Sukses


11 Pemain yang Mungkin Anda Tak Tahu Pernah Berseragam Manchester City

Bola.com, Jakarta - Banyak yang tidak tahu, terlepas dari belanja jorjoran ala Manchester City, mereka sebenarnya memiliki sistem pembinaan pemain muda yang cukup baik, satu di antara yang terbaik malah. Banyak pemain yang kini telah matang dan tersebar seantero dunia merupakan bekas pemain City.

Sejak kedatangan Sheikh Mansour, Manchester City seakan disulap menjadi satu kekuatan sepak bola yang tak cuma besar di Inggris saja, melainkan di Eropa. Dengan gelontoran dana yang melimpah, tidak sulit buat mereka mendaratkan talenta terbaik, baik itu berusia muda maupun matang.

Akibatnya, pemain muda di akademi Manchester City mesti berusaha keras agar bisa mendapatkan tempat di klub dengan lusinan pemain bintang kelas dunia. Sebagian besar di antaranya bahkan harus rela angkat kaki dari Etihad Stadium demi masa depan yang lebih cerah.

Tak disangka, pemain-pemain yang akhirnya hengkang pada usia muda, justru bermain cemerlang di klub lain. Well, memang tidak semuanya, tapi itu menunjukkan bahwa Manchester City memiliki jebolan akademi klub yang tidak bisa dianggap enteng.

Sedikit dari pemain Manchester City ada yang sanggup 'naik kelas' dan bahkan menjadi pemain inti. Phil Foden misalnya, kini menjadi nyawa di lini tengah tim besutan Pep Guardiola tersebut.

Berikut ini 11 pemain kelas dunia yang mungkin pembaca Bola.com tak pernah tahu pernah berseragam Manchester City.

 

2 dari 14 halaman

Daniel Sturridge

Sebagian besar penikmat sepak bola Premier League pasti tahu kalau Daniel Sturridge muda bermain di Chelsea. Namun, sebetulnya ia pernah membela Manchester City.

Bahkan, Daniel Sturridge mengoleksi 32 penampilan buat tim senior Manchester City dan mencatatkan enam gol. Selepas itu, striker asal Inggris itu membela beberapa klub seperti Liverpool, West Bromwich Albion, dan Trabzonspor.

 

3 dari 14 halaman

Kasper Schmeichel

Kasper Schmeichel pernah bermain untuk Manchester City sebanyak 10 kali. Saat itu, kariernya lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman di Darlington, Bury, Falkirk, Cardiff City, dan Coventry City.

Pada 2009, ia meninggalkan Manchester City dan bergabung ke Notts County. Sempat membela Leeds United hingga 2011, anak legenda Manchester United, Peter Schmeichel itu sampai saat ini menjadi penjaga gawang Leicester City.

 

4 dari 14 halaman

Denis Suarez

Mengoleksi dua penampilan bersama tim senior Manchester City, Denis Suarez kemudian hijrah menuju Barcelona B, lalu dipinjamkan ke Sevilla, dibeli Villarreal, naik kasta ke Barcelona, dipinjamkan lagi ke Arsenal, dan kini berkarier di Celta Vigo.

Denis Suarez tercatat berseragam Manchester City selama dua tahun. Pada akhir 2018-2019, ia sebetulnya berpeluang untuk dipermanenkan Arsenal, namun entah kenapa transfer tersebut urung terlaksana.

 

5 dari 14 halaman

Adrien Rabiot

Berbeda dengan nama-nama sebelumnya, Adrien Rabiot sama sekali tak pernah bermain untuk tim senior Manchester City. Namun, ia tercatat pernah berada di sana sebagai pemain akademi klub pada 2008 silam.

Adrien Rabiot kembali ke Prancis dan bergabung dengan PSG. Dari sana, namanya mulai mencuat meski sempat dipinjamkan ke Toulouse. Sekarang, ia berstatus pemain Juventus.

 

6 dari 14 halaman

John Guidetti

John Guidetti didatangkan pada masa kepelatihan Sven-Goran Eriksson. Ia bahkan digadang-gadang sebagai calon striker masa depan Swedia, namun sayang potensinya tak terlihat di Manchester City.

John Guidetti sempat sekali bermain untuk tim senior Manchester City, namun kesuksesan justru ia raih ketika dipinjamkan ke sejumlah klub, termasuk bersama Feyenoord, di mana ia berhasil mencetak 20 gol dari 23 pertandingan Eredivisie.

 

7 dari 14 halaman

Loris Karius

Ya, Anda tidak salah membaca. Loris Karius merupakan bekas kiper Manchester City yang bermain reguler di tim U-18 dan U-21. Dirinya direkrut pada Juli 2009 setelah bermain apik untuk Timnas Junior Jerman.

Nama Loris Karius mulai dikenal publik sepak bola dunia saat diboyong manajer Liverpool, Jurgen Klopp ke Anfield. Sayang, ia malah dianggap kiper gagal lantaran dua blunder yang dilakukannya pada final Liga Champions 2018 melawan Real Madrid.

 

8 dari 14 halaman

Kieran Trippier

Kieran Trippier memikat banyak klub Inggris ketika bermain di Burnley. Tottenham Hotspur merekrutnya, dan semenjak itu namanya terus melambung. Padahal sebelumnya, ia merupakan mantan pemain Manchester City.

Bahkan, Kieran Trippier sudah berada di Manchester City sejak usia 9 tahun, yakni pada 1999. Kontrak profesional ia dapatkan pada 2007, tapi satu-satunya penampilan senior bersama City adalah ketika laga persahabatan melawan Barcelona.

 

9 dari 14 halaman

Jadon Sancho

Sebelum bermain cemerlang bersama Borussia Dortmund dalam dua musim belakangan, mungkin nyaris tak ada yang mengenal Jadon Sancho. Oleh karena itu, tak heran ketika banyak orang yang kaget setelah mengetahui bahwa sang winger merupakan produk akademi Manchester City.

Jadon Sancho berkembang di Manchester City usia muda, namun pada 2017, ia memutuskan hijrah ke Borussia Dortmund karena tak mendapat kontrak baru dari bekas klubnya itu. Saat Ousmane Dembele hijrah menuju Barcelona, peran serta nomer punggung 7 miliknya praktis diteruskan oleh Sancho.

 

10 dari 14 halaman

Brahim Diaz

Saking banyaknya pemain bintang di Manchester City, Brahim Diaz pun harus rela 'mengalah' dan meninggalkan Etihad Stadium. Padahal, ia merupakan satu di antara sekian pemain muda dengan potensi besar.

Buktinya, Brahim Diaz mencatatkan 15 penampilan bersama tim senior Manchester City. Lalu, pada 2018-2019, ketika usiaya menginjak 19 tahun, manajemen klub memutuskan untuk menjualnya ke Real Madrid dengan dana segar 15,5 juta pounds.

 

11 dari 14 halaman

Wayne Hennessey

Selain Loris Karius dan Kasper Schmeichel, satu kiper lain yang pernah berseragam Manchester City adalah Wayne Hennessey, penjaga gawang asal Wales yang kini bermain untuk Crystal Palace.

Wayne Hennessey memulai kariernya sebagai pemain magang di Manchester City, sehingga tak heran ia tidak sempat mencicipi penampilan di tim senior. Pada 2003, ia pindah ke Wolverhampton Wanderers dan dengan cepat menjadi kiper utama pada usia 20 tahun pada 2007.

 

12 dari 14 halaman

Joey Barton

Si bengal Joey Barton menjadi nama berikutnya yang pernah berseragam Manchester City namun tak banyak yang mengingatnya. Ya, ia lebih dikenal karena acap kali berulah, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Namun sejatinya, Joey Barton merupakan pemain yang punya kualitas dan determinasi. Perjalanan kariernya cukup beragam, di mana ia pernah bermain untuk Marseille, klub raksasa Prancis.

 

13 dari 14 halaman

Pemain Lain

Shaun Wright-Philipps

Bradley Wright-Philipps

Stephen Ireland

Nedum Onuoha

Jeremy Helan

Abdul Razak

Micah Richards

Dedryck Boyata

Jeremie Frimpong

Rabbi Matondo

David Brooks

Ben Mee

Rony Lopes

Pablo Mari

Martin Samuelsen

Jose Angel Pozo

 

Sumber: Squawka

14 dari 14 halaman

Video

3 Pemain Pengganti Sadio Mane di Liverpool, Termasuk Philippe Coutinho

Video Populer

Foto Populer