Sukses


Liga Inggris: Cerita Pahit Liverpool Hampir Dapatkan Cristiano Ronaldo dengan Murah Meriah, tapi Dipecundangi Manchester United

Bola.com, Liverpool - Liverpool ternyata pernah meyakini tinggal selangkah lagi mendapatkan Cristiano Ronaldo dari Sporting Lisbon pada 2003 dengan harga murah meriah.

Namun, misi The Reds gagal total setelah Manchester United tiba-tiba menyalip dan memboyong Ronaldo dengan harga tiga kali lipat lebih mahal dibanding yang diyakini telah disepakati Liverpool.  

Sir Alex Ferguson, yang saat itu melatih Manchester United, memboyong Cristiano Ronaldo pada Agustus 2003 dengan nominal transfer 12,2 juta pounds. Setan Merah berhasil memenangi persaingan dengan tim-tim raksasa seperti Barcelona, Juventus, dan Arsenal yang juga meminati pemain berkebangsaan Portugal itu.

Namun, saat ini muncul cerita Liverpool dulu sempat yakin punya dasar untuk mencapai kesepakatan dengan Ronaldo, hanya seharga 4 juta pounds. 

Cerita pahit kegagalan Liverpool merekrut Ronaldo diungkapkan asisten manajer The Reds saat itu, Phil Thompson, melalui The Athletic, Rabu (14/10/2020). 

Perburuan The Reds terhadap Ronaldo dimulai setelah mereka melihat penampilan gemilang sang pemain pada laga Sporting Lisbon melawan Porto. Setelah pertandingan, Phil Thompson pergi makan malam bersama di Porto bersama agen pemain sepak bola, Tony Henry. Harga transfer Ronaldo menjadi subjek pembicaraan. 

"Saya masih mengingat dengan jelas kata-kata Tony. Saat itu pembicaraan berlangsung menyenangkan dan santai. Dia bilang harga Ronaldo 4 juta pounds dan bisa dibayar selama empat tahun kontraknya, jadi setahun hanya 1 juta pounds," kenang Thompson, seperti dilansir Daily Mail. 

"Harga itu terlihat masuk akal. Saya kemudian bertanya tentang gaji Ronaldo dan Tony bilang gajinya 1 juta pounds per tahun, sudah bersih," imbuh Thompson.  

Meskipun keberatan dengan nominal gaji Cristiano Ronaldo, yang saat itu baru berusia 18 tahun, Liverpool masih berminat memboyong pemain yang dinilai memiliki bakat istimewa itu. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Kabar yang Bikin Tersedak

Saat itu, Liverpool meyakini telah dekat dengan kesepakatan untuk merekrut pemain sayap itu seharga 4 juta pounds, meskipun persyaratan pribadi belum disepakati.

Manajer Liverpool saat itu, Gerard Houlier, juga langsung melihat aksi Ronaldo. Ia terbang ke turnamen di Toulon untuk menyaksikan Ronaldo bermain untuk Timnas Portugal U-20. 

Namun, semuanya berubah dengan cepat. Tanpa disangka, Ronaldo tiba-tiba sudah resmi gabung ke Manchester United, dengan nominal transfer jauh lebih tinggi. 

"Pada Selasa pagi, kami sarapan di kompleks latihan klub dan muncul berita di Sky Sports bahwa Manchester United memboyong Cristiano Ronaldo dengan harga 12,2 juta pounds," tutur Thompson. 

"Gerard dan saya sendiri hampir tersedak makanan. Saya ingat Gerard melompat dan berkata, 'Apa yang terjadi di sana?'," imbuh Thompson. 

Liverpool hanya bisa menyesali nasib karena kurang sigap mengamankan tanda tangan Ronaldo. Apalagi, Ronaldo kemudian berkembang menjadi salah satu pemain terbaik dunia selama enam tahun di Manchester United. 

Setelah memenangi tiga titel Premier League, satu trofi Liga Champions, dan Ballon d'Or pertanya, Ronaldo pindah ke Real Madrid pada 2009 dengan banderol 80 juta pounds, yang saat itu memecahkan rekor transfer dunia. 

Sumber: The Athletic, Daily Mail 

 

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • SportBites

  • Premier League

Video Populer

Foto Populer