Sukses


Liga Inggris: Ketika Cavani, Greenwood, dan Maguire Kompak Ukir Rekor, Manchester United Happy

Bola.com, Jakarta Manchester United tidak hanya menunda Manchester City merayakan gelar juara dengan cara mengalahkan Aston Villa 3-1 di Villa Park, Minggu (9/5/2021). Kemenangan itu juga ditandai dengan beberapa ukiran rekor dari para pemain. 

Pada menit ke-24 Aston Villa sempat unggul melalui gol Bertrand Traore. Keunggulan tersebut bertahan hingga halftime.

Namun, harapan fans City merayakan pesta juara malam ini buyar. Manchester United berhasil bangkit dan mengukir comeback kemenangan. 

Setan Merah menggila pada babak kedua. Tiga gol berhasil disarangkan ke gawang Aston Villa, masing-masing melalui Bruno Fernandes (penalti), Mason Greenwood, dan Edinson Cavani. MU berhasil memperpanjang persaingan dengan City. 

Manchester United kini defisit 10 poin dari Manchester City, tapi baru memainkan 34 laga. The Citizen sudah bermain 35 pertandingan. Artinya secara matematis MU masih bisa menjuarai Liga Inggris, asalkan mereka terus menang dan City kalah di tiga laga sisa. 

Manchester United makin happy karena beberapa pemain juga kompak mengukir rekor istimewa, yaitu Edison Cavani, Harry Maguire, dan Mason Greenwood. Rekor apa yang mereka torehkan? 

2 dari 5 halaman

1. Harry Maguire

Maguire mengalami cedera sehingga harus ditarik keluar dari laga pada menit ke-78, setelah bertabrakan dalam duel udara dengan Cavani dan pemain Aston Villa, Anwar El Ghazi. Dia kemudian digantikan Eric Bailly. 

Sebenarnya setelan insiden tersebut, Maguire belum langsung diganti. Ia mendapatkan perawatan di sisi lapangan, dan setelah itu ingin kembali ke lapangan. Namun, ia terjatuh kembali, sehingga diganti. 

Maguire gagal menyelesaikan penampilannya yang ke-72 berturut-turut bersama Manchester United dalam ajang papan atas Inggris. Dalam ke-71 laga sebelumnya, Maguire tak pernah sama sekali digantikan oleh pemain lain di tengah permainan.

Namun, ia tidak perlu berkecil hati. Jika dihitung dari menit bermain, Maguire sudah melampaui rekor penampilan bek legendaris, Garry Pallister, yang juga pernah membela Manchester United selama sembilan musim.

Sama seperti Maguire, Pallister juga digantikan saat sedang menjalani penampilannya yang ke-71. Kala itu, ia membela Manchester United melawan Aston Villa. Manchester United tumbang dengan skor 1-3 di pertandingan tersebut.

Pallister keluar sebelum pertandingan berjalan selama satu jam, sementara Maguire ditarik pada menit ke-78. Sehingga, dapat dipastikan Maguire telah melampaui catatan penampilan Pallister dari segi menit bermain.

Seharusnya Maguire sudah melampaui pencapaian Pallister sejak akhir pekan lalu. Sayangnya, laga antara Manchester United melawan Liverpool harus ditunda lantaran adanya aksi protes keras dari fans yang menuntut Keluarga Glazer mundur.

3 dari 5 halaman

2. Mason Greenwood

Mason Greenwood menyumbangkan satu gol ketika Manchester United melibas Aston Villa 3-1 pada lanjutan Liga Inggris, di Villa Park, Minggu (9/5/2021). Gol itu mengantarnya mengukir rekor baru di MU, mengambil alih posisi Wayne Rooney. 

Mason Greenwood, yang lahir pada 1 Oktober 2021 tercatat telah mengemas 16 gol di Premier League. Menurut situs Manchester United, Grenwood telah menjelma menjadi remaja dengan raihan gol terbanyak di Premier League dalam sejarah MU. 

Rekor itu sebelumnya dipegang oleh Wayne Rooney dengan raihan 15 gol. Greenwood juga mengalahkan nama-nama lainnya, seperti Cristiano Ronaldo dan Marcus Rashfoord. 

4 dari 5 halaman

3. Edinson Cavani

Edinson Cavani bangkit dari bangku cadangan untuk membantu MU melibas Aston Villa. Itu menjadi gol kelimanya di Premier League dengan status pemain cadangan.

Dia menyamai rekor Ole Gunnar Solskjaer (pada musim 1998/1999) dan Chicharito (2010/2011) yang masing-masing juga menyumbangkan lima gol di Premier League sebagai pemain cadangan. 

Torehan itu makin membuktikan peran penting Edinson Cavani bagi Manchester United. Tak heran, MU ngotot memberikan perpanjangan kontrak untuk striker veteran asal Uruguay itu. 

Sumber: Opta, Squawka 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer