Sukses


BERITA INFOGRAFIS: Mohamed Salah Dalam Angka, Raja Mesir di Liverpool

Bola.com, Jakarta Liverpool mengumumkan transfer Mohamed Salah dengan nilai 36,9 juta poundsterling. Mohamed Salah menjadi pesepak bola fenomenal sejak bergabung bersama Liverpool. Ia tampil istimewa pada musim pertamanya dengan berhasil mencetak 44 gol di semua ajang kompetisi. Berkat gol-golnya itu, dia didapuk sebagai pemain terbaik Premier League 2017-2018 versi PFA. 

Mohamed Salah juga memecahkan sejumlah rekor. Mohomed Salah bergabung dengan pemain legendaris seperti Ian Rush dan Roger Hunt. Salah berstatus pemain Liverpool yang mencetak 40 gol lebih dalam satu musim.

Dia begitu populer di Mesir, bahkan mungkin pendapat Salah lebih didengar daripada ucapan politisi dan pejabat Mesir. Terbukti, wajah Salah pernah terpampang pada sampul Time Magazine pada edisi "TIME 100" tentang orang-orang paling berpengaruh di planet bumi tahun 2019. Melalui sepak bola, Salah bisa mengubah banyak hal.

Mohamed Salah juga menjadi aktor penentu lolosnya timnas Mesir ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 silam.Tak hanya dipuja fans Liverpool, nama Mohamed Salah juga makin dikenal di seluruh dunia. Hal inilah yang membuatnya mendapatkan julukan King of Egypt. Dia meneruskan jejak pemain-pemain Afrika terbaik yang pernah memamerkan permainan mereka di Premier League.

2 dari 2 halaman

Statistik Mohamed Salah

Mohamed Salah lahir pada 15 Juni tahun 1992 di Basyoun, sebuah kota di utara Kairo, Mesir. Sebelum menjelma menjadi pemain bintang di Liverpool, ia memulai kariernya di klub bernama El Mokawloon.Karier Mohamed Salah di Mesir menanjak pada Maret 2010 ketika promosi ke tim utama El Mokawloon. Selama tahun 2011-2012, ia menjadi selalu starter. Pada tahun 2012, kariernya di Eropa mulai terbuka ketika Mesir menjamu tim asal Swis, Basel FC. Kala itu, Mohamed Salah berhasil mencetak 2 gol. Melihat sepak terjangnya, sebulan kemudian Basel mengontraknya selama 4 tahun. 

Mohamed Salah lantas menjadi starter penting di kubu Basel yang pada musim 2012-2013 menjuarai liga domestik. Salah dianggap sebagai Pemain Paling Berharga di Swis Super League dan ia juga memenangkan penghargaan Swis Golden Player. Mohamed Salah juga pernah berseragam Chelsea. Namun, kariernya bersama The Blues kurang cemerlang. Ia lebih sering duduk di kursi cadangan.

Pada tahun 2015, Salah pindah ke Fiorentina dengan status pemain pinjaman. Bersama Fiorentina, Mohamed Salah mampu mencetak 9 gol dan mencatatkan 4 asist dalam 26 pertandingan. Penampilan impresifnya membuat Fiorentina, yang sebelumnya hanya meminjam Salah dari Chelsea, memutuskan untuk mempermanenkannya. Namun, Salah menolak dan dia pun hanya bertahan semusim di sana.

Klub selanjutnya yang dia bela adalah AS Roma. Mohamed Salah tampil lebih ganas bersama tim Serigala Ibu Kota tersebut. Dalam 83 penampilannya bersama Roma, Salah mampu mencetak 34 gol dan memberikan 24 asis kepada rekan-rekannya.

Menyusul performanya yang konsisten di Roma membawa mereka ke tempat kedua dan rekor poin total tahun 2017, Mohamed Salah kembali ke Premier League untuk bergabung dengan Liverpool. Tak hanya di skala Eropa, Salah juga unjuk gigi di skala internasional. Bersama tim nasional Mesir, Mohamed Salah menjadi pemain terpenting yang membawa negaranya menuju pentas Piala Dunia.

Video Populer

Foto Populer