakan striker andalan mantan Manager Manchester United,  Sir Alex Ferguson.

Video Populer

Foto Populer