Sukses


Tuah Formasi Aneh Eksperimen Jose Mourinho saat Tottenham Hotspur Gebuk Chelsea di Carabao Cup

Bola.com, Jakarta - Tottenham Hotspur menggebuk Chelsea lewat drama adu penalti 5-4 (1-1) untuk mengamankan tiket ke perempat final Piala Carabao. Dalam laga yang digelar di Tottenham Stadium, London, Rabu (30/9/2020) Jose Mourinho mengusung formasi tak biasa.

Tottenham memainkan formasi aneh dalam laga ini. Mereka bermain dengan skema 3-5-2, di mana di depan duet penyerang diisi Steven Bergwijn dan Eric Lamela. Penyerang utama, Harry Kane, baru diturunkan pada 20 menit akhir laga.

Di lini belakang The Special One juga berjudi menurunkan Japhet Tanganga di barisan trio bek, sekalipun sang pemain muda sama sekali tak bermain bermain di masa preseason atau sejumlah laga di awal musim.

Pilihan ini dilakukan Jose karena tim asuhannya  sebelumnya baru saja menjalani duel berat kontra Newcastle United di pentas Premier League. Setelah bersua The Blues, mereka kembali akan bertarung di Kualifikasi Liga Europa menghadapi Maccabi Haifa. Selanjutnya Tottenham masih harus bersua Manchester United di ajang Liga Inggris pada akhir pekan nanti.

Suka atau tidak, Jose Mourinho harus melakukan rotasi skuat. Ia tidak mau mengambil risiko memainkan pemain andalannya terus menerus.

Gara-gara jadwal pada dua pekan terakhir yang dijalani Spurs, penyerang sayap mereka, Son Heung-min, tumbang karena cedera hamstring.

"Kami punya rencana taktik, dan berusaha menjalankannya sebaik mungkin. Formasi ini belum pernah kami coba, tapi kami tak punya pilihan lain. Saya harus memaksimalkan pemain yang ada, formasi menyesuaikan dengan ketersediaan pemain," kata pelatih asal Portugal itu.

Jose sebelum laga berujar kepada para pemainnya, bahwa mereka berada dalam posisi sulit. "Saya selalu ingin menang, tapi konsentrasi saya dan para asisten terpecah ke tiga pertandingan. Hal itu tidak mudah. Pemain harus bisa berkompromi dengan kondisi ini. Saya minta mereka hanya fokus pada pertandingan ke Chelsea. Saya tahu beberapa di antara mereka ingin bermain, tapi situasinya tak memungkinkan, membahayakan keselamatan mereka," katanya.

Dengan skema yang tak biasa, The Special One mengaku puas dengan kinerja anak-asuhnya. "Mereka bertarung dengan sungguh-sungguh sepanjang laga. Kami bermain amat dinamis. Apa yang mereka tunjukkan luar biasa," tutur Jose Mourinho.

Saat ditanya apa yang diucapkan para pemain saat jeda 45 menit pertama, Jose berujar: "Tak banyak yang saya lakukan. Saya hanya meminta mereka bermain lebih agresif, menjalankan rencana taktik yang kami telah siapkan. Hal ini penting, karena lawan yang kami hadapi tim sekuat Chelsea," ucap pelatih yang juga pernah menukangi The Blues itu.

 

 

2 dari 4 halaman

Paruh Kedua Lebih Agresif

Pada paruh pertama laga, Chelsea mendominasi pertandingan. Spurs yang banyak menurunkan pemain serep terintimidasi oleh Cesar Azpilicueta cs.

Tottenham terlebih dahulu tertinggal di paruh pertama lewat gol Timo Werner pada menit ke-19. Spurs menyamakan kedudukan lewat lesakan gol Eric Lamela pada menit ke-84.

Pertandingan harus dilanjutkan dengan tos-tosan seusai 90 menit laga skor tak berubah.

Lima eksekutor Tottenham sempurna menjalani tugas penaltinya. Sebaliknya, penendang ke-5 Chelsea, Mason Mount, gagal menjebol gawang Hugo Lloris. Tendangannya melebar ke sisi kanan.

Gol balasan tercipta dipicu perubahan taktik cerdik Jose. Ia memasukkan Pierre-Emile Hoejbjerg, supaya duo Tanguy Ndombele dan Moussa Sissoko lebih berani naik menyerang. Formasi Tottenham berubah menjadi 4-4-2, sang mentor menarik keluar Japhet Tanganga dan memasukkan Harry Kane.

Skema ini membuat permainan Tottenham Hotspur lebih agresif dan menggigit yang berujung terciptanya gol penyama kedudukan.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Eric Dier, Japhet Tanganga (Harry Kane 70'); Serge Aurier, Gedson Fernandes (Pierre-Emile Hojbjerg 63'), Tanguy Ndombele, Moussa Sissoko, Sergio Reguilon; Steven Bergwijn (Lucas Moura 76'), Erik Lamela.
  • Chelsea: Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Ben Chilwell (Emerson 66'); Jorginho, Mateo Kovacic (N'Golo Kante 70'); Callum Hudson-Odoi, Mason Mount, Timo Werner; Olivier Giroud (Tammy Abraham 76')

Sumber: Sky Sports

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer