Sukses


Liga Inggris: Cerita Kena Mental Eks Pemain Muda Manchester United, Momen Sedih Saat Karier Sepak Bola Penuh Tanda Tanya

Bola.com, Jakarta - Sadarkah Anda, para pemain yang bisa menjalani karier profesional sebagai pesepakbola hanya segelintir saja. Banyak dari mereka, yang bahkan berstatus jebolan akademi tim papan atas, sempat nyaris mengakhiri karier sepak bola sangat dini.

Salah satu contohnya Demetri Mitchell. Dia pernah berstatus pemain terbaik Manchester United U-23 pada tahun 2018. Kala itu ia sempat disebut kandidat pemain utama saat Setan Merah masih ditangani Jose Mourinho.

Namun tahun 2020, ia harus menerima kenyataan dilepas Manchester United meski sudah gabung akademi mereka sejak usia sepuluh tahun.

Demetri Mitchell menceritakan momen sedih ini. Dia secara jujur mengatakan kesehatan mentalnya sempat terganggu karena kegagalan masuk skuad utama Manchester United.

Alasan utamanya karena ia sempat tidak tahu apakah kariernya sebagai pesepakbola bisa lanjut atau tidak.

"Titik terendah adalah tidak mengetahui apakah saya bisa bermain sepak bola lagi. Saya mungkin berpikir berlebihan dan dramatis, tapi kala itu di pikiran saya menyebut: 'Apakah saya bisa bermain, apakah saya baik-baik saja'," ujarnya.

"Periode itu sangat menantang buat saya pribadi dari sudut mental. Saya berusaha tidak memperlihatkannya. Tapi orang-orang terdekat menyadarinya dan mereka memberikan dukungan," lanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masih Beruntung

Mitchell, 24 tahun terbilang masih beruntung. Karena setelah dilepas Manchester United, ia masih mendapat pekerjaan di tim League One atau kasta ketiga Liga Inggris bersama Blackpool.

Namun Mitchell mengakui sangat banyak pemain jebolan akademi yang ia kenal saat ini bahkan belum mendapat tim dan diambang keluar dari sepak bola.

"Saya masih berhubungan dekat dengan mantan rekan setim dan mereka bilang betapa sulitnya momen ini. Ini benar-benar tantangan berat, sama sekali tidak mudah," kata Mitchell.

Banyak sekali contoh kisah pemain yang dilepas tim usia muda kemudian punya masa depan tidak jelas. Seperti Jeremy Wisten.

Pada Oktober 2020, jebolan akademi Manchester City, Jeremy Wisten bahkan meninggal akibat bunuh diri. Menurut sang ayah, anaknya frustrasi lantaran cedera lutut dan dilepas oleh Manchester City.

Sumber: ESPN

3 dari 4 halaman

Jadwal Liga Inggris

Sabtu, 11 September 2021

  • 18:30 WIB Crystal Palace Vs Tottenham Hotspur
  • 21:00 WIB Arsenal Vs Norwich City
  • 21:00 WIB Brentford Vs Brighton & Hove Albion
  • 21:00 WIB Leicester City Vs Manchester City
  • 21:00 WIB Manchester United Vs Newcastle United
  • 21:00 WIB Southampton Vs West Ham United
  • 21:00 WIB Watford Vs Wolverhampton Wanderers
  • 23:30 WIB Chelsea Vs Aston Villa

Minggu, 12 September 2021 

  • 22:30 WIB Leeds United Vs Liverpool

Selasa, 13 September 2021 

  • 02:00 WIB Everton Vs Burnley
4 dari 4 halaman

Yukl Lihat Tabel Persaingan

Video Populer

Foto Populer