Sukses


Jago Psy War, Provokasi Emiliano Martinez Kepada Cristiano Ronaldo yang Membuat Penalti Bruno Fernandez Gagal Bukan yang Pertama

Bola.com, Jakarta - Kegagalan penalti Bruno Fernandes pada pengujung laga antara Manchester United kontra Aston Villa di Old Trafford, Sabtu (25/9/2021), membuat The Red Devils gagal menang di depan pendukungnya. Ternyata kegagalan Bruno Fernandes itu tak lepas dari aksi kiper Aston Villa, Emiliano Martinez, yang melakukan provokasi terhadap Cristiano Ronaldo dan berimbas terhadap mental Bruno Fernandes.

Manchester United kalah 0-1 dari Aston Villa pada laga pekan keenam Liga Inggris. The Red Devils yang kebobolan pada menit ke-88 sebenarnya punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada masa injury time setelah wasit memberikan penalti.

Sayangnya, saat itu Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya dengan baik, di mana bola melayang di atas mistar gawang.

Namun, kegagalan Bruno Fernandes, yang biasanya mampu melakukan tugasnya sebagai eksekutor dengan baik, bukan tanpa sebab. Jika diperhatikan lagi momentum sebelum pemain asal Portugal itu mengambil eksekusi penalti, tampak para pemain Aston Villa berkerumun di sekitar titik penalti dan melakukan protes kepada wasit.

Lebih dari itu, sebuah psy war dilakukan oleh kiper Aston Villa, Emiliano Martinez. Menariknya, perang psikologis itu tidak dilancarkan langsung kepada Bruno yang tengah berkonsentrasi untuk menjadi eksekutor.

Kiper asal Argentina itu melancarkan aksinya di depan Bruno Fernandes dengan menantang Cristiano Ronaldo untuk mengambil bola dan melakukan eksekusi penalti.

Siapa yang menyangka aksi Emiliano Martinez itu cukup memengaruhi mentalitas Bruno Fernandes yang akhirnya terlalu keras menyepak bola hingga terbang ke atas mistar gawang Aston Villa.

2 dari 3 halaman

Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes Bukan yang Pertama

Aksi provokasi Emiliano Martinez di Old Trafford bukan yang pertama dilakukannya pada tahun ini. Sebelumnya, kiper asal Argentina itu juga berhasil memperdaya eksekutor lawan ketika tampil di Copa America 2021.

Tepatnya dalam laga semifinal antara Argentina kontra Kolombia yang berakhir imbang 1-1, penentuan tim yang lolos ke final harus dilakukan melalui drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti itu, tiga eksekutor Kolombia gagal melakukan tugasnya, dan ketiganya karena tebakan arah yang tepat dari Emiliano Martinez sehingga kiper Timnas Argentina itu bisa menghalau bola.

Satu hal yang menarik, dalam stadion yang tidak ada penonton itu, suara Emiliano Martinez cukup mudah terdengar. Setiap kali eksekutor penalti Kolombia melakukan tugasnya, Martinez mencoba untuk mengganggu dengan provokasinya.

Satu yang paling mudah diingat ketika Yerry Mina maju sebagai eksekutor ketiga Kolombia. Martinez beberapa kali melakukan provokasi yang sempat membuat Mina terpancing.

"Kamu gugup, ya? Saya tahu kamu gugup," ujar Martinez ketika Yerry Mina baru memasuki kotak penalti untuk mengambil posisi.

"Saya tahu ke mana kamu akan menembak. Perhatikan dan lihat bagaimana saya akan menangkapmu," ujar Martinez sesaat sebelum berhasil menghalau sepakan Yerry Mina.

Bahkan aksi Emiliano Martinez itu sempat dibalas oleh eksekutor keempat Kolombia yang berhasil melakukan tugasnya, Miguel Borja. Sesaat setelah memasukkan bola ke dalam gawang Argentina, Borja melakukan selebrasi di depan Martinez yang berusaha untuk tidak menggubrisnya.

3 dari 3 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer