Sukses


Starting XI Manchester City Saat Pesta 6 Gol ke Gawang Manchester United

Bola.com, Manchester - Pada Oktober 2011, Manchester City memberi kekalahan yang tak akan pernah dilupakan oleh Manchester United. The Citizens yang kerap dipandang sebelah mata, sukses pesta enam gol ke gawang MU di Old Trafford.

Setelah dibeli perusahaan Abu Dhabi United Group pimpinan Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan pada Agustus 2008, Man City langsung bertansformasi menjadi satu di antara klub kaya raya di Inggris.

Suntikan dana tak terbatas dari Sheikh Mansour membuat Manchester City mampu membeli pemain bintang yang diinginkan, beberapa di antaranya adalah Gareth Barry, Kolo Toure, David Silva, Sergio Aguero, dan Mario Balotelli.

Mereka juga perlahan mengikis hegemoni klub-klub mapan langganan juara, mulai dari Chelsea, Arsenal, dan juga Manchester United. Puncaknya terjadi pada musim 2011-2012, ketika Man City berhasil merebut trofi juara Premier League dari tangan MU.

Bukan hanya merengkuh titel juara liga yang perdana di era Premier League, Manchester City juga berhasil menorehkan sejumlah kemenangan yang bakal dikenang. Satu di antaranya adalah ketika berpesta gol ke gawang Manchester United.

2 dari 4 halaman

Bungkam Publik Old Trafford

Pada laga pekan kesembilan Premier League 2011-2012, Manchester City melawat markas Manchester United di Old Trafford, 23 Oktober 2011. Melakoni Manchester derby, City sedang dalam kepercayaan diri tinggi.

The Citizens yang kala itu diasuh Roberto Mancini belum terkalahkan dalam delapan laga awal Premier League, dengan perincian tujuh kemenangan dan sekali imbang.

Di sisi lain, MU juga dalam performa yang cukup baik. Tim Setan Merah asuhan Sir Alex Ferguson meraih enam kemenangan dan dua hasil imbang dari delapan pertandingan pertama di Premier League.

Bermain di hadapan 75 ribu lebih suporter Manchester United, City tampil gemilang. Menerapkan formasi 4-2-3-1, serangan The Citizens yang dibangun David Silva, Sergio Aguero, dan James Milner mampu merepotkan barisan belakang MU.

Mario Balotelli membuka keunggulan Manchester City pada menit ke-22 setelah memanfaatkan umpan dari James Milner. Selebrasi ikonik 'Why Always Me' diperlihatkan bomber asal Italia itu setelah membobol gawang MU.

Pada menit ke-47, Manchester United bermain dengan 10 orang setelah Jonny Evans diganjar kartu merah. Lubang yang ditinggal Evans dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Manchester City.

Balotelli menggandakan keunggulan City pada menit ke-60 dan lagi-lagi berkat umpan James Milner. Sergio Aguero membawa Man City unggul 3-0 lewat golnya pada menit ke-69.

Manchester United baru bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-81, setelah bola hasil sepakan terukur Darren Fletcher melesat mulus masuk ke gawang City.

Namun, Edin Dzeko yang baru masuk ke lapangan pada menit ke-70 membuat publik Old Trafford terdiam. Dzeko mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89, dan Manchester City memimpin 4-1.

David Silva membawa Man City unggul 5-1 lewat golnya pada menit ke-90+1, sebelum akhirnya dilengkapi gol Edin Dzeko pada menit ke-90+3. The Citizens yang kerap disebut 'Tetangga yang Berisik' sukses mempermalukan sang rival di kandangnya sendiri dengan skor 6-1.

Berdasarkan catatan Opta, Manchester United terakhir kali kebobolan enam gol atau lebih di Old Trafford terjadi pada 1930. Ketika itu, MU takluk dari Sunderland.

Lantas, siapa saja pemain Manchester City yang tampil dan sukses membungkam Manchester United di Old Trafford? Berikut ini adalah perinciannya.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Manchester City (4-2-3-1):

Kiper: 25-Joe Hart

Bek: 22-Gael Clichy, 4-Vincent Kompany, 6-Joleon Lescott, 2-Micah Richards

Gelandang: 18-Gareth Barry, 42-Yaya Toure, 21-David Silva, 16-Sergio Aguero (19-Samir Nasri 76'), 7-James Milner (13-Aleksandar Kolarov 89')

Penyerang: 45-Mario Balotelli (10-Edin Dzeko 70')

Sumber: Berbagai sumber

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

3 Pemain Pengganti Sadio Mane di Liverpool, Termasuk Philippe Coutinho

Video Populer

Foto Populer