Sukses


5 Pemain yang Hengkang kemudian Kembali ke Arsenal, The Gunner Rumah yang Selalu Dirindukan

Bola.com, Jakarta - Legenda Arsenal, Robert Pires amat berharap Aaron Ramsey kembali ke Arsenal suatu saat nanti. Ia yakin sang gelandang jangkar cocok dengan sistem permainan yang diterapkan Arteta.

“Saya mengharapkan dia (Pirlo) untuk bertaruh pada Aaron, karena dia adalah pemain yang sangat bagus dan profesional yang sangat baik. Bagi seorang pelatih, itu penting,'' kata Pires kepada TuttoJuve.

“Dia sangat cerdas dan tahu bagaimana beradaptasi di mana-mana, Juve adalah klub yang sangat besar dan Serie A semakin meningkatkannya. Dia perlu tinggal beberapa tahun lagi dan kemudian dia akan kembali ke Arsenal. Itulah keyakinan saya, meski saya bukan peramal.”

Ramsey erupakan bagian penting lini tengah selama masanya di Arsenal. Namun, pemain asal Wales itu kemudian hijrah ke Juventus untuk menemukan tantangan baru.

Ramsey meninggalkan Arsenal dengan status bebas transfer pada 2019. Ia pindah ke Juventus dengan kontrak selama empat tahun.

Jika menengok ke belakang, sebenarnya ada sejumlah pemain yang memutuskan kembali ke Arsenal setelah meninggalkan klub London itu. Siapa saja? Berikut ini lima pemain yang meninggalkan Arsenal dan kemudian kembali ke klub.

Video

2 dari 6 halaman

Martin Keown

Martin Keown mulai memperkuat tim utama Arsenal pada tahun 1984. Namun, bek asal Inggris itu harus meninggalkan klub dua tahun kemudian.

Setelah itu Keown, bergabung dengan klub Inggris lainnya, Aston Villa dan Everton. Kemudian pada Februari 1993, Keown kembali ke Arsenal dan bertahan hingga 2004.

Selama memperkuat Arsenal, Keown mencatatkan lebih dari 400 penampilan dan memenangkan 10 gelar. Keown juga menjadi bagian skuad Invincibles Arsenal di 2003/04.

3 dari 6 halaman

John Lukic

John Lukic pertama kali memperkuat Arsenal pada 1983 hingga 1990. Ia menjelma menjadi kiper favorit penggemar The Gunners.

Pada periode ini, Lukic mencatatkan 223 penampilan bersama Arsenal. Ia juga berhasil mengantarkan klub meraih trofi Piala Liga dan gelar Liga Inggris.

Sempat hijrah ke Leeds United, Lukic akhirnya kembali ke Highbury pada 1996. Namun, ia tak menjadi pilihan utama karena kalah bersaing dengan David Seaman dan Alex Manninger.

4 dari 6 halaman

Sol Campbell

Sol Campbell awalnya memperkuat Arsenal pada 2001 sampai 2006. Selama kurun waktu tersebut, Campbell mengukir 135 penampilan di seluruh ajang.

Tak hanya itu, Campbell juga berhasil menyumbang sejumlah trofi bergengsi untuk Arsenal. Itu termasuk dua gelar Premier League.

Setelah itu, Campbell memutuskan hengkang ke Portsmouth dan Notts County. Campbell akhirnya kembali ke pelukan Arsenal pada 15 Januari 2010 dan bertahan di sana selama enam bulan.

5 dari 6 halaman

Jens Lehmann

Jens Lehmann merupakan kiper utama Arsenal pada periode 2003-2008. Lehmann saat itu tercatat mampu membuat 199 penampilan di berbagai ajang.

Lehman juga berhasil mempersembahkan tiga trofi untuk Arsenal, yaitu gelar Premier League, Piala FA dan Community Shield. Kemudian saat membela The Gunners, Lehnman juga sukses membawa klub ke final Liga Champions.

Pada 2008, Lehmann meninggalkan Arsenal dan bergabung dengan Stuttgart. Eks pemain AC Milan itu sempat kembali ke pelukan Arsenal pada 2011 meski telah memutuskan pensiun.

6 dari 6 halaman

Mathieu Flamini

Mathieu Flamini datang ke Arsenal pada 2004 setelah bermain untuk Marseille. Ia bermain selama empat musim untuk The Gunners dan memenangkan satu gelar Piala FA.

Setelah itu, gelandang asal Prancis tersebut memilih hengkang ke AC Milan pada 2008. Flamini menghabiskan lima musim dengan seragam Rossoneri.

Kemudian pada 29 Agustus 2013, Flamini kembali ke Emirates dengan status bebas transfer. Ia bertahan di sana hingga September 2016 sebelum melanjutkan kariernya di Crystal Palace.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 4/2/2021)

Video Populer

Foto Populer