Sukses


Manchester United dan 4 Klub Liga Inggris yang Membuat Kejutan Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Pekan ini, Liga Inggris Premier League musim 2020/2021 akan memasuki pekan ke-20. Artinya, jika ada 38 laga yang harus dilakoni tim-tim peserta, kompetisi kasta tertinggi di sepak bola Inggris ini sudah separuh jalan.

Dalam setengah perjalanan ini ada sejumlah kejutan terjadi di Premier League musim ini. Sukses Manchester United menempati papan atas klasemen sementara Premier League 2020/2021 misalnya.

Sukses Setan Merah ini tergolong mengejutkan terutama karena mereka sempat terseok-seok pada awal musim lalu. Bahkan, sempat muncul tagar #OleOut, sebagai ungkapan kekecewaan kepada nakhoda Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer.

Selain Manchester United, ada sejumlah tim lain yang juga menunjukkan performa mengejutkan pada putaran pertama ini. Salah satu indikator paling mudah adalah raihan poin aktual mereka yang lebih baik ketimbang nilai expected points (xPTS).

2 dari 7 halaman

Tottenham Hotspur

Peringkat lima dari lima tim Premier League yang menunjukkan overperform tertinggi sejauh ini ditempati Tottenham Hotspur. Skuad besutan Jose Mourinho tersebut sukses mengawali musim dengan sangat baik dan saat ini menempati peringkat lima di klasemen sementara.

Sejauh ini, Spurs meraih 33 poin dari 18 pertandingan. Raihan poin Spurs lebih tinggi 4,25 poin dari nilai xPTS mereka. Dalam analisis Understat, nilai xPTS Spurs ditaksir sebesar 28,75.

Tak hanya urusan poin total, dalam urusan mencetak gol dan kebobolan pun Spurs lebih baik ketimbang nilai xG dan xGA mereka. Son Heung Min dan kawan-kawan sudah mencetak 33 gol dan kebobolan 17 gol. Sementara, nilai xG dan xGA mereka berada di angka 28,62 dan 20,91.

3 dari 7 halaman

Leicester City

Leicester City menempati posisi empat dari lima tim Premier League yang menunjukkan overperform tertinggi sejauh ini. Skuad besutan Brendan Rodgers tersebut melakoni musim ini dengan sangat baik dan saat ini menempati peringkat pertama di klasemen sementara.

Sejauh ini, Leicester meraih 38 poin dari 19 pertandingan. Raihan poin The Foxes lebih tinggi 6,30 poin dari nilai xPTS mereka. Dalam analisis Understat, nilai xPTS Leicester ditaksir sebesar 31,70.

Tak hanya urusan poin total, dalam urusan mencetak gol dan kebobolan Leicester pun lebih baik ketimbang nilai xG dan xGA mereka. Jamie Vardy dan kawan-kawan sudah mencetak 35 gol dan kebobolan 21 gol. Sementara, nilai xG dan xGA mereka berada di angka 29,42 dan 22,31.

4 dari 7 halaman

Manchester United

Peringkat tiga dari lima tim Premier League yang menunjukkan overperform tertinggi sejauh ini ditempati Manchester United. Kendati terseok pada awal musim, skuad besutan Solskjaer ini membenahi penampilannya dan sementara berada di peringkat dua klasemen sementara.

Sejauh ini, United meraih 37 poin dari 18 pertandingan. Raihan poin Spurs lebih tinggi 7,12 poin dari nilai xPTS mereka. Dalam analisis Understat, nilai xPTS Setan Merah ditaksir sebesar 29,88.

Tak hanya urusan poin total, dalam urusan mencetak gol pun United menunjukkan performa apik. Mereka sudah mencetak 34 gol, lebih bagus 3,29 poin dari xG mereka yang bernilai 30,71.

Apiknya performa penyerangan United ini mampu menutupi lini pertahanan mereka yang sedikit underperform. Saat ini, lini pertahanan United sudah kebobolan 24 gol, lebih buruk ketimbang nilai xGA mereka yang 23,14.

5 dari 7 halaman

Southampton

Southampton menempati posisi dua dari lima tim Premier League yang menunjukkan level overperform tertinggi sejauh ini. Skuad besutan Ralph Hasenhuttl tersebut melakoni musim ini dengan baik dan saat ini menempati peringkat sembilan di klasemen sementara.

Sejauh ini, Southampton meraih 29 poin dari 18 pertandingan. Raihan poin The Saints lebih tinggi 7,74 poin dari nilai xPTS mereka. Dalam analisis Understat, nilai xPTS Leicester ditaksir sebesar 21,26.

Tak hanya urusan poin total, dalam urusan mencetak gol dan kebobolan Southampton pun lebih baik ketimbang nilai xG dan xGA mereka. Danny Ings dan kawan-kawan sudah mencetak 26 gol dan kebobolan 21 gol. Sementara, nilai xG dan xGA mereka berada di angka 17,92 dan 22,55.

6 dari 7 halaman

Everton

Posisi puncak dari lima tim Premier League yang menunjukkan overperform tertinggi sejauh ini ditempati Everton. Skuad besutan Carlo Ancelotti ini mengawali musim dengan baik dan saat ini menempati peringkat enam klasemen sementara.

Sejauh ini, Everton meraih 32 poin dari 17 pertandingan. Raihan poin The Toffees lebih tinggi 9,12 poin dari nilai xPTS mereka. Dalam analisis Understat, nilai xPTS Everton ditaksir sebesar 22,88.

Tak hanya urusan poin total, dalam urusan mencetak gol dan kebobolan pun Everton lebih baik ketimbang nilai xG dan xGA mereka. Dominic Calvert-Lewin dan kawan-kawan sudah mencetak 28 gol dan kebobolan 21 gol. Sementara, nilai xG dan xGA mereka berada di angka 23,77 dan 22,32.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, published 21/1/2021)

7 dari 7 halaman

Video

5 Pemain dengan Gaji Terbanyak di Liga Inggris Saat Ini, Ada Gareth Bale

Video Populer

Foto Populer