Sukses


Cerita 6 Pesepak Bola asal Spanyol yang Berkiprah di Liverpool: 2 Berpesta Angkat Piala Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Liverpool doyan menggunakan jasa pemain dari Spanyol. Sampai sejauh ini ada 25 pemain yang berasal dari Negeri Matador yang memperkuat The Reds.

Yang terkini, salah satu pemain Liverpool yang berasal dari Spanyol adalah sosok Thiago Alcantara. Sang gelandang baru bergabung dengan The Reds pada awal musim ini.

Thiago masih belum bisa memberi dampak secara besar di Anfield. Pemain berusia 30 tahun tersebut sering mengalami masalah cedera setelah datang ke Liverpool.

Meski begitu, Thiago masih punya waktu untuk menjadi bintang di Liverpool. Dengan demikian, dia bisa mengikuti jejak para pendahulunya di klub.

Berikut ini lima pemain Spanyol yang kariernya bersinar ketika membela Liverpool.  

Video

2 dari 6 halaman

Fernando Torres

Fernando Torres diboyong Liverpool dari Atletico Madrid pada tahun 2007. Torres kemudian menjadi salah satu penyerang menakutkan di Premier League pada saat itu.

Torres berhasil mencetak 81 gol dari 142 penampilan bersama Liverpool. Dia juga menyumbang 20 assist untuk The Reds.

Mantan pemain AC Milan itu memperkuat Liverpool selama tiga setengah musim. Dia kemudian pindah ke Chelsea pada 2011 dengan biaya yang mencapai 50 juta euro.

3 dari 6 halaman

Alvaro Arbeloa

Alvaro Arbeloa didatangkan Liverpool dari Deportivo La Coruna pada Januari 2007. Arbeloa dengan cepat menjadi pemain andalan Rafael Benitez.

Arbeloa memainkan 98 pertandingan untuk Liverpool dan mencetak dua gol. Mantan pemain West Ham itu juga berhasil mengantarkan The Reds tampil di final Liga Champions 2007.

Perjalanan Arbeloa bersama Liverpool hanya berlangsung selama dua setengah tahun. Pada 2009, Arbeloa kembali ke klub masa kecilnya yakni Real Madrid.

  

4 dari 6 halaman

Pepe Reina

Pepe Reina bisa disebut sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Dia bergabung dengan The Reds dari Villarreal pada 2005.

Reina memainkan 394 pertandingan di semua kompetisi untuk Liverpool. Dia berhasil mencatat 177 clean sheet dari penampilannya tersebut.

Setelah memenangkan empat gelar, Reina kemudian hengkang ke Napoli dengan status pinjaman pada 2013. Dia akhirnya meninggalkan The Reds secara permanen pada 2014 untuk bergabung Bayern Munchen.

5 dari 6 halaman

Xabi Alonso

Xabi Alonso didatangkan Liverpool pada 2004 dari Real Sociedad. Gelandang asal Spanyol tersebut kemudian berhasil menjadi pemain favorit publik Anfield.

Alonso telah bermain sebanyak 210 kali untuk Liverpool. Dia juga memenangkan Piala FA, Community Shield, Liga Champions dan Piala Super Eropa selama berada di Liverpool.

Setelah berjalan lima musim, kebersamaan Alonso dengan Liverpool berakhir pada tahun 2009. Dia memutuskan untuk kembali ke Spanyol dengan bergabung Real Madrid.

  

6 dari 6 halaman

Luis Garcia

Luis Garcia bergabung dengan Liverpool dari Barcelona pada tahun 2004. Winger asal Spanyol itu ditebus dengan biaya transfer sebesar 8,75 juta euro.

Garcia adalah salah satu alasan utama mengapa Liverpool bisa memenangkan Liga Champions pada 2004-2005. Dia menjadi pemain kunci The Reds dan mencetak lima gol di pentas Eropa musim itu.

Secara keseluruhan, Garcia membuat 121 penampilan di semua kompetisi untuk Liverpool dan mencetak 30 gol. Garcia kemudian pindah ke Atletico Madrid pada 2007.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 23/4/2021)

Video Populer

Foto Populer