Sukses


6 Sisi Menarik Takumi Minamino, Bintang Salzburg yang Bakal Diboyong Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool santer dikabarkan tertarik merekrut pemain RB Salzburg asal Jepang, Takumi Minamino. Saking ngebetnya, Liverpool berencana memboyong sang pemain pada bursa tranfer Januari 2020. 

Awalnya, Liverpool mengincar pemain Salzburg yang sedang menjadi target klub-klub besar Eropa, Erling Braut Haaland. Namun, The Reds akhirnya mundur teratur karena persaingan memperebutkan Haaland sangat sengit, termasuk melawan Manchester United. 

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dikabarkan mantap mengalihkan bidikan setelah terpikat dengan performa Takumi Minamino saat Salzburg kalah 3-4 di Anfield pada ajang Liga Champions musim ini. 

Pemain berusia 24 tahun itu juga berposisi sebagai winger, sesuai dengan kebutuhan Liverpool. Selain itu, harga klausul penjualan Minamino terbilang masuk akal, yaitu hanya 7,25 juta pound.

Peminat Minamino pun tidak banyak, fakta tersebut membuat Liverpool berpeluang mengamankan jasa Minamino.

Catatan lain yang memperkuat alasan Liverpool untuk meminang Minamino adalah produktivitasnya. Sejauh musim 2019-2020 bergulir, Minamino sudah mencatatkan sembilan gol dan 11 assist dari 22 penampilan bersama Salzburg.  

Liverpool makin tertarik karena Takumi Minamino bisa menjadi amunisi tambahan di babak 16 besar Liga Champions. Sang pemain masih bisa memperkuat Liverpool meskipun musim ini juga bermain di Liga Champions bersama Salzburg. 

Siapakah Takumi Minamino yang sedang diincar Liverpool? Berikut ini beberapa sisi menariknya yang dirangkum dari berbagai sumber.  

 

 

 

2 dari 7 halaman

1. Sama Seperti Sinji Kagawa, Takumi Minamino Mengawali Karier di Klub Jepang Cerezo Osaka

Takumi Minamino punya sedikit kemiripan dengan mantan pemain Borussia Dortmund dan Manchester United, Shinji Kagawa. Mereka sama-sama pernah memperkuat klub J League, Cerezo Osaka. 

Minamino gabung di akademi Cerezo Osaka sejak 2007. Dia akhirnya menjalani debut profesional di Cerezo Osaka pada 2012. Pemain yang kini berusia 24 tahun itu baru bermain reguler di tim utama semusim berselang.

Sepanjang memperkuat Cerezo Osaka, dia mencatat 62 penampilan. Pada 2015, dia dipinang klub Austria, RB Salzburg. 

 

3 dari 7 halaman

2. Langganan Timnas Jepang Sejak Level Junior

Takumi Minamino sudah langganan masuk Timnas Jepang sejak level junior.  Pada Juni 2011 dia dipanggil memperkuat Timnas Jepang U-17 untuk bermain di Piala Dunia U-17. 

Pada Agustus 2016, dia dipanggil Timnas Jepang U-23 untuk tampil di Olimpiade 2016. Dia bermain dalam tiga pertandingan dan mencetak satu gol melawan Nigeria.

Takumi Minamino kini juga menjadi pemain andalan di Timnas Jepang level senior. 

 

4 dari 7 halaman

3. Posisi Bermain

Takumi Minamino bisa bermain sebagai pemain sayap atau gelandang serang. Di bawah besutan Marco Rose, Salzburg biasanya bermain dengan formasi 4-1-2-1-2 atau 4-3-1-2. Takumi Minamino juga cocok berperan sebagai deep-lying forward dan menjadi penghubung dengan lini tengah.

Saat bertandang ke Anfield, Takumi Minamino mencuri perhatian dengan permainannya di sisi sayap kanan penyerangan Salzburg. 

 

5 dari 7 halaman

4. Pemain Produktif

Meskipun peran utamanya sebagai kreator serangan, Takumi Minamino punya kebiasaan tampil produktif sepanjang kariernya di Eropa. 

Total, dia menyumbangkan 41 gol dalam 129 penampilan bersama RB Salzburg sejak 2015. Di setiap musim yang penuh dijalaninya, Minamino selalu mencetak dua digit gol, alias tak pernah kurang dari 11. 

Pada musim ini, dia kemungkinan juga bakal memperpanjang rekornya tersebut karena sudah membukukan sembilan gol bersama Salzburg. 

 

 

6 dari 7 halaman

5. Jago Assist

Selain cukup produktif dalam urusan mencetak gol, catatan assist Takumi Minamoto juga impresif. Musim ini dia sudah mencatatkan 11 assist di semua kompetisi, tiga di antaranya di Liga Champions. 

Koleksi assistnya lebih baik daripada dua musim terakhir. Pada dua musim tersebut, dia masing-masing membukukan 10 assist. 

 

7 dari 7 halaman

6. Pujian untuk Takumi Minamino

Direktur Olahraga RB Salzburg, Cristoph Freund, memberikan kredit tinggi untuk Takumi Minamino. "Dia pemain luar biasa dengan pribadi hebat," kata Freund kepada The Independent

"Klub-klub besar mengawasinya dan jika saya adalah mereka, saya akan tertarik merekrutnya. Takumi bersiap mengambil langkah berikutnya pada Januari," imbuh dia. 

 

Dampak Virus Corona di Wuhan Melebar ke Dunia Olahraga

Video Populer

Foto Populer