Sukses


Menghitung Peluang 5 Klub Liga Inggris yang Berebut 2 Tiket Liga Champions: Saling Sikut Hingga Akhir

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2020/2021 menyisakan dua pertandingan lagi. Meskipun gelar juara sudah diberikan pada Manchester City, namun perburuan tiket Liga Champions musim depan diprediksi bakal berlangsung ketat sampai akhir.

Pada Liga Champions musim depan, Inggris akan mendapatkan empat tiket lolos langsung ke fase grup Liga Champions 2021/2022. Hal itu belum termasuk hitungan tim yang meraih tiket berkat juara Liga Champions dan Liga Europa.

Seperti diketahui, Chelsea dan Manchester City akan saling beradu di final Liga Champions 2020/2021. Adapun Manchester United bakal menghadapi Villarreal di final Liga Europa 020/2021.

Dari kedua final tersebut, hanya Chelsea yang nasibnya belum pasti meraih tiket Liga Champions. Adapun Manchester City sebagai juara Premier League 2020/2021 ditemani Manchester United sebagai runner-up sudah menggenggam tiket Liga Champions.

Adapun Chelsea saat ini berada di posisi keempat klasemen sementara Premier League. Seandainya Chelsea menjadi juara Liga Champions, maka mereka akan tampil otomatis di musim depan tanpa mempedulikan apakah mereka finis empat besar di klasemen akhir Premier League 2020/2021.

Jadi, kesimpulannya adalah Inggris maksimal hanya mengirimkan lima wakil di Liga Champions musim depan. Pembagiannya adalah tim yang finis di peringkat 1-4 plus juara Liga Champions atau Liga Europa.

Tanpa mengandalkan skema tersebut, perburuan dua dari empat tiket Liga Champions yang tersisa tetap menarik. Sejauh ini, ada lima klub Inggris yang sedang berjuang untuk meraih dua tiket menuju Liga Champions 2021/2022. Siapa saja dan bagaimana hitung-hitungannya?

2 dari 7 halaman

West Ham United

Secara matematis, peluang West Ham United ke Liga Champions 2021/2022 terbilang kecil. West Ham saat ini menghuni peringkat ketujuh dengan raihan 59 poin.

West Ham wajib memenangi dua laga sisa sehingga menutup musim dengan poin maksimal 65. Klub berjulukan The Hammers harus berharap Chelsea, Liverpool, dan Tottenham Hotspur menelan hasil negatif pada dua laga sisa.

Situasi yang tentu saja hampir tidak mungkin. Namun, tak ada yang mustahil dalam sepak bola selagi dinaungi keberuntungan Dewi Fortuna.

3 dari 7 halaman

Tottenham Hotspur

Peluang Tottenham Hotspur untuk meraih tiket Liga Champions terbilang kecil. Tottenham saat ini berada di posisi keenam dengan raihan 59 poin.

Klub asal London Utara harus menyapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan. Maka Tottenham bakal finis dengan poin maksimal 65.

Namun, jumlah itu belum cukup untuk meloloskan Tottenham ke Liga Champions 2021/2022. Klub berjulukan The Lilywhites harus berharap Chelsea dan Liverpool meraih hasil minor pada dua laga sisa demi merebut satu tiket yang masih ada.

4 dari 7 halaman

Liverpool

Liverpool saat ini berada di peringkat kelima klasemen sementara Liga Inggris 2020/2021 dengan raihan 63 poin. Secara matematis, Liverpool masih punya peluang meraih tiket Liga Champions.

Syaratnya adalah meraih dua kemenangan pada laga sisa. Namun, Liverpool harus berharap Chelsea atau Leicester City menelan hasil negatif dalam dua laga terakhir musim 2020/2021.

Jika menyapu bersih dua laga sisa, Liverpool akan finis dengan poin maksimal 69. Nasib Liverpool masih akan ditentukan penampilan dari dua klub tersebut.

5 dari 7 halaman

Chelsea

Dengan dua laga sisa, Chelsea dalam posisi yang masih aman untuk meraih tiket Liga Champions. Saat ini, Chelsea berada di urutan keempat dengan raihan 64 poin.

Chelsea wajib meraih kemenangan pada dua laga sisa melawan Leicester City (19/5/2021) dan Aston Villa (23/5/2021). Andai terpeleset, peta peruntungan Chelsea bakal berubah.

Apalagi Chelsea hanya berjarak satu poin dari Liverpool yang membayangi di posisi kelima. Jadi, klub asuhan Thomas Tuchel tak ada kata lain wajib menyapu bersih dua laga sisa.

6 dari 7 halaman

Leicester City

Secara matematis, Leicester City punya peluang besar meraih satu dari dua tiket Liga Champions yang tersisa. Klub berjulukan The Foxes itu saat ini berada di urutan ketiga klasemen sementara Premier League 2020/2021.

Leicester City wajib meraih kemenangan dua laga sisa. Dengan demikian, Leicester City bakal meraih poin maksimal 72, jumlah yang aman untuk mengunci posisi ketiga pada klasemen akhir.

Namun, perjuangan Leicester CIty dalam meraih kemenangan pada dua laga sisa tak akan mudah. Klub asuhan Brendan Rodgers bakal menghadapi Chelsea (19/5/2021) dan Tottenham Hotspur (23/5/2021) yang juga masih punya peluang meraih tiket Liga Champions.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer