Sukses


Cara Tidak Biasa Sir Alex Ferguson Saat Merekrut Louis Saha ke Manchester United

Bola.com, Jakarta - Sebagai seorang manajer paling fenomenal dalam sejarah Manchester United, Sir Alex Ferguson memiliki cara tersendiri saat menentukan pemain-pemain yang akan direkrutnya ke Old Trafford. Namun, ada satu momen yang tidak biasa ketika Sir Alex Ferguson merekrut Louis Saha sebagai striker The Red Devils.

Selama menjadi manajer Manchester United dalam rentang 1986 hingga 2013, Sir Alex Ferguson memiliki sebuah aturan tidak tertulis dalam urusan transfer pemain. Aturan itu adalah ia menentukan sendiri pemain yang perlu direkrut ke dalam tim tanpa menanyakan pendapat ke para pemainnya.

Namun, ternyata ada satu transfer yang membuat Ferguson berbeda dengan biasanya. Transfer tersebut adalah striker Louis Saha yang didatangkan dari Fulham pada 2004.

Saat itu, Sir Alex Ferguson meminta saran kepada para pemainnya ketika hendak merekrut Louis Saha. Gary Neville mengaku manajer asal Skotlandia itu bertanya langsung kepda para pemainnya yang langsung disambut dengan jawaban positif.

"Sir Alex tidak pernah bertanya kepada kami tentang kami mengenai pemain mana yang perlu direkrut. Selain itu tidak pernah bertanya kepada kami para pemainnya tentang siapa saja yang perlu direkrut ke tim," kisah Neville kepada Sky Sports.

"Namun, setelah kami bermain menghadapi Fulham di Piala FA 2001, dia ternyata bertanya kepada kami, termasuk saya yang merupakan seorang bek, akankah kami perlu merekrut Louis Saha. Kami semua menjawab ya tanpa berpikir panjang," lanjut mantan bek kanan Manchester United itu.

 

 

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Performa Memuaskan Bersama Wayne Rooney

Pada paruh pertama musim 2003-2004, Louis Saha mencetak 15 gol dalam 22 penampilan untuk Fulham. Sir Alex Ferguson pun makin berambisi membawanya ke Manchester United.

Fulham sejatinya tak mau melepas Saha. Namun, Ferguson sukses membujuk Fulham untuk melepas Saha dengan nilai transfer 12,4 juta pound pada Januari 2004.

Pada setengah musim pertamanya bersama MU, Saha mencetak tujuh gol dalam 14 penampilan di semua kompetisi. Itu performa yang memuaskan. Musim terbaik Saha di Manchester United adalah musim 2005-2006. Musim itu, Saha mencetak 15 gol dalam 30 penampilan di semua ajang.

Namun, pada musim berikutnya, Saha mencetak 13 gol dalam 34 laga. Saha menciptakan duet fantastis bersama Wayne Rooney di lini depan Manchester United. Menurut Neville, itu adalah periode yang hebat.

"Saya ingat musim di mana dia bermain di depan dengan Wazza pada 2006, dan itu sungguh luar biasa. Mereka fantastis main bersama," kata Neville.

 

3 dari 3 halaman

Kisah Pribadi Neville Tentang Saha

Gary Neville mengakui Louis Saha merupakan pemain yang sangat bagus di lini depan tim. Bek kanan The Red Devils itu bahkan pernah memiliki pengalaman khusus dengan striker asal Prancis tersebut.

"Louis adalah pemain yang brilian, sangat brilian. Dia memberi saya mimpi buruk ketika melawannya di Fulham - dia dan Luis Boa Morte," imbuh Neville.

Saha mencetak 42 gol dalam 124 penampilan selama memperkuat Manchester United pada periode 2004-2008. Dia kemudian dilepas ke Everton setelah kerap dibekap cedera.

Setelah empat musim di Everton, Saha sempat sebentar membela Tottenham, Sunderland, dan Lazio, sebelum pensiun pada 2013.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 19/4/2020)

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer