Sukses


5 Bek Tengah Terbaik Sepanjang Sejarah Premier League, Mulai dari Rio Ferdinand Hingga John Terry

Bola.com, Jakarta - Sejak dulu, Premier League menjadi tempat berkumpulnya para pemain berkualitas dari seluruh penjuru dunia. Hal itu membuat persaingan untuk bermain di klub Premier League sangat ketat.

Para pemain akhirnya dituntut untuk bisa tampil impresif dan konsisten jika ingin terus menghuni tim utama di Premier League. Tak hanya di lini belakang, persaingan di lini belakang juga sangat kompetitif.

Walhasil, bermunculanlah bek-bek tengah terbaik. Para pemain belakang di Premier League dikenal keras dan tanpa ampun.

Semuanya dilakukan untuk bisa menjaga lini belakang dari gempuran lawan. Ketangguhan mereka di lini belakang menjadi kunci dari kehebatan klubnya dalam meraih gelar juara.

Wajar bila peran mereka sangat besar dalam tim. Penampilan apik tersebut membuat mereka bahkan menjadi kapten hingga legenda di klub.

Squawka mencatatkan ada 15 bek tengah terbaik dalam sepanjang sejarah Premier League. Namun, Bola.com hanya berfokus pada lima nama teratas dengan acuan jumlah penampilan, kualitas, serta persembahan gelar kepada klubnya. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

Nemanja Vidic

Nemanja Vidic menjadi kekuatan yang sempurna buat Manchester United di Premier League. Kehadiran pemain asal Serbia membuat lini belakang Manchester United disegani lawan.

Vidic tercatat mengumpulkan 211 penampilan rentang 2006-2014. Sepanjang kariernya, Vidic dikenal sebagai bek yang tangguh, bertenaga, dan berani melakukan duel bola-bola udara.

Penampilan apiknya di lini belakang membuat Manchester United menjadi klub yang superior. Vidic tercatat mempersembahkan lima gelar Premier League, lima gelar Community Shield, tiga gelar Piala Liga Inggris, dan masing-masing satu gelar untuk Piala Dunia Antarklub dan Liga Champions.

3 dari 7 halaman

Tony Adams

Tony Adams adalah bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Arsenal. Pemain asal Inggris itu sepanjang kariernya hanya membela Arsenal dan telah berhasil memimpin klubnya sebagai kapten.

Memiliki postur 191 cm membuat Tony Adams menjadi momok buat lawan di lini belakang. Tony Adams berhasil mengumpulkan 255 penampilan buat Meriam London sepanjang 1992-2002.

Ketangguhan Tony Adams di lini belakang juga menjadi keuntungan buat Arsenal. Bersama Tony Adams, klub asal London Utara berhasil meraih tiga gelar Piala FA, dua gelar Premier League, dua gelar Community Shield, dan satu gelar Piala Liga Inggris.

4 dari 7 halaman

Sol Cambell

Sol Campbell berkarier di Premier League selama 17 tahun. Pemain asal Inggris tercatat telah memperkuat Tottenham Hotspur, Arsenal, hingga Portsmouth.

Ketangguhannya di lini belakang membuat Sol Campbell berhasil mempersembahkan gelar untuk klubnya. Di Tottenham Hotspur, Sol Campbell mempersembahkan gelar Piala Liga Inggris, di Arsenal meraih dua gelar Premier League dan dua gelar Piala FA, adapun di Portsmouth dia juga berhasil mempersembahkan gelar Piala FA.

Memiliki postur tubuh 188 cm membuat Sol Campbell menjadi tembok kukuh di lini belakang. Sepanjang kariernya, Sol Campbell berhasil mengumpulkan 503 penampilan.

5 dari 7 halaman

Rio Ferdinand

Kehadiran Rio Ferdinand di lini belakang membuat Manchester United sulit dibobol. Pemain asal Inggris itu bisa dikatakan sebagai bek tengah yang komplet.

Rio Ferdinand juga dikenal sebagai bek yang tanpa ampun. Rio Ferdinand tak gentar berduel dengan lawan untuk menjaga daerahnya dari gempuran.

Rio Ferdinand tercatat mengumpulkan 503 penampilan bersama Manchester United rentang 1995-2015. Pencapaian terbaiknya adalah mempersembahkan enam gelar Premier League, enam gelar Community Shield, tiga gelar Piala Liga Inggris, dan satu gelar Piala Dunia Antarklub serta Liga Champions.

6 dari 7 halaman

John Terry

John Terry bisa disebut sebagai bek tengah terbaik dalam sejarah Premier League. Kehadirannya di lini belakang membuat Chelsea menjadi tim yang sukar ditembus.

Terry berani berduel di belakang demi menjaga areanya dari lawan. Selain itu, Terry merupakan sosok kapten yang baik dalam memberikan instruksi kepada rekannya di lapangan.

John Terry tercatat membela Chelsea rentang 1998-2017 dan mengumpulkan 492 penampilan. Pemain asal Inggris juga berkontribusi memberikan lima gelar Premier League, lima gelar Piala FA, empat gelar Community Shield, tiga gelar Piala Liga Inggris, dan satu gelar masing-masing Liga Europa dan Liga Champions.

Sumber: Squawka

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

10 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Termasuk Nathan Ake

Video Populer

Foto Populer