Sukses


Romelu Lukaku dan 4 Pemain yang Cetak Rekor Transfer Saat Kembali ke Klub Lama

Bola.com, Jakarta - Bagi pesepak bola profesional, memperkuat mantan klub bukanlah pilihan yang buruk dalam kariernya. Sudah banyak pemain terkenal yang melakukannya, termasuk Romelu Lukaku.

Memang yang terbaru adalah Romelu Lukaku. Striker asal Belgia itu memutuskan kembali ke Chelsea pada bursa transfer musim panas ini setelah musim lalu cemerlang bersama Inter Milan.

Satu hal yang menarik, Chelsea harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk memulangkan Romelu Lukaku. Chelsea memboyong Romelu Lukaku dari Inter Milan dengan biaya 97,5 juta pound.

Nilai tersebut sekaligus memecahkan rekor transfer Chelsea. Sebelum ini, pemain termahal yang ditebus The Blues adalah Kepa Arrizabalaga pada 2018 dan Kai Havertz pada 2020.

Pertama kalinya Lukaku bergabung bersama Chelsea dari klub Belgia, Anderlecht, pada 2011, ia mendapatkan kontrak berdurasi lima tahun ketika usianya masih 17 tahun. Namun, Lukaku tidak mendapatkan banyak kesempatan bermain di Stamford Bridge hingga akhirnya dilepas ke Everton pada 2014.

Kini Lukaku kembali ke Chelsea. Kepindahannya itu memakan biaya 97,5 juta pound yang membuatnya memecahkan rekor transfer Chelsea.

Namun, Romelu Lukaku bukan satu-satunya pemain yang kembali ke mantan klub dengan memecahkan rekor transfer. Siapa pemain lainnya?

Video

2 dari 5 halaman

Don Hutchison

Don Hutchison pertama kali tiba di West Ham United pada 1994. Namun, sang gelandang tidak mampu menjadi pemain reguler karena sikap yang buruk.

Setelah dua musim di Goodison Park, Hutchinson dilepas ke Sheffield United. Pesepak bola asal Skotlandia itu kemudian menghidupkan kembali kariernya di Everton dan Sunderland.

West Ham kemudian memecahkan rekor transfer klub sebesar 5 juta pound untuk mengontrak Hutchison lagi. Hanya enam bulan setelah pindah pada 2001, Hutchison mengalami cedera ACL dan performanya mengalami penurunan yang signifikan.

 

3 dari 5 halaman

Nicolas Anelka

Arsene Wenger memboyong Nicolas Anelka dari PSG ke Arsenal pada 1997. Ia tampil cukup mengesankan bersama The Gunners sehingga menarik perhatian Real Madrid.

Setelah pindah ke Spanyol, karier Nicolas Anelka tidak begitu sukses. Striker asal Prancis itu kemudian kembali ke PSG pada 2000 dengan memecahkan rekor transfer sebesar 22 juta pound.

Namun, Anelka tidak bertahan lama di PSG. Ia sempat dipinjamkan ke Liverpool sebelum meninggalkan Paris pada 2002.

 

4 dari 5 halaman

Graeme Le Saux

Graeme Le Saux memulai kariernya bersama Chelsea. Pemain kelahiran Jersey ini kemudian hijrah ke Blackburn Rovers pada 1993 dan merebut juara Premier League pada 1995.

Dua tahun kemudian Le Saux kembali ke Chelsea. The Blues menebusnya sebesar 5 juta euro dan menjadikannya bek termahal di sepak bola Inggris saat itu.

Le Saux memberikan kontribusi besar setelah kembali ke Stamford Bridge. Dia berhasil membawa The Blues memenangi lima trofi termasuk Piala Liga 1998.

 

5 dari 5 halaman

Paul Pogba

Paul Pogba membuat heboh pada 2016. Dia kembali ke Manchester United dengan biaya transfer yang mencapai 89 juta pound.

Angka itu menjadikan Pogba sebagai pemain termahal dunia yang baru. Pogba kembali ke Old Trafford setelah empat tahun bermain di Juventus.

Pogba kini menjadi andalan di lini tengah Setan Merah. Dia sudah tampil sebanyak 207 laga dan berhasil mengukir 38 gol dan 46 assist.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 16/8/2021)

Video Populer

Foto Populer