Sukses


Amad Diallo dan 5 Pencetak Gol Termuda Manchester United Sepanjang Masa di Level Eropa

Bola.com, Jakarta - Amad Diallo membuat sejarah saat menghadapi AC Milan pada Jumat (12/3/2021) dini hari WIB. Ia kini tercatat sebagai pencetak gol termuda keempat di kompetisi Eropa dalam sejarah Manchester United.

Pemain muda Pantai Gading itu masuk pada babak pertama untuk menggantikan Anthony Martial yang cedera. Baru lima menit merumput, Amad Diallo langsung mencetak gol ke gawang AC Milan yang dijaga Gianluigi Donnarumma.

Itu menjadikan Amad Diallo, pada usia 18 tahun dan 243 hari, bersanding dengan Mason Greenwood dan Marcus Rashford, ditambah George Best, sebagai salah satu pencetak gol termuda Manchester United di level Eropa.

"Dia [Diallo] kreatif. Dia bermain dengan bebas," buka Solskjaer dikutip dari Manchester Evening News. "Dan itu operan hebat dari Bruno [Fernandes]. Tentu umpan itulah yang membuat gol itu bisa terjadi," lanjutnya.

Lantas, siapa saja pemain termuda Manchester United yang menetak gol di level Eropa selain Amad Diallo? Berikut ini Bola.com merangkumnya:

Video

2 dari 6 halaman

Mason Greenwood

Mason Greenwood menjadi satu-satunya pemain yang belum genap 18 tahun saat mencetak gol buat Manchester United di kompetisi Eropa. Saat mencetak gol pertamanya buat Setan Merah, Greenwood masih berusia 17 tahun 353 hari.

Adapun golnya dicetak saat Manchester United menghadapi Astana di pentas Liga Europa musim lalu.

Penampilan di kompetisi Eropa: 18

Gol: 6

3 dari 6 halaman

Marcus Rashford

Marcus Rashford memang bukan yang paling muda dalam daftar ini, tapi ia mencetak brace pada debutnya di Eropa, yang juga laga perdananya di level tim utama Manchester United!

Gol tersebut dilesakkannya saat Manchester United bersua FC Midtjylland. Kala itu usianya masih 18 tahun 117 hari.

Penampilan di Eropa: 47

Gol: 17

4 dari 6 halaman

George Best

Bisa dibilang pemain terhebat Manchester United, George Best rekening gol Eropanya dalam kemenangan 6-1 melawan klub Stockholm Djurgardens IF pada kompetisi Inter-Cities Fairs Cup (kemudian Piala UEFA / Liga Europa), pada tahun 1964, saat usianya masih 18 tahun 158 hari.

George Best lantas terus berkembang menjadi pemain yang bukan cuma hebat di Inggris saja, tapi juga di dunia.

Penampilan di Eropa: 34

Gol: 11

5 dari 6 halaman

Brian Kidd

Brian 'Kiddo' Kidd merupakan pemain Manchester United era 60-an. Ia mencetak gol pertamanya saat berusia 18 tahun 275 hari.

Adapun gol perdananya dicetak ke gawang Djurgardens IF pada 1964.

Penampilan di Eropa: 16

Gol: 3

6 dari 6 halaman

Wayne Rooney

Luar biasa, satu kata ini paling pas disematkan kepada Wayne Rooney. Bagaimana tidak, selain mencetak gol di usia muda, ia melakukannya saat masih berusia 18 tahun 340 hari!

Kurang? Pada debutnya melawan Fenerbahce 2004 silam, Rooney mencetak hat-trick!

Sumber: Manchester United

Video Populer

Foto Populer