Sukses


Deretan 20 Pemain Termahal yang Dibeli Sir Alex Ferguson saat di Manchester United, Sepadan dengan Raihan Trofi?

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tak mengenal sosok Sir Alex Ferguson. Pria asal Skotlandia ini meraih kesuksesan besar saat melatih Manchester United. Ia legenda hidup Tim Setan Merah, yang hingga saat ini tak tertandingi.

Ferguson menangani Setan Merah antara 1986 hingga 2013. Ia telah mempersembahkan banyak gelar untuk MU selama bekerja di Old Trafford.

Kesuksesannya tersebut tentu tak lepas dari pemain-pemain berkualitas yang ada di skuad MU. Ferguson tercatat banyak mendatangkan pemain hebat selama berada di klub.

Dari semua pemain yang ia rekrut, ada banyak yang memakan biaya mahal. Siapa saja?

Berikut ini deretan pembelian termahal Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

2 dari 22 halaman

Carlos Tevez

  • Harga: 12,7 juta euro (pinjaman)

Carlos Tevez datang ke Manchester United pada 10 Agustus 2007 dengan status pinjaman dari West Ham. Bomber asal Argentina itu jadi andalan Setan Merah selama dua musim di Old Trafford.

Tevez berhasil mencetak 34 gol dan 14 assist dari total 99 penampilan bersama United. Setelah memenangkan enam gelar bersama MU, Tevez kemudian hengkang ke klub tetangga Manchester City.

3 dari 22 halaman

Shinji Kagawa

  • Harga: 16 juta euro

Setelah sukses bersama Borussia Dortmund, Shinji Kagawa pindah ke Manchester United. Pemain asal Jepang itu datang ke Old Trafford pada 2012.

Namun, karier Kagawa bersama Setan Merah tak sesukses saat berseragam Dortmund. Kagawa hanya bertahan selama dua musim dengan seragam United dan memutuskan kembali ke Die Borussen pada 2014.

4 dari 22 halaman

Jaap Stam

  • Harga: 17 juta euro

Jaap Stam didatangkan Manchester United dari PSV Eindhoven pada tahun 1998. Selama tiga musim memperkuat United, bek asal Belanda ini menjadi benteng di pertahanan Setan Merah.

Stam berhasil membawa Manchester United meraih tiga gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions. Namun, Stam akhirnya dijual ke Lazio pada 2001 setelah berseteru dengan Sir Alex Ferguson.

5 dari 22 halaman

Louis Saha

  • Harga: 17,5 juta euro

Setelah tampil ciamik bersama Fulham, Louis Saha bergabung dengan Manchester United pada 2004. Pemain asal Prancis ini tampil cukup bagus selama berseragam Setan Merah.

Kendati sering diteror cedera, Saha tetap menjadi bagian penting dalam perjalanan United. Selama bermain untuk United, Saha tampil 124 kali dan mencetak 42 gol.

6 dari 22 halaman

Ashley Young

  • Harga: 18 juta euro

Ashley Young bergabung dengan Manchester United pada Juni 2011 dari Aston Villa. Bersama Setan Merah, Young sukses meraih lima trofi.

Setelah membuat 261 penampilan, Young mengakhiri masa baktinya di Old Trafford pada Januari 2020. Ia hijrah ke Italia dan saat ini bermain di Inter Milan.

7 dari 22 halaman

Antonio Valencia

  • Harga: 18,8 juta euro

Setelah bermain di Wigan, Antonio Valencia hijrah ke Manchester United pada tahun 2009. Ia cukup lama membela Setan Merah dan pernah didapuk sebagai kapten klub.

Valencia menghabiskan 10 tahun di klub sebelum melanjutkan kariernya di L.D.U. Quito. Selama itu, ia merebut setidaknya hingga enam trofi bergengsi, termasuk dua gelar Premier League.

8 dari 22 halaman

Cristiano Ronaldo

  • Harga: 19 juta euro

Manchester United mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Sporting Lisbon pada tahun 2003. Ronaldo kemudian berhasil menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di Old Trafford.

Sepanjang membela Setan Merah, Ronaldo mencatatkan 292 penampilan dengan koleksi 118 gol dan 69 assist. CR7 juga meraih banyak trofi bergengsi, termasuk tiga gelar Premier League dan satu Liga Champions.

9 dari 22 halaman

Dwight Yorke

  • Harga: 19,25 juta euro

Tampil apik bersama Aston Villa, Dwight Yorke menarik perhatian Sir Alex Ferguson. Setelah serangkaian proses negosiasi, Yorke akhirnya bergabung dengan Manchester United pada 20 Agustus 1998.

Selama memperkuat United, Yorke mencetak 65 gol dari 152 pertandingan. Ia membawa Setan Merah meraih tiga gelar Premier League, satu trofi Piala FA, satu gelar Liga Champions, dan satu trofi Piala Interkontinental.

10 dari 22 halaman

Phil Jones

  • Harga: 19,3 juta euro

Manchester United mendatangkan Phil Jones dari Blackburn Rovers pada 2011. Waktu itu, Jones diramal Sir Alex Ferguson akan menjelma menjadi pemain top.

Namun, karier Jones di Old Trafford sering diganggu cedera. Alhasil, pemain asal Inggris itu sering absen membela Setan Merah dan sejauh ini sudah mencatatkan 224 penampilan di semua kompetisi.

11 dari 22 halaman

David De Gea

  • Harga: 25 juta euro

David De Gea dibeli Manchester United dari Atletico Madrid pada 2011. Meski awalnya sempat diragukan karena posturnya yang terlalu kurus, De Gea akhirnya mampu bertahan di Old Trafford sampai saat ini.

De Gea kini menjadi kiper utama MU dan sudah mencatatkan 434 penampilan di semua kompetisi. Kiper asal Spanyol itu merupakan bagian dari skuad Setan Merah terakhir yang menjuarai Premier League di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

12 dari 22 halaman

Owen Hargreaves

  • Harga: 25 juta euro

Owen Hargreaves sempat diprediksi bakal menjadi pemain masa depan timnas Inggris. Manchester United bersedia membayar mahal untuk membelinya dari Bayern Munchen pada 2007.

Karier Hargreaves di Manchester United bisa dikatakan tidak berjalan mulus. Ia kerap sekali mengalami cedera sehingga sehingga pada akhirnya dilepas pada 2011.

13 dari 22 halaman

Nani

  • Harga: 25,5 juta euro

Nani direkrut dari Sporting Lisbon pada musim panas 2007. Meski penampilannya angin-anginan, Nani mampu memenangkan 12 gelar termasuk tiga gelar Premier League.

Bersama Setan Merah, Nani tampil sebanyak 230 kali dengan mengukir 41 gol dan 73 assist. Ia dilepas pada musim panas 2015 ke klub Turki, Fenerbahce.

14 dari 22 halaman

Michael Carrick

  • Harga: 27,2 juta euro

Michael Carrick dibeli dari Tottenham pada 2006. Gelandang asal Inggris ini mampu menjadi pengganti Roy Keane di lini tengah Setan Merah.

Carrick menjalani karier gemilang selama bermain di Old Trafford. Ia mencatatkan 464 penampilan di semua kompetisi dan memenangkan 17 gelar.

15 dari 22 halaman

Ruud van Nistelrooy

  • Harga: 28,5 juta euro

Sir Alex Ferguson membeli Ruud van Nistelrooy pada 2001 dari PSV Eindhoven. Pemain Belanda itu bisa dibilang menjadi salah satu striker terbaik yang dimiliki MU.

Van Nistelrooy menghabiskan lima musim di MU dengan mencetak 95 gol dari 150 penampilan. Ia ikut memenangkan satu gelar Premier League sebelum dijual ke Real Madrid pada tahun 2006.

16 dari 22 halaman

Robin van Persie

  • Harga: 30,7 juta euro

Transfer Robin van Persie cukup kontroversial. Sebab, pemain Belanda itu dibeli dari Arsenal yang merupakan rival utama Setan Merah.

Namun, keputusan Ferguson membeli Van Persie terbukti sukses besar. Pada musim pertamanya di United, ia berhasil mencetak 26 gol dan membawa United menjadi juara Premier League.

17 dari 22 halaman

Anderson

  • Harga: 31,5 juta euro

Manchester United mengimpor salah satu gelandang termahal dalam sejarah mereka dari FC Porto pada tahun 2007. Mereka merekrut Anderson dengan mahar transfer sebesar 31,5 juta Euro.

Performa Anderson selama di Old Trafford cenderung naik turun. Kariernya di MU kerap diwarnai dengan cedera sehingga ia dilepas Louis van Gaal ke Internacional pada tahun 2015.

18 dari 22 halaman

Wayne Rooney

  • Harga: 37 juta euro

Wayne Rooney dibeli Manchester United pada usia 18. Ketika itu, Rooney tampil mengesankan bersama Everton dan Sir Alex Ferguson membawanya ke Old Trafford pada tahun 2004.

Hasilnya meraih kesuksesan besar setelah pindah ke Setan Merah. Ia tercatat sebagai top skor sepanjang masa klub dan meraih 16 trofi selama 13 tahun bermain untuk klub.

19 dari 22 halaman

Dimitar Berbatov

  • Harga: 38 juta euro

Dimitar Berbatov memperkuat Manchester United pada 2008 sampai 2012. Striker asal Bulgaria itu sukses membantu Setan Merah meraih dua gelar Premier League.

Sepanjang berseragam Setan Merah, pria kelahiran 31 Januari 1981 tersebut tampil 149 kali dan mencetak 56 gol. Setelah itu, Berbatov melanjutkan kariernya bersama Fulham.

20 dari 22 halaman

Rio Ferdinand

  • Harga: 46 juta euro

Manchester United membeli Rio Ferdinand dari Leeds dengan harga 46 juta euro. Nilai transfernya tersebut menjadikan Ferdinand sebagai bek paling mahal di dunia saat itu.

Ferdinand menjadi pilar penting di lini belakang United bersama Nemanja Vidic. Mantan pemain QPR itu mengantar United menjadi juara Liga Champions 2008, selain beberapa gelar Premier League.

21 dari 22 halaman

Juan Sebastian Veron

  • Harga: 42,6 juta euro

Sir Alex Ferguson membeli Juan Sebastian Veron dari Lazio pada 2001. Namun, karier gelandang asal Argentina itu bersama Setan Merah ternyata tidak berjalan mulus.

Veron kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Veron tidak mampu menggusur Roy Keane di lini tengah United dan meninggalkan klub setelah membuat 82 penampilan di semua kompetisi.

 

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 2/3/2021)

22 dari 22 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer