Sukses


Liga Inggris: Hector Bellerin Dipinjamkan ke Real Betis, Arsenal Resmi Boyong Bek Asal Jepang

Bola.com, London - Arsenal bergerak cepat dalam hari terakhir bursa transfer musim panas ini. Melepas bek sayap Hector Bellerin dengan status pinjaman ke Real Betis, The Gunners langsung merekrut bek asal Jepang, Takehiro Tomiyasu, dari Bologna, dengan nilai transfer sekitar 16 juta pound.

Hector Bellerin, yang sudah direkrut Arsenal sejak 2011, akhirnya kembali harus menjalani masa peminjaman. Pemain asal Spanyol ini pernah dipinjam Watford pada musim 2013/2014. Kini Arsenal memutuskan kembali meminjamkan pemain berusia 26 tahun itu ke klub Spanyol, Real Betis.

Sebagai gantinya, Arsenal pun merekrut bek Bologna asal Jepang, Takehiro Tomiyasu. Pemain berusia 22 tahun ini memiliki kemampuan tak hanya menjadi bek kanan, tapi juga bisa diplot sebagai seorang bek tengah.

"Kami senang bisa merekrut Takehiro. Kami telah memantaunya dan kami puas bisa mencapai kesepakatan dengan Bologna. Ia adalah rekrutan penting bagi skuad kami," ujar Direktur Teknik Arsenal, Edu, seperti dalam situs resmi klub.

Hal senada juga diungkapkan oleh manajer Arsenal, Mikel Arteta. Manajer asal Spanyol itu menegaskan bahwa kemampuan Takehiro yang bisa bermain di beberapa posisi akan menjadi sesuatu yang penting bagi The Gunners.

"Takehiro adalah bek kuat dengan pengalaman di Serie A dan level internasional. Ia adalah bek serbabisa dengan kualitas pertahanan yang luar biasa, punya kemampuan teknik yang tinggi. Ia akan menjadi bagian penting skuad kami. Kami menantikan Takehiro bergabung bersama kami setelah kembali dari tugas bersama Timnas Jepang," ujar manajer Arsenal itu.

Takehiro Tomiyasu menjadi pemain keenam yang direkrut Arsenal untuk keperluan tim utama. Sebelumnya, The Gunners sudah merekrut Nuno Tavares, Albert Sambi Lokonga, Ben White, Martin Odegaard, dan Aaron Ramsdale.

2 dari 4 halaman

Berpengalaman di Belgia dan Italia

Takehiro Tomiyasu merupakan pemain berusia 22 tahun yang memulai kariernya bersama Avispa Fukuoka di Jepang. Ia berkembang baik di level junior hingga kemudian menorehkan 45 penampilan bersama tim utama Avispa Fukuoka pada 2015 hingga 2017.

Memutuskan untuk mengadu nasib di Eropa pada Januari 2018, Takehiro Tomiyasu bergabung bersama klub Belgia, Sint-Truiden. Ia menghabiskan waktu selama 18 bulan di sana dan menjadi pemain terbaik klub tersebut pada musim 2018/2019.

Performa luar biasa di Belgium mengantarkan Takehiro Takeyasu ke Italia dan bergabung bersama Bologna pada musim panas 2019. Selama di Italia, Takehiro menjadi bagian penting dan mendapatkan menit bermain yang banyak di lini pertahanan Bologna, tampil dalam 63 pertandingan dalam dua musim.

Bersama Arsenal, Takehiro Tomiyasu akan mengenakan jersey bernomor punggung 18. Awalnya nomor ini digunakan oleh pemain yang juga baru direkrut Arsenal pada Juli lalu, Albert Sambi Lokonga. Namun, gelandang asal Belgia itu kini menggunakan nomor punggung 23.

3 dari 4 halaman

Menggantikan Peran Hector Bellerin

Kedatangan Takehiro Tomiyasu telah diantisipasi oleh Arsenal dengan melepas Hector Bellerin sebagai pinjaman ke Real Betis. Padahal dalam perjalanan kariernya sejak 2011, Bellerin telah menjadi bagian penting dari skuad The Gunners.

Bellerin tercatat sudah 239 kali tampil bersama tim utama Arsenal, tiga kali menjuarai Piala FA, dan dua kali mengangkat trofi Community Shield. Bersama Arsenal, Bellerin juga berkembang menjadi seorang full-back yang dinamis dan kerap membantu serangan.

Tercatat Arsenal memutuskan untuk melepas 16 pemain untuk dipinjamkan pada musim panas ini, 7 di antaranya adalah pemain yang bermain untuk tim utama dan termasuk Hector Bellerin.

Namun, itu belum termasuk pemain yang dilepaskan secara permanen. Ada tiga pemain lain yang dilepas secara permanen oleh The Gunners pada musim panas ini, yaitu Joe Willock, Willian, dan David Luiz.

Sumber: Arsenal

4 dari 4 halaman

Posisi Arsenal Saat Ini

Video Populer

Foto Populer