Sukses


Presiden UEFA Happy Berat 6 Klub Liga Inggris Batal Ikut European Super League

Bola.com, Jakarta - Presiden UEFA, Aleksander Ceferin menyambut baik keputusan klub-klub Inggris menarik diri dari European Super League.

"Mereka kembali bergabung sekarang dan saya tahu mereka memiliki banyak hal untuk ditawarkan tidak hanya untuk kompetisi kami tetapi juga untuk keseluruhan pertandingan Eropa.

Yang penting sekarang adalah kita maju, membangun kembali persatuan yang dinikmati permainan sebelumnya dan bergerak maju bersama," ujarnya seperti dilansir BBC Sports.

Pada Rabu (21/4/2021) satu per satu klub Premier League: Chelsea, Manchester City, Manchester United, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Arsenal secara resmi mengumumkan bahwa mereka batal ikutan Liga Super Eropa.

Enam klub elite Inggris adalah bagian dari grup, juga terdiri dari Atletico Madrid dari Spanyol, Barcelona dan Real Madrid dan AC Milan dari Italia, Inter Milan dan Juventus, yang mengumumkan rencana untuk membentuk liga yang memisahkan diri dari UEFA.

Keputusan itu dikutuk oleh fans, otoritas sepak bola, dan menteri pemerintah di Inggris, asosiasi sepak bola seantero Eropa, hingga UEFA.

Sekitar 1.000 penggemar berkumpul di luar lapangan Stamford Bridge Chelsea sebelum pertandingan mereka melawan Brighton pada Selasa (21/4/2021) dini hari WIB untuk memprotes keterlibatan klub mereka.

Wakil Ketua Eksekutif Manchester United, Ed Woodward, yang terlibat dalam diskusi Liga Super, telah mengumumkan pengunduran diri dari Tim Setan Merah.

2 dari 3 halaman

Kritik Keras Wenger

Klub Premier League yang sudah melakukan eksodus dari ajang European Super League masih saja mendapatkan kritikan dari berbagai khalayak. Salah satunya datang dari eks pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Manchester City menjadi tim pertama yang menyatakan mundur dari ajang European Super League pada Rabu (21/4/2021) dinihari. Disusul lima klub lainnya yang hengkang satu persatu pada hari itu juga.

Keluarnya 'big six' mengurangi setengah kekuatan ESL. Kini peserta yang tersisa hanya enam klub saja, itupun AC Milan dan Inter Milan dilaporkan akan cabut dalam waktu dekat ini.

Padahal, menurut Florentino Perez selaku penggagas kompetisi kontroversial itu, European Super League akan digelar pada bulan Agustus mendatang. Eksodus besar-besaran ini membuat proyek harus ditangguhkan sampai waktu yang belum ditentukan.

 Kendati demikian, mereka masih tetap mendapatkan kritik keras dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Wenger yang sekarang menduduki jabatan di organisasi sepak bola dunia, FIFA.

Pria asal Prancis tersebut mengkritik 'big six' yang tergoda dengan proyek European Super League. Dan sekarang, Wenger berujar kalau Premier League harus mengalami dampak yang serius dari keikutsertaan mereka.

"Kerusakan yang telah dilakukan antara klub Premier League akan sulit untuk diperbaiki," ujar Wenger saat berbincang dengan beIN Sports.

"Inggris memiliki liga terkuat di dunia. Hanya dengan menandatangani dokumen ini, mereka menghancurkan Premier League. Tidak bisa dipercaya," lanjutnya.

Sumber: BBC

3 dari 3 halaman

Video

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar
    Liga Inggris
  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club merupakan klub sepak bola asal Kota London yang kini bermain di kasta tertinggi Liga Inggris
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea
  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United
  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool
  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional
    Liga Super Eropa
  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional
    European Super League
  • Premier League
Fans Manchester United Mana Suaranya? Edinson Cavani Perpanjang Kontrak 1 Tahun

Video Populer

Foto Populer