Sukses


Demi Pekerjaan di Tottenham Hotspur, Jose Mourinho Tusuk Mauricio Pochettino dari Belakang

Bola.com, London - Dalam banyak kesempatan Jose Mourinho kerap memuji Mauricio Pochettino sebagai salah satu kolega yang memiliki hubungan baik di pentas Premier League walau terlibat persaingan beda klub. Sebaliknya Pochettino kerap melontarkan pujian ke Mourinho. Setelah The Special One mengiyakan tawaran pekerjaan di Tottenham Hotspur akan seperti apa hubungan mereka?

Menurut pemberitaan Guardian proses negosiasi Jose dengan Daniel Levy, orang nomor satu Tottenham Hotspur sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Tidak seperti yang diberitakan media, di mana pertemuan antarkeduanya terjadi pada Selasa (19/11/2019) waktu setempat setelah Spurs resmi mendepak. Pochettino

Jose sudah lama mengidamkan pekerjaan sebagai manajer Tottenham Hotspur. Ia tak ambil pusing dengan perasaan Pochettino, karena ini hanya jadi urusan bisnis semata. Mourinho yang dipecat Manchester United pada bulan Desember tahun lalu butuh pekerjaan baru untuk kembali menaikkan reputasinya, Spurs profil klub yang tepat.

Cerita di atas pun mirip-mirip dengan kasus Louis van Gaal di United pada 2016. Pelatih asal Belanda yang pernah bekerja dengannya di Barcelona dan digambarkan sebagai "teman besar, besar". Van Gaal yang membukakan jalan buat Jose Mourinho memulai karier manajerial di Porto, setelah Mou dimatangkan sebagai asisten pelatih di Tim Catalan.

Proses negosiasi antara Tottenham dengan Mourinho tidak akan mulus jika sang manajer tidak mau berkorban, seperti misalnya mengalah gajinya tak setinggi saat menukangi Man United.

Levy memiliki reputasi dingin tanpa emosi, terutama selama negosiasi. Dia tidak dapat dipahami dan didorong hanya dengan menghasilkan uang dan menambah nilai bagi Spurs. Pragmatismenya sudah mendarah daging. Jika dia tidak bisa menyelesaikan transaksi, dia akan memilih pergi.

"Merupakan keistimewaan ketika seorang manajer pergi ke klub dan merasakan kebahagiaan dalam kaitannya dengan skuad yang akan dia miliki," kata Mourinho mengenai pekerjaan barunya.

“Ini bukan kata-kata saat ini. Itu bukan kata-kata saya sebagai pelatih kepala Tottenham Hotspur. Ini adalah kata-kata yang telah saya katakan dan saya ulangi dalam tiga, empat, lima tahun terakhir, bahkan saat bertindak sebagai lawan.

Saya sangat menyukai skuat ini dan mencari para pemain muda. Tidak ada satu manajer di dunia yang tidak suka bermain pemain muda dan membantu pemain muda untuk berkembang. Tidak ada.

Masalahnya adalah bahwa kadang-kadang Anda masuk ke klub di mana pekerjaan yang ada di bawah Anda tidak berjalan cukup baik untuk menghasilkan pemain yang dibutuhkan. Jadi saya melihat sejarah kami dan Anda melihat bahwa akademi selalu memberikan bakat yang dibutuhkan tim utama. Dan, tentu saja, saya juga berharap dapat bekerja dengan profil itu," timpal Jose Mourinho.

 

2 dari 2 halaman

Setipe dengan Levy

Jose Mourinho menunjukkan pragmatismenya di lapangan. Dia tidak tertarik memenangkan orang, di otaknya hanya bagaimana menang di pertandingan, dan tidak masalah baginya bagaimana itu terjadi. Jika skor 1-0 dan permainan tim jelek, ia tetap puas.

Jika, selama pertandingan, ia harus memarkir bus untuk memaksakan skor 0-0, Jose akan melakukannya. Tidak ada keraguan bahwa Levy akan menikmati memiliki karyawan yang begitu serius, yang tidak mengacau, apalagi ia juga punya obsesi ingin menang juga.

Di dekat Levy selama 19 tahun, Spurs hanya memenangkan satu Piala Liga.

Levy memiliki tiga kriteria utama untuk profil manajer baru, dengan satu adalah bahwa ia berbicara bahasa Inggris dengan lancar, yang ini sudah barang tentu dipenuhi Mourinho. Yang lain adalah bahwa ia memiliki kharisma di ruang ganti.

Jose Mourinho diyakini tidak akan berkonfrontasi dengan pemain Spurs. Kebutuhan pemain ingin mengangkat trofi. So, mereka akan menuruti apa yang diperintahkan Jose Mourinho.  Di sinilah Levy juga mengambil risiko yang biasanya diperhitungkan.

Sumber: Guardian

 

Video Populer

Foto Populer