Sukses


Liga Inggris: Tertahan di Manchester United, Masih Ada Solusi untuk Donny van de Beek

Bola.com, Jakarta - Gelandang Manchester United, Donny van de Beek, gagal meninggalkan Old Trafford pada bursa transfer musim panas ini. Kabarnya, pemain asal Belanda ini ditahan untuk tidak pergi. Lalu apa solusi baginya setelah musim lalu kesulitan mendapatkan menit bermain?

Manchester United merekrut Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam pada 2020. Penampilannya bersama klub Belanda itu memang fantastis dan Van de Beek menjadi pemain muda yang bersinar.

Alih-alih tampil seperti ketika bermain di Ajax, Donny van de Beek justu kesulitan di Old Trafford. Ia jarang mendapatkan kesempatan bermain dari Ole Gunnar Solskjaer. Sekalinya mendapatkan kesempatan, ia seperti pemain yang kebingungan di lapangan hijau.

Kegagalannya bersama Manchester United pada musim lalu membuatnya gagal membela Timnas Belanda di Euro 2020. Donny van de Beek tersingkir dari skuad karena kurang mendapatkan menit bermain di level klub.

Isu kepergian Donny van de Beek dari Old Trafford begitu menggema pada musim panas lalu. Bahkan sang pemain dikabarkan memang bertekad untuk pergi setelah merasa gagal pada musim pertamanya di Manchester United.

2 dari 5 halaman

Ditahan Solskjaer

Agen dari Donny van de Beek, Guido Albers, mengklaim kliennya sudah siap untuk pindah pada musim panas lalu. Donny van de Beek nyaris hengkang ke Everton, tapi batal karena intervensi yang dilakukan Solskjaer.

Alasannya untuk pergi sangat kuat. Donny van de Beek merasa persaingan di Manchester United terlalu ketat untuknya mendapatkan kesempatan bermain.

"Kami sudah bicara dengan Solskjaer dan para petinggi. Kami berinisiatif mencari klub baru dan pencarian kami berujung ke Eveton. Kami bahkan sudah bicara dengan Marcel Brands dan Farhad Moshiri," ujar Albers kepada Ziggo Sport via Goal.

"Pada Senin malam, kami menerima telepon dari Solskjaer dan klub yang berkata bahwa transfer itu tidak mungkin terjadi," lanjut sang agen.

 

 

3 dari 5 halaman

Saatnya Pembuktian

Dari keterangan sang agen, Solskjaer adalah yang mengintervensi agar Donny van de Beek tetap di Old Trafford. Dengan demikian, Van de Beek mendapatkan banyak kesempatan bermain.

Keputusan ini berisiko bagi Manchester United, tapi bisa menjadi kesempatan Donny van de Beek untuk membuktikan diri. Dia harus melakukan apa yang sudah pernah dia lakukan di Ajax, yaitu beradaptasi dengan peran yang dibutuhkan di lapangan.

Mengutip Manchester Evening News, Donny van de Beek bisa mengisi beberapa posisi gelandang di lapangan. Dia bisa menjadi gelandang serang, bisa juga menjadi gelandang bertahan.

 

4 dari 5 halaman

Solusinya Jadi Gelandang Bertahan

Ketika bermain di Ajax, Donny van de Beek beberapa kali bermain sebagai gelandang bertahan, bisa berduet dengan Frenkie de Jong.

Torehannya pada musim 2018/2019 cukup solid, rata-rata 3,02 intersep, 62,7 persen menang duel, dan 83,2 persen umpan sukses.

Dari statistik itu, artinya Donny van de Beek bukan pilihan yang buruk untuk bermain di pos gelandang bertahan. Bahkan mungkin dia bisa bermain lebih baik dari Fred.

Sumber: Manchester Evening News

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 8/9/2021)

5 dari 5 halaman

Posisi Manchester United Saat Ini

Video Populer

Foto Populer