Sukses


Liga Inggris: Arsene Wenger Ogah Jadi Pejabat Teras Arsenal, Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengungkapkan alasan mengapa ia tak akan pernah mau menjabat sebagai Direktur Sepak Bola di Emirates Stadium.

Saat ini Arsene Wenger menduduki posisi strategis sebagai Kepala Global Football Development di FIFA. Ia telah melakukannya sejak 2018 meski beberapa kali digosipkan bakal kembali menjadi manajer.

Mengenai gosip kembali ke Arsenal, Arsene Wenger tak menyangkal tertarik melakukannya. Hanya saja, ia enggan berperan sebagai Direktur Sepak Bola.

"Saya lebih tertarik menjadi penasihat Arsenal saja dari pada peran lainnya," kata Wenger dilansir The Guardian.

"Saya yakin ada banyak cara untuk bisa sukses di sepak bola. Contohnya, ada Bayern Munchen yang diisi oleh orang-orang yang tahu betul nilai klub. Mereka punya Franz Beckenbauer, Uli Hoeness dan Karl-Heinze Rummenigge," katanya lagi.

Arsene Wenger lalu menjelaskan bahwa klub di Inggris rata-rata dihuni oleh orang-orang yang mementingkan sukses secara instan. Itu dilakukan dengan kekuatan uang.

"Modelnya di Inggris itu kekuatan uang demi meraih profit dan sukses secara instan. Keduanya memang bisa bekerja dengan baik. Saya lebih suka memandangnya dari sudut pandang bahwa klub adalah identitas dan pengetahuan yang ditransfer dari generasi ke generasi. Itu yang saya lihat," ujar manajer tersukses Arsenal itu.

 

Video

2 dari 2 halaman

Saran buat Arteta

Meski demikian, Arsene Wenger yakin bahwa Mikel Arteta dan jajaran staf Arsenal saat ini bisa memberikan dampak positif. Ia memberikan beberapa saran.

"Arteta harus terus mempertahankan grip-nya di Arsenal. Dengan semangat tim saat ini, saya yakin mereka bisa menunjukkan hasil positif," katanya.

"Arsenal bisa menembus empat besar, bahkan lebih. Tahun ini saya yakin akan ada kejutan. Pertahanan mereka kuat, mereka juga sukses mempertahankan pemain kunci musim lalu."

Sumber: The Guardian

Video Populer

Foto Populer