Sukses


Liga Inggris: CEO Manchester United, Ed Woodward, Menjawab Fans Seusai Kekalahan dari Crystal Palace

Bola.com, Jakarta Kekalahan memilukan dan memalukan Manchester United 1-3 dari Crystal Palace pada pekan kedua Liga Inggris membuat para suporter mencerca Ole Gunnar Solskjaer. Sang pelatih pada pascapertandingan pun sudah memberi sinyal kepada manajemen bahwa dirinya membutuhkan pemain baru. CEO klub, Ed Woodward, pun akhirnya buka suara menyapa publik untuk meredam kegaduhan di internet. 

Kepada Talksport Woodward menegaskan bahwa ia menyesalkan bahwa dua incaran Manchester United dari Real Madrid, Sergio Reguilon dan Gareth Bale, justru bergabung dengan Tottenham. Pernyataan sebelum pertandingan melawan Crystal Palace itu diulangi sesudah laga dan ia menyebut bahwa Ole terus bekerja untuk mendatangkan pemain yang sesuai dan hasilnya bek kiri Porto, Alex Telles, sudah menyetujui negosiasi personal untuk selanjutnya menunggu hasil tes kesehatan sebelum resmi merapat ke Old Trafford. 

Woodward juga sependapat dengan seruan fans United bahwa penampilan Setan Merah yang jelek melawan Palace adalah sebuah sinyal bahwa rekrutmen pemain baru sangatlah mendesak. Gol tunggal yang dicetak gelandang baru United pada Sabtu (19/9/2020), Donny van de Beek, sedikit mengobati luka hati para pendukung dan menguatkan opini soal pengaruh pembelian pemain pada performa klub. 

2 dari 3 halaman

Mencari Pemain Bermental Positif

Gelandang kreatif dan agresif yang dibeli dari Ajax senilai 35 juta pound (Rp 667,9 miliar) itu langsung memperlihatkan bahwa pemain baru yang masih segar dan bermental positif seperti Van de Beek akan mengubah karakter medioker United. Mentalitas yang sama juga disebut-sebut dimiliki Telles, yang dibanderol 17 juta pound (Rp 324,4 miliar).

Van de Beek berumur 23 tahun sedangkan Telles 27 tahun. Faktor usia ini jugalah yang mempengaruhi perbedaan nilai kedua pemain. The Guardian menyebut Telles yang berdarah Brasil kelak mungkin memiliki usia produktif yang tidak sepanjang Van de Beek di barisan pemain Ole, namun kematangan pilar Selecao tersebut bisa menginspirasi klub yang sering kehilangan arah dan lemah dalam beradu pengaruh dengan lawan di lapangan.

Kini para penggemar menantikan realisasi janji Woodward dalam manuver klub untuk mendapatkan penyerang andalan Dortmund, Jadon Sancho. Pemain berumur 20 tahun yang sudah dipercaya membela timnas Inggris tersebut dinilai memiliki mental juara. Pemuda keturunan Trinidad-Tobago tersebut terbukti tetap tampil konsisten ketika hijrah dari Inggris ke Jerman tiga tahun silam dan mampu terus beradaptasi setelah sebelumnya digembleng di youth team Watford dan Manchester City. 

 

3 dari 3 halaman

Kemungkinan Sancho Terus Dikejar

Menariknya, untuk Ole sendiri kekalahan 1-3 dari Palace bisa menyulut perubahan keputusan Woodward, yang sebelumnya menyatakan harga Sancho senilai 80 juta pound (Rp 1,5 triliun) berada di luar jangkauan klub. 

"Disrupsi yang disebabkan pandemi terus berlanjut untuk menciptakan tekanan ekonomi pada puncak dan dasar piramida bisnis sepak bola dan Manchester United tidak kebal terhadap pengaruh itu," sebut Woodward sebelum duel melawan Crystal Palace. "Kami akan tetap berkonsentrasi untuk berinvestasi secara rasional dengan fokus menarik pemain remaja dari akademi sepak bola top Eropa seperti Marc Jurado dari Barcelona dan Alvaro Fernandez Carreras dari Real Madrid."

Perubahan arah kebijakan untuk memastikan penampilan United saat ini, bukan sekadar di masa depan, bisa segera membaik memang diperlukan tapi Woodward mengaku hanya menyanggupi memboyong Sancho dari Dortmund dengan nilai 60 juta pound (Rp 1,1 triliun) saja. Kini publik jelas menunggu apakah para petinggi klub merespons perkembangan terakhir di lapangan dengan berupaya mengalihkan investasi masa depan ke masa sekarang.

Ed Woodward yang jelas sudah langsung menelpon Ole Gunnar Solskjaer setelah Manchester United kalah dari Crystal Palace di Liga Inggris untuk memastikan Ole mendapatkan dukungannya di tengah caci maki netizen. Seperti apa dukungan itu diterjemahkan ke proses pembelian pemain? Hal itu yang harus ditunggu pada sepanjang pekan depan. Ingat, jendela masa pembelian pemain akan ditutup pada 5 Oktober mendatang. 

 

Highlights Mola TV: Manchester United 0 vs 0 Chelsea | Liga Inggris | (24/10/2020)

Video Populer

Foto Populer