Sukses


Arsene Wenger Sudah Tak Mau Lagi Berurusan dengan Arsenal

Bola.com, Jakarta - Arsene Wenger menyatakan komitmennya untuk tidak lagi berurusan dengan Arsenal. Bahkan, mantan manajer The Gunners asal Prancis itu enggan menginjakkan kakinya lagi di markas Emirates Stadium.

Selama 22 tahun karier kepelatihan seorang Arsene Wenger dihabiskan di Arsenal. Sehingga tidak bisa diragukan lagi kalau dirinya adalah sosok legenda bagi klub raksasa Premier League asal London tersebut.

Kendati lama menjadi pelatih Arsenal, namun karier Wenger tidak terlalu dihiasi gelimang prestasi. Selama 22 tahun berkarier di Emirates, Wenger hanya mempersembahkan tiga trofi Premier League saja.

Tapi, dari ketiga trofi tersebut, ada satu yang membuat Arsenal dikenang oleh seluruh penikmat sepak bola. Trofi tersebut diraih pada musim 2003-2004, di mana Arsenal meraihnya tanpa meraih kekalahan.

Perlu diketahui keberhasilan Wenger tidak bisa diukur dari segi prestasi semata. Ia terhitung sukses karena mampu mencetak pemain bertalenta yang sekarang memperkuat banyak raksasa Eropa.

Setelah meninggalkan Arsenal, Wenger menerima jabatan sebagai kepala pengembangan sepak bola global di FIFA. Tentu saja, pintu the Gunners selalu terbuka bagi pria berusia 70 tahun tersebut.

Namun, Wenger menegaskan komitmen untuk meninggalkan the Gunners secara total. Bahkan dirinya pun enggan kembali menginjakkan kaki di Emirates Stadium.

"Akankah saya kembali ke Emirates Stadium? Saya selalu bilang kepada diri sendiri bahwa saya akan meninggalkan Arsenal sepenuhnya. Itulah keputusan yang saya buat," ujarnya kepada beIN Sport.

 

2 dari 3 halaman

Berhasil Menjaga Nilai Arsenal

Arsene Wenger mungkin bisa memperbaiki kisahnya dengan Arsenal yang sekarang diperkuat banyak talenta muda. Tapi, mantan manajer asal Prancis itu merasa perjalanannya sudah cukup bagus meski tak dihiasi prestasi yang mentereng.

"Saya menemani klub dalam 1.235 pertandingan. Saya telah melewati masa-masa baik dan buruk di sana, tapi kami selalu mencoba untuk mempertahankan nilai-nilai klub, dan saya pikir kami berhasil melakukannya," pungkas Wenger.

Sekarang Arsenal sedang ditukangi mantan pemain asuhan Wenger dulu, Mikel Arteta. Sejauh ini, Arteta berhasil mengangkat pencapaian the Gunners meski belum terlihat signifikan.

Arteta bukanlah suksesor langsung Wenger. Sebelum ia datang, Arsenal sempat ditukangi Unai Emery yang hanya bertahan selama dua musim saja.

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 24/5/2020)

3 dari 3 halaman

Video

3 Pemain Pengganti Sadio Mane di Liverpool, Termasuk Philippe Coutinho

Video Populer

Foto Populer