Sukses


Ragam Komentar Berkelas Bruno Fernandes tentang 13 Pemain Manchester United, Terkeren untuk Paul Pogba dan Harry Maguirre

Bola.com, Jakarta - Bruno Fernandes hampir genap setahun berseragam Manchester United. Sejak kedatangannya dari Sporting Lisbon pada akhir Januari 2020, pemain asal Portugal itu telah memberikan pengaruh luar biasa untuk Setan Merah. 

Bruno Fernandes bukan hanya menyumbangkan gol-gol dan banyak assist yang mengubah total permainan Manchester United. Dia juga telah menunjukkan sosok kepemimpinannya di ruang ganti. 

Tak heran, pemain berusia 27 tahun itu banjir pujian atas sikapnya di dalam dan luar lapangan. Apalagi, di lapangan penampilannya sangat luar biasa. 

Dia bahkan pernah mengenakan ban kapten dengan absennya Harry Maguire di awal musim ini dan mengambil peran utama di ruang ganti.

Dia juga memberikan banyak wawancara selama setahun di klub, serta tak ragu menunjukkan pandangannya tentang rekan-rekan setimnya. Komentarnya hampir semuanya lugas dan berkelas. 

Berikut ini komentar Bruno Fernandes tentang 13 rekan setimnya di Manchester United, seperti dilansir Mirror, Jumat (30/1/2021). 

   

 

2 dari 13 halaman

1. David de Gea

Fernandes bertanggung mencetak gol, sedangkan David De Gea adalah sosok yang bertanggung jawab mencegah gol bersarang di gawang Setan Merah. 

Fernandes menang belum pernah berkomentar langsung tentang De Gea. Namun, dia tampaknya menghargai upaya pemain Spanyol itu.

Momen itu terlihat ketika MU menang atas Brigton dengan skor 3-0 atas Brighton pada musim lalu. De Gea melakukan penyelamatan gemilang ketika Fernandes sudah diganti. Pemain asal Portugal itu terlihat berselebrasi dengan heboh melihat penyelamatan De Gea. 

 

3 dari 13 halaman

2. Viktor Lindelof

Fernandes dan bek Victor Lindelof terlibat perselisihan saat Manchester United tersingkir dari Liga Europa di tangan Sevilla musim lalu. Tapi Fernandes dengan cepat menepiskan insiden itu, serta bersikeras dirinya dan Lindelof memiliki ikatan erat di ruang ganti.

"Dia (Lindelof) adalah salah satu orang yang punya punya hubungan terbaik dengan saya di klub. Fakta bahwa dia bisa bicara Portugal sangat menguntungkan dalam hubungan itu. Seperti yang setiap orang lihat (melawan Sevilla), dia masih bisa bicara Portugal dengan sangat bagus," kata Bruno Fernandes kepada A Bola

"Ketika kami mengucapkan salam perpisahan, kami saling memeluk, kepala saling bersentuhan dan kami bahkan tidak perlu berbicara karena kami berpelukan selama dua detik, mengetahui sepenuhnya apa yang ingin kami katakan satu sama lain," imbuhnya. 

 

4 dari 13 halaman

3. Harry Maguire

Setelah awal musim yang sulit bagi Harry Maguire, beberapa pihak meminta Bruno Fernandes untuk mengambil alih ban kapten. Tapi Fernandes mendukung Maguire dan menekankan pengaruh besarnya di klub.

"Tentu saja merasa gembira untuk Harry," kata Fernandes kepada MUTV setelah kemenangan 4-1 atas Newcastle United pada Oktober 2020.  

"Harry pemain besar. Dia bermain untuk salah satu klub terbesar di dunia. Dia kapten salah satu tim terbesar di dunia, dia bermain untuk tim nasional yang besar. Saya rasa sangat buruk berada dalam sorotan, tapi dia punya mentalitas luar biasa dan dia perlu menjaga apa yang telah dilakukannya." 

“Kami tahu kami memiliki pertahanan yang bagus dengan keberadaannya," imbuh Fernandes. 

 

5 dari 13 halaman

4. Paul Pogba

Semua mata tertuju pada hubungan antara Paul Pogba dan Bruno Fernandes ketika keduanya dipersatukan sebagai gelandang Manchester United yang bertabur bintang.

Setelah Pogba kembali dari cedera, Fernandes berkomentar pada Juli tahun lalu.  "Paul adalah pemain yang luar biasa tetapi saya tidak ingin berbicara terlalu banyak tentang saya dan Paul. Itu tidak cukup adil untuk rekan satu tim lainnya," kata Fernandes. 

"Tentu saja Paul memiliki kualitas yang baik dan sangat penting bagi kami dan saya pikir kami bisa bermain bersama. Kami memiliki kualitas dan bisa bermain bersama, tapi juga kami tahu memiliki beberapa rekan satu tim yang bisa melakukan peran itu dengan sangat baik saat kami tersingkir." 

“Saya pikir itu tidak adil bagi orang lain jika kami hanya berbicara tentang saya dan Paul. Ada begitu banyak pemain bagus di sini. Lihat saja  Scotty McTominay, Nemanja Matic, para pemain ini bermain bagus. Kemudian ada Juan Mata dan Jesse Lingard, semuanya pemain luar biasa." 

Bruno Fernandes juga berkomentar tentang hubungannya dengan Pogba belakangan ini. "Hubungan yang saya miliki dengan Paul bagus. Dia berbicara Italia dan saya juga. Saat saya tiba, dia cedera. Saya melihatnya pulih dan berlatih di lapangan jauh dari kami," kenang Fernandes. 

"Dia kadang-kadang memanggil saya ketika latihan bilang dia melihat pergerakan saya dan bilang saya tidak perlu khawatir. Dia juga bilang saat fit nanti bisa bermain bersama saya." 

 

6 dari 13 halaman

5. Edinson Cavani

Fernandes menemukan sekutu baru di lini serang Manchester United setelah kedatangan Edinson Cavani musim panas 2020.

“Bagi saya, dia salah satu striker yang bisa mencium gol, seperti yang Anda lihat dua kali. Dia mencium gol - Anda harus memiliki perasaan ini untuk mencetak dua gol itu,” kata Fernandes pada November 2020. 

“Seperti yang saya katakan beberapa pekan dan beberapa bulan lalu, Edi akan membantu kami dan dia sudah membantu." 

“Bagi saya, salah satu permainan terbaiknya adalah melawan Istanbul Basaksehir di Liga Champions. Tidak ada yang berbicara tentang itu karena dia tidak mencetak gol, tapi dia menunjukkan permainan yang luar biasa." 

“Ketika Anda memiliki striker yang banyak bergerak, dan mereka memberi Anda kesempatan untuk memainkan bola untuk mereka, itu sangat bagus. Saya pikir setiap striker yang kami miliki memberi kami pilihan. Saya tidak ingin membahas secara pribadi tentang Edi atau pemain lain karena itu tidak adil, tetapi tentu saja Edi memiliki kualitas, semua orang tahu itu," imbuh Fernandes. 

 

7 dari 13 halaman

6. Anthony Martial

Anthony Martial dan Bruno Fernandes mencatatkan performa membara saat awal-awal kedatangannya ke Old Trafford. Tetapi dia tidak menikmati performa terbaik pemain Prancis itu belakangan ini. 

"Bersama Marcus (Rashford), selalu ada candaan bersamanya dan Anto (Anthony Martial).  Saya bilang kepada mereka bahwa setiap saya memberi umpan, mereka tidak pernah mencetak gol. Mereka tidak pernah memberikan assist kepada saya. Coba Anda lihat lagi peluang yang dibuang Anto saat melawan Leeds," kata Fernandes di situs resmi MU. 

"Langsung saja, saya menatapnya dan mulai tersenyum. Dia mengerti maksud saya dengan senyuman itu. Menurut saya itu bagus, itu positif." 

"Tentu saja, terkadang Anda harus berteriak kepada rekan satu tim Anda dan memanggilnya untuk melakukan hal-hal yang berbeda. Itu juga merupakan bagian besar dari permainan, bahwa Anda menberi dorongan kepada rekan satu tim lainnya. Terkadang dengan senyuman, terkadang dengan hal lain. Tetapi yang terpenting adalah memahami bahwa Anda melakukan yang terbaik untuk tim," sambung Fernandes. 

 

8 dari 13 halaman

7. Marcus Rashford

Marcus Rashford sedang dalam performa bagus musim ini, tetapi dia tetap mendapatkan dukungan Fernandes bahkan ketika gol tidak mengalir.

Fernandes pernah melontarkan komentar bernada pujian tinggi untuk Rashford pada Juli tahun lalu. 

“Saya pikir semua orang berbicara tentang Marcus tidak mencetak banyak gol, tetapi dia bermain luar biasa. Permainan dia sekarang mungkin dia tidak mencapai target dan segalanya, tapi dengan semua yang kami lakukan sekarang, dia akan menyumbang lebih banyak gol dan assist," kata Fernandes. 

“Sepak bola bukan hanya tentang gol dan assist, ini tentang tim dan Marcus bermain sangat baik untuk tim. Saya berharap Marcus dapat mencetak lebih banyak gol karena dia pantas mendapatkannya untuk semua yang dia lakukan untuk tim." 

 

9 dari 13 halaman

8. Mason Greenwood

Mason Greenwood sedang mengasah kemampuannya di lini depan Manchester United. Fernandes menilai Greenwood akan menjadi lebih baik.

"Saya pikir Mason telah menjalani musim yang hebat, tentu saja. Dia masih muda dan mencatatkan performa hebat musim ini. Umur hanyalah angka dan Anda lihat Mason telah melakukannya dengan sangat baik," ujar Bruno Fernandes. 

"Dia bisa berbuat lebih banyak karena kualitas yang dia miliki. Dia masih harus tumbuh secara fisik. Dia melakukannya dengan fantastis musim ini dan dia akan menjadi lebih baik." 

"Dia perlu bermain lebih banyak dan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari rekan satu tim dan staf. Saya pikir dia akan menjadi jauh lebih baik karena memiliki kualitas," sambung Fernandes.  

 

10 dari 13 halaman

9. Fred

Fred menikmati penampilan terbaiknya dalam seragam Manchester United musim ini. Fernandes pernah menyuruhnya untuk meniru permainan Paul Scholes. 

“Rasanya lucu. Saya ingat ketika kami akan bermain menghadapi Club Brugge (di kandang) musim lalu. saya berada di ruang makan bersama Fred, dan di televisi mereka menayangkan seluruh gol Paul Scholes saat di Manchester United," tutur Fernandes di United Podcast. 

"Kami sudah makan, tapi tetap diam di sana untuk melihat semua gol Scholes. Dan itu lucu karena saya berbicara kepada Fred. Saya bilang kepadanya, 'Kamu lihat apa yang dilakukan Paul Scholes. Kamu harus lebih mendekati gawang, karena jika tidak, kamu tidak akan pernah mencetak gol'." 

"Dan kemudian Fred mencetak dua gol dalam pertandingan itu," kata mantan pemain Sporting Lisbon itu. 

 

11 dari 13 halaman

10. Alex Telles

Alex Telles dan Fernandes sama-sama berbicara dalam bahasa Portugal sehingga cepat akrab. Belum lama ini, Fernandes memberikkan gambaran usaha yang dilakukan Telles untuk masuk ke tim utama Manchester United.

"Saya pikir dalam berlatih kami menambah jam. Saya dan Juan tinggal lebih lama, tetapi juga Alex, Rashy [Marcus Rashford], Fred juga tetap bersama kami," kata Bruno Fernandes. 

 

12 dari 13 halaman

11. Aaron Wan-Bissaka

Aaron Wan-Bissaka menarik perhatian Fernandes ketika mencetak gol yang langka pada musim lalu.

"Kami sangat gembira karena kami tidak tahu dia bisa melepaskan tembakan," kata Fernandes kepada MUTV setelah Wan-Bissaka mencetak gol ke gawang Newcastle. 

"Jadi sulit bagi kami memercayai dia bisa mencetak gol karena kami tidak pernah melihatnya menembak. Kami membicarakannya di ruang ganti dan menanyakannya. Kami semua berpikir dia ingin memberikan umpan silang dan ternyata gol." 

“Tapi saya senang untuknya, dia pantas mendapatkan gol dan kami selalu meminta ini darinya. Lebih positif, lebih sering di dalam kotak, coba dan tingkatkan kemampuan karena dia memiliki kualitas yang bagus. Semua orang tahu tentang dia sebagai pemain bertahan. Tetapi, dia perlu menunjukkan dirinya lebih dari pemain bertahan. Saya pikir dia memiliki kualitas untuk menunjukkan itu," imbuh Fernandes. 

 

13 dari 13 halaman

13. Donny van de Beek

Donny van de Beek kesulitan menggeser Fernandes dari tim utama Manchester United sejak gabung dari Ajax pada musim panas 2020. Tetapi, Fernandes memberikan dukungan kepada Van De Beek setelah kemenangan MU atas Liverpool di Piala FA.

“Kami memiliki skuad yang sangat bagus dan kami memiliki opsi. Jika Anda melihat bangku cadangan dan pemain utama hari ini dan yang di rumah, kami memiliki skuad yang sangat bagus. Tidak akan menjadi masalah jika kami berganti tim atau seseorang lelah karena kami memiliki pemain yang sangat bagus," kata Fernandes kepada MUTV.

Sumber: Mirror

 

Video Populer

Foto Populer