Sukses


Teganya Jurgen Klopp, Sadio Mane Bisa Jadi Korban Pembelian Timo Werner

Bola.com, Jakarta - Satu di antara kejutan transfer yang mungkin saja terjadi pada musim panas tahun ini adalah hengkangnya Sadio Mane dari Liverpool. Spekulasi ini terus berkembang menyusul niat Jurgen Klopp memboyong Timo Werner dari RB Leipzig.

Sadio Mane merupakan sosok integral Liverpool dalam setidaknya dua musim belakangan. Sosoknya tak kalah penting jika dibandingkan dengan dua penyerang The Reds lainnya, yakni Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Di sisi lain, manajemen klub sebenarnya terus berupaya mempertahankan Mane untuk jangka waktu yang lebih lama lagi. Akan tetapi, nafsu menggebu-gebu Klopp bisa saja membuyarkan segalanya.

Mengetahui Real Madrid menginginkan Mane, Klopp langsung mencari pengganti yang sepadan, atau kalau bisa yang lebih baik. Satu pemain itu jatuh kepada Timo Werner, kompatriot Klopp yang tengah bersinar bersama Leipzig.

Zinedine Zidane dilaporkan begitu ngebet mendatangkan Mane ke Santiago Bernabeu setelah winger Senegal itu membobol gawang Madrid pada final Liga Champions 2018 silam. Klopp, diam-diam juga punya ide menggantikannya.

Media Prancis, Le10Sport melaporkan, Timo Werner adalah pemain yang ada di hati Klopp. Disebutkan pula, sosok Werner merupakan pemain yang paling ideal menggantikan peran Mane di lini depan Liverpool.

 

2 dari 4 halaman

Tidak Cocok dengan Liverpool?

Buat sebagian orang, Werner memang dicap tidak cocok dengan Liverpool. Striker asal Jerman itu dianggap tidak akan bisa nge-klik dengan pola permainan Jurgen Klopp yang cepat dan taktis.

Mantan gelandang Liverpool, Dietmar Hamman mengingatkan Jurgen Klopp agar tidak membeli Timo Werner. Meski berkualitas, gaya bermainnya dinilai tidak cocok dengan Liverpool.

"Masalahnya, Liverpool sudah memiliki trio penyerang terbaik di dunia. Misal Anda manajer Liverpool dan bermain melebar, ingat ada dua fullback yang siap membantu serangan. Lalu ada Salah dan Mane yang sangat lincah," kata Hamman.

"Timo Werner bukan tipe pemain yang cocok dengan gaya tersebut. Aset terbesarnya adalah kecepatan. Saya menonton Liverpool, semua lawan menerapkan zona pertahanan yang dalam dan sangat rapat."

"Jadi, memainkan Werner tidak akan efektif. Jangan salah, Werner adalah pemain yang sangat bagus. Tapi, RB Leipzig menerapkan pola counter attack, berbeda dengan Liverpool yang mengutamakan penguasaan bola. Jadi buat apa Werner?"

"Firmino, dia pemain seperti Teddy Sheringham, pintar membuka ruangan buat rekannya. Firmino bukan tipe pemain yang suka menunggu bola terobosan. Jadi, saya tidak mengerti apa fungsi Werner di Liverpool, dia juga bukan striker yang suka bermain melebar, dia lebih suka menunggu di tengah, di antara bek, menerima umpan tarik, dan beradu lari. Liverpool tidak seperti itu," ujarnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Intip Peluang setelah 15 Juni 2020

Werner diketahui sangat tertutup pada media. Ia profesional yang hanya fokus dengan apa yang ada di atas lapangan.

Ia hampir tak pernah membicarakan mengenai kariernya, apalagi rencana masa depannya. Namun, satu hal yang diketahui, Werner menyukai Jurgen Klopp.

Di sisi lain, Klopp juga belakangan doyan mengimpor pemain dari Jerman. Naby Keita dan Takumi Minamino adalah dua contoh rekrutan Klopp dari Bundesliga Jerman. Firmino pun diboyong dari Hoffenheim, klub Bundesliga.

Fakta ini bisa jadi faktor yang membuat Liverpool rela memboyong Timor Werner dari RB Leipzig meski pun secara gaya permainan dinilai tidak cocok.

Werner memiliki klausul pembelian senilai 52 juta pounds yang bakal habis pada 15 Juni. Kubu Leipzig hingga detik ini belum memperbarui kontrak tersebut, dan ini bisa menjadi kans buat Liverpool.

Sumber: Le10Sport

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer