Sukses


Liga Inggris: Marcelo Bielsa Ungkap Keunikan Pep Guardiola, Tak Bisa Disamai Pelatih Lain

Bola.com, Leeds - Duel Leeds United melawan Manchester City pada lanjutan Liga Inggris di Elland Road, Sabtu (3/10/2020), akan menjadi ajang head to head dua manajer dengan reputasi hebat, Marcelo Bielsa melawan Pep Guardiola. 

Mereka akan berduel untuk kali pertama di Premier League, menyusul keberhasilan Leeds United berhasil promosi setelah 16 tahun. Bentrok Marcelo Bielsa dan Pep Guardiola juga kerap didapuk sebagai pertemuan guru vs murid.

Dalam beberapa kesempatan, Pep Guardiola kerap melontarkan sanjungan atas kehebatan Marcelo Bielsa sebagai pelatih di kancah sepak bola. Bahkan Guardiola mengklaim teknik melatih Bielsa sangat berpengaruh pada dunia sepak bola modern termasuk dirinya. 

Guardiola pernah menyebut Bielsa sebagai pelatih terhebat di dunia setelah mereka bersahabat pada 2006. Saat itu, Guardiola datang ke Amerika Selatan untuk bertemu dengan Bielsa. 

Namun, Bielsa menepis klaim bahwa dirinya adalah mentor Guardiola. Menurutnya, kemampuan Guardiola didapatkannya sendiri, bukan karena pengaruh darinya. Bahkan, Bielsa menganggap Guardiola sebagai pelatih unik, karena tim besutannya sangat berbeda dengan yang lain. 

"Saya tidak merasa sebagai mentor Guardiola. Itu yang saya rasakan. Memang seperti itu," kata Bielsa, seperti dilansir AP, Sabtu (3/10/2020). 

"Jika ada manajer yang independen dengan idenya sendiri, itu adalah Guardiola. Ini bukan hanya karena saya berkata demikian, itu karena timnya bermain tidak seperti tim lain," imbuh Marcelo Bielsa

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Puji Kehebatan Guardiola di Barcelona

Mereka pernah adu taktik di Liga Spanyol pada musim 2011/2012 ketika Bielsa menangani Athletic Bilbao dan Guardiola pada musim terakhirnya mengarsiteki Barcelona. 

Saat itu, Bilbao bermain imbang 2-2 dengan Barca di kandang dan kalah 0-2 ketika melawat ke Camp Nou

"Kenangan yang saya miliki (tentang Guardiola di Barcelona) adalah mereka berhasil menetralkan upaya kami untuk memaksakan diri,” kata Bielsa.

"Setiap tim yang bertemu Barcelona dalam empat tahun itu akan memberi jawaban yang sama. Banyak yang meyakini bahwa Barcelona saat itu adalah tim terbaik yang pernah dibangun," puji Bielsa. 

Sumber: AP

 

Pep Guardiola Punya Jurus Jitu untuk Redam Lionel Messi, Neymar dan Kylian Mbappe

Video Populer

Foto Populer