Sukses


Imbang Lawan Manchester City, Liverpool Lengser dari Puncak Klasemen Liga Inggris

Bola.com, Manchester - Manchester City gagal menjegal Liverpool pada lanjutan Liga Inggris 2020/2021 di Stadion Etihad, Senin (9/11/2020) dini hari WIB. Kedua tim berbagi skor 1-1. 

Di laga ini Manchester City membuat lima perubahan dari skuad yang sebelumnya meraih kemenangan di Liga Champions. Di antaranya masuknya lagi Gabriel Jesus, lalu ada Phil Foden dan Ruben Dias.

Liverpool membuat kejutan besar. Mereka memakai formasi 4-2-3-1 dan menurunkan kuartet penyerang; Mohamed Salah, Sadio Mane, Diogo Jota, dan Roberto Firmino. 

Gol Manchester City dihasilkan oleh Gabriel Jesus. Sementara itu gol Liverpool dicetak Mohamed Salah.

Pertandingan ini diwarnai dua penalti, satu untuk Liverpool dan satu untuk Manchester City. Namun, hadiah penalti untuk The Citizen gagal dikonversi menjadi gol. 

Manchester City sebenarnya mendapat peluang meraih kemenangan. Akan tetapi penalti Kevin De Bruyne meleset dari sasaran.

Liverpool seperti biasa tampil agresif begitu laga dimulai. Mereka langsung menekan Manchester City.

Liverpool bahkan hampir mencetak gol pada menit kedua jika saja Ederson tak menggagalkan peluang Jota. Mane juga sempat nyaris mencetak gol jika saja bola tak bisa dihalau barisan belakang The Citizen.

Lalu pada menit ke-13, mereka sudah berhasil unggul melalui penalti Salah. Hadiah dari titik 12 pas diberikan setelah Walker sebelumnya dianggap melanggar Mane.

Manchester City kemudian berusaha bangkit. Namun mereka cukup kesulitan membangun serangan yang berbahaya. Pada menit ke-27, Wijnaldum membuat kesalahan yang membuat De Bruyne bisa merebut bola tak jauh dari kotak penalti. Pemain Belgia itu kemudian mengirim umpan silang ke tiang jauh dan diterima sterling. Untungnya, eksekusinya masih bisa diblok oleh Alisson.

Usaha City akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-32. City menyerang dari sayap kanan melalui Walker, yang kemudian mengumpankan bola pada De Bruyne. Pemain asal Belgia ini lantas mengumpan pada Jesus, yang dengan cerdik mengecoh Trent. Ia kemudian dengan mudah menaklukkan Alisson dengan cocoran kaki kirinya. 1-1.

Satu menit kemudian, City nyaris berbalik unggul. De Bruyne mendapat ruang tembak tak jauh dari luar kotak penalti. Untung bola tendangannya masih melesat tipis ke sisi kanan gawang Alisson.

Pada menit ke-41, City mendapat hadiah penalti. Joe Gomez divonis melakukan handball usai wasit melihat VAR. Namun eksekusi De Bruyne meleset tipis ke samping kanan gawang Liverpool meski Alisson sudah terkecoh.

Pada menit ke-44, Liverpool mendapat peluang melalui serangan balik. Namun tendangan Trent masih bisa dimentahkan Ederson. The Reds sempat mendapat peluang lagi semenit kemudian. Namun counter attack mereka berantakan karena salah passing Jota pada Salah.

Pada akhirnya laga babak pertama tak menghasilkan gol lagi. Manchester City 1-1 Liverpool.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Babak Kedua 

Di babak kedua, Manchester City dan Liverpool sama-sama langsung tancap gas. Mereka langsung beradu serangan.

Setelah duel berlangsung tanpa gol dalam tempo kurang dari 10 menit, Liverpool melakukan pergantian. Shaqiri masuk menggantikan Firmino.

Tak lama kemudian City juga melakukan pergantian pemain. Bernardo Silva masuk menggantikan Torres. Sayangnya setelah itu tempo permainan menurun. Tak banyak peluang yang tercipta dari kedua kubu.

Namun jelang akhir laga, Man City lebih dominan dalam penguasaan bola. Sayangnya mereka tak bisa menciptakan peluang berbahaya ke gawang Liverpool.

Pada akhirnya meski laga diberi tambahan waktu empat menit, tak ada lagi gol yang tercipta. Manchester City harus puas bermain imbang 1-1 lawan Liverpool.

Dengan hasil ini, Liverpool gagal mempertahankan posisinya di puncak klasemen Liga Inggris 2020/2021. The Reds tergeser ke posisi ketiga, dengan raihan 17 poin dari 8 laga.

Posisi puncak diambil alih Leicester Cty yang mengoleksi 18 poin dari delapan pertandingan. Tottenham Hotspur di posisi kedua, mengantongi nilai yang sama dengan Liverpool, tapi unggul selisih gol.  

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Rodrigo, Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne (captain); Ferran Torres, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Joe Gomez, Andrew Robertson; Jordan Henderson (captain), Georginio Wijnaldum, Diogo Jota; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Disadur dari: Bola.net (Penulis Dimas Adi Prasetya, published 9/11/2020)

Video Populer

Foto Populer