Sukses


3 Alasan Kerja Jurgen Klopp Dinilai Lebih Hebat dibanding Sir Alex Ferguson yang Bakal Bikin Fans Manchester United Sewot

Bola.com, Jakarta - Pelatih yang sedang tak memiliki klub, Neil Warnock, meyakini Jurgen Klopp merupakan manajer yang lebih baik ketimbang Sir Alex Ferguson. Pernyataan ini dilontarkan dengan sejumlah alasan yang masuk akal, walau pastinya bakal memicu amarah fans setia Manchester United.

Warnock baru-baru ini memilih lima manajer terbaik dalam sejarah Premier League. Yang mengagetkan, Sir Alex Ferguson tak ada di posisi tiga besar. 

Posisi pertama dalam daftar tersebut ditempati manajer legendaris Arsenal, Arsene Wenger. Adapun posisi kedua ditempati manajer Manchester City, Pep Guardiola. 

Warnock menempatkan Klopp di posisi ketiga, tepat di atas manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Adapun peringkat kelima diduduki Jose Mourinho, yang pernah menangani Chelsea dan MU. 

"Saya mungkin berbeda dengan orang-orang lain. Saya memilih Arsene Wenger di posisi pertama, karena dia mengubah keseluruhan wajah sepak bola modern," kata Warnock, seperti dilansir Liverpool Echo, Senin (13/1/2020). 

Menempatkan Ferguson di posisi keempat jelas memancing kontroversi. Pelatih asal Skotlandia tersebut bergelimang gelar selama menangani Setan Merah. 

Selama 27 tahun menjadi manajer Man United, Ferguson mempersembahkan 13 gelar liga. Dia juga mampu mengubah Setan Merah menjadi salah satu tim paling disegani di Inggris dan Eropa. 

Di sisi lain, Mourinho hanya mempersembahkan tiga gelar liga di Premier League, Klopp (0), Guardiola (2), dan Wenger (3). Jika gelar keempat manajer itu digabung bahkan belum bisa menyamai pencapaian Ferguson. 

Lalu, apa alasan Neil Warnock menempatkan Jurgen Klopp di atas Sir Alex Ferguson sebagai manajer terbaik dalam sejarah Premier League? Berikut beberapa alasannya. 

Video

2 dari 4 halaman

Strategi yang Tak Membawa Pengaruh buat Dunia Sepak Bola

Warnock meyakini Ferguson tidak memiliki pengaruh terhadap sepak bola sebesar tiga manajer di atasnya, yaitu Wenger, Guardiola, dan Klopp. 

Namun, Warnock tidak menjelaskan dengan detail maksud dari pendapatnya ini. Padahal selama memegang Manchester United, Sir Alex Ferguson berhasil membangun dinasti di Old Trafford. Dia juga bisa melahirkan tim-tim hebat, meskipun kadang dengan materi pemain yang pas-pasan. 

Tapi mungkin maksudnya dari Warnock  adalah tipikal permainan yang disajikan Fergie tak istimewa, alias tak merubah perwajahan mendorong perubahan taktikal sepak bola.

Sepanjang kariernya Ferguson dikenal sebagai pelatih yang fanatis dengan skema permainan usang 4-4-2 dengan mengedepankan umpan-umpan panjang yang amat mengandalkan agresivitas duo sayap. Strategi yang banyak dipakai klub-klub Inggris lainnya, walau beda pada hasil akhir.

3 dari 4 halaman

Potensi Masa Depan yang Lebih Cerah

Neil Warnock juga mengklaim punya alasan khusus menempatkan Klopp di posisi ketiga alias mengungguli Ferguson. Meskipun belum mengantongi titel Premier League, Warnock menilai Klopp punya potensi sangat besar untuk mendulang gelar demi gelar. 

"Saya merasa Klopp baru memulai. Dia jelas akan menjadi lebih baik. Visi dan segalanya yang dia lakukan di klub dan semua masa depan bersama para pemain muda, serta lain-lain, saya rasa dia akan mendapat (banyak gelar) dalam 10 tahun mendatang," kata Warnock.   

4 dari 4 halaman

Lebih Sukses Menempa Pemain Muda

Kelebihan lain Klopp di mata Warnock adalah kelebihannya dalam memaksimalkan pemain muda. Beberapa pemain muda yang bersinar di tangan Klopp antara lain Trent Alexander-Arnold dan Curtis Jones.

Bahkan, menurut Klopp dalam kategori ini Klopp lebih unggul daripada Ferguson yang juga dikenal piawai mengorbitkan youngster.  

"Dalam penggunaan pemain muda, Klopp lebih unggul daripada Ferguson yang hanya mengorbitkan pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Class of 92," ujar Warnock.  

Sumber: Liverpool Echo

 

Video Populer

Foto Populer