Sukses


Kiprah dan Prestasi 6 Pemain Belanda di Manchester United Sebelum Donny van de Beek

Bola.com, Jakarta - Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek, sudah sepakat pindah ke Manchester United pada musim panas ini. Kedua klub dikabarkan segera mengumumkan secara resmi kepindahan Van de Beek dalam waktu dekat. 

Manchester United merogoh kocek senilai 40 juta ke Ajax untuk memboyong Van de Beek, serta ada bonus 5 juta euro, apabila sang pemain dapat berprestasi di klub.

Kabarnya, jebolan akademi Ajax Amsterdam ini sudah selesai menjalani tes medis di Belanda pada Senin (31/8/2020) dan tinggal menunggu pengumuman resmi dari masing-masing klub.

Dengan terwujudnya transfer pemain berusia 23 tahun tersebut ke kubu United, semakin memperpanjang rekor Red Devils yang memiliki minat yang tinggi terhadap talenta dari Negeri Kincir Angin sejak dulu.

Setidaknya, dalam 20 tahun terakhir, sudah ada enam pemain top berkebangasaan Belanda yang pernah membela Setan Merah. Lantas siapa saja pendahulu Donny van de Beek di Manchester United? Simak selengkapnya di bawah ini.

 

2 dari 7 halaman

1. Jaap Stam

Didatangkan United dari PSV Eindhoven pada 1998, Jaap Stam cukup mendongkrak prestasi klub ketika itu. Selama tiga musim bersama Setan Merah, pemain bertinggi 190 cm ini menyumbang total lima trofi domestik dan satu trofi bergengsi di benua Eropa yaitu Liga Champions.

Pemain yang memiliki ciri khas kepala plontos itu mencatatkan 127 laga dan 1 gol selama berkarir di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Namun, hubungan keduanya tidak berjalan harmonis dan Jaap Stam didepak ke Lazio pada 2001.

 

3 dari 7 halaman

2. Ruud van Nistelrooy

Setelah ditinggal Jaap Stam pada 2001, Manchester United tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mencari talenta Belanda berbakat lainnya. Klub yang bermarkas di Old Trafford ini mendatangkan seorang striker yang haus gol dan memiliki insting serang yang tinggi yaitu Ruud van Nistelrooy.

Selama lima musim berseragam Setan Merah, pemain bernomor punggung 10 ini membukukan total 150 gol dari 219 penampilan.

 

4 dari 7 halaman

3. Edwin van der Sar

Periode 2005-2011 menjadi tahun yang bersejarah bagi Manchester United karena punya penjaga gawang hebat yang bisa melepas bayang-bayang Peter Schmeichel, salah satu kiper legenda United era 90an.

Edwin van der Sar berhasil menarik perhatian manajer Manchester United kala itu, Sir Alex Ferguson. Edwin van de Sar meninggalkan Fulham dan bergabung dengan Setan Merah.

Ia berhasil mencatatkan 266 penampilan selama berkarier dan hampir tidak pernah tergantikan. Penjaga gawang berkebangsaan Belanda ini berhasil menjadi salah satu kiper terbaik di Eropa pada zamannya.

 

5 dari 7 halaman

4. Robin van Persie

Striker jangkung yang memiliki skill mengolah bola yang baik dan sundulan mematikan ini memutuskan meninggalkan Arsenal pada 2012 dan bergabung dengan The Red Devils.

Salah satu faktor kepindahannya adalah untuk mendapatkan trofi Premier League, karena ia percaya dengan kualitas dan kepemimpinan Sir Alex Ferguson.

Tak butuh lama setelah kepindahannya, di musim 2012-2013, ia langsung mendapatkan trofi yang sudah diidamkannya sejak lama dengan Manchester United.

Selain itu, The Flying Dutchman berhasil menjadi top scorer dengan torehan 26 gol melewati pesaing utamanya yaitu Luis Suarez.

 

6 dari 7 halaman

5. Daley Blind

Louis van Gaal, manajer Manchester United kala itu, berhasil mendatangkan Daley Blind dari Ajax Amsterdam dan sempat menjadi pilihan utamanya. Namun, hal buruk menimpa pemain berusia 30 tahun tersebut ketika sedang membela negaranya di ajang Kualifikasi UEFA Euro 2016.

Pemain bernomor punggung 17 ini terkena cedera yang mengharuskan ia merelakan posisi di tempat utamanya. Setelah selesai dengan masalah cedera ia berhasil bangkit. Namun, kedatangan Marcos Rojo membuat posisinya kembali tergeser.

Akhirnya pada 2018, Blind memilih meninggalkan United dan kembali dengan klub lamanya.

 

7 dari 7 halaman

6. Memphis Depay

Kapten Lyon ini pernah membela Setan Merah selama dua musim. Namun, kariernya tidak cukup gemilang karena hanya mencatatkan 57 caps dan tujuh gol saja selama berseragam United.

Pemain berusia 26 tahun tersebut kalah bersaing dengan penyerang The Red Devils kala itu seperti Marcus Rashford dan Anthony Martial. Hal itu membuat ia memutuskan untuk angkat kaki dari Old Trafford dan memilih bergabung dengan klub Liga Prancis yaitu Olympique Lyon.

Sumber: Sportkeeda

Disadur dari: Bola.net (Penulis Hendra Wijaya/Editor Asad Arifin, published 2/9/2020)

Video Populer

Foto Populer